Home » Tips Bisnis Online » Dalam Hal Apa Pun, Sederhana Itu Selalu Baik

Dalam Hal Apa Pun, Sederhana Itu Selalu Baik

Beberapa hari yang lalu, dunia menyaksikan sebuah pertarungan tinju yang disebut-sebut sebagai “Pertandingan Abad Ini” yaitu antara Mas Mayweather melawan Kang Pacquiao. Pertandingan yang kabarnya menghabiskan (sekaligus mendatangkan) buaanyak sekali duit.

Saya tidak akan membahas tentang bagaimana perasaan saya yang hancur lebur setelah kekalahan kontroversial jagoan saya Kang Pacquiao, karena perasaan saya tidaklah penting. Saya juga tidak akan membahas tentang pikiran kotor saya yang menuduh ada ‘permainan uang’ antara kubu Mayweather dengan para juri. Saya juga tidak akan membahas harapan saya tentang akan adanya partai rematch suatu hari nanti.

Tapi kok rasanya sudah saya bahas semua ya barusan?

Jadi gini, yang saya mau bahas berdasarkan pertandingan itu sebenarnya adalah tentang si Mas Mayweather. Banyak sekali pecinta tinju (bahkan pecinta drama Korea sekali pun) yang tidak suka dengan kepribadiannya. Ya, karena Mas May sering mengeluarkan komentar-komentar yang merendahkan petinju lain dan juga suka sekali memamerkan kekayaannya di media massa.

Terbukti ketika juri mengumumkan bahwa Mas May yang menang, sebagian besar penonton langsung mencemooh dengan mengeluarkan bebunyian yang kira-kira kalau ditulis seperti ini jadinya: “Huuuuuu….”

Berbanding terbalik dengan Kang Pac yang orangnya sederhana dan doyan sedekah (Kang Pac ngirim sumbangan ke orang yang membutuhkan sebanyak 50% dari uang yang didapatnya di pertandingan itu). Semua orang menghormati Kang Pac. Penonton bahkan tetap menyorakinya walaupun Kang Pac dinyatakan kalah.

Ternyata kesederhanaan selalu bisa memenangkan hati orang banyak.

Tapi bukan cuma bisa memenangkan hati orang, kesederhanaan juga bisa membawa Anda memenangkan persaingan antar toko online (Woalah! Nyambungnya maksa, woy!!!).

Konteks kesederhanaan yang satu ini sedikit berbeda. Bukan tentang harta, melainkan tentang pola pikir.

Ya, pola pikir sederhana. Pola pikir yang tidak njelimet bin ribet yang akhirnya bikin mumet. Mungkin itulah kenapa banyak sekali pengusaha sukses di dunia yang berasal dari kalangan orang-orang yang malas kuliah atau yang putus kuliah. (Maaf, kalimat terakhir ini cuma untuk menyemangati diri saya sendiri. Abaikan saja apabila pendidikan Anda tinggi. Tetap semangat bisnisnya ya!!!)

miradi_skin_care

Yang saya maksud dengan pola pikir sederhana itu pada praktiknya adalah kemampuan untuk MENYEDERHANAKAN MASALAH. Di sinilah kelebihan dari orang-orang yang malas atau putus kuliah: mereka lebih senang menyederhanakan masalah. Berbeda dengan orang yang suka mempersulit masalah yang sebenarnya memang bisa disederhanakan.

Anda ingat pelajaran matematika di sekolah dulu? Soal yang diberikan begitu dahsyatnya. Anda tidak akan bisa langsung menemukan jawabannya tanpa harus MENYEDERHANAKAN-nya melalui beberapa tahapan.

Nah misalnya, ketika punya ide untuk membuat toko online, kebanyakan orang akan memikirkan ini: SAYA TIDAK TAHU MEMBUAT WEBSITE TOKO ONLINE atau SAYA TIDAK TAHU BAGAIMANA MENDATANGKAN PENGUNJUNG???

Baik, mari kita menggunakan proses “matematika” untuk menyederhakan persoalan di atas. Ini sekedar contoh saja ya.

TIDAK TAHU BIKIN WEBSITE = …..

BIKIN WEBSITE = BIKIN SENDIRI atau DIBUATKAN ORANG

Bila BIKIN SENDIRI = 0, maka hasil akhir adalah TIDAK TAHU BIKIN WEBSITE = DIBUATKAN ORANG

Mudah kan? Kita lanjut soal kedua.

TIDAK TAHU DATANGKAN PENGUNJUNG = …..

PENGUNJUNG = SEO + SOSIAL MEDIA OPTIMIZATION

Bila SEO = 0 dan SOSIAL MEDIA OPTIMIZATION = 0, maka PENGUNJUNG = 0

Hmmm.. Jadi gimana ya.. Ya sudah kita nyontek saja jawaban nomer 1 deh: TIDAK TAHU DATANGKAN PENGUNJUNG = DIKERJAKAN ORANG

Gimana beres kan?

Jadi bila Anda tidak tahu semua hal-hal teknis yang dibutuhkan toko online, maka segeralah cari pihak lain yang bisa melakukannya untuk Anda. Pertanyaannya kemudian adalah di mana mencari pembuat website dan penyedia jasa SEO / Sosmed Optimization?

Baik, saya akan mencoba menjelaskan kedua pertanyaan pelik tersebut dengan membahasnya satu persatu. Duduklah yang rileks. Ini mungkin akan lama.

CARA MENCARI JASA PEMBUAT WEBSITE

Googling!

CARA MENCARI JASA SEO / SOSMED OPTIMIZATION

Googling!

 

Nah, sudah jelas kan?

Sederhana kan?

Serumit apapun persoalan yang Anda hadapi dalam bisnis Anda, selalu akan menjadi mudah bila masalahnya disederhanakan. Jangankan pada saat baru akan memulai, saat toko online Anda sudah mulai beroperasi sampai ke saat toko online Anda mulai ramai, Anda harus selalu membiasakan diri untuk menyelesaikan masalah dengan cara menyederhanakannya terlebih dahulu.

Berpikirlah dengan sederhana, karena dalam konteks apapun, sederhana itu selalu baik.

Terima kasih untuk inspirasinya, Kang Pac! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*