Tiga Puluh Detik Pertama!

Ada sebuah saran menarik yang saya dapatkan di sebuah forum musik (link nya ada di blog saya). Di sana dikatakan bahwa ada kiat tersendiri dalam membuat lagu yang akan dikirim ke radio.


Seperti kita tahu, struktur lagu yang biasanya dipakai orang adalah : intro-verse-prechorus-chorus. Saya juga menganut pola itu. Tapi, jika kamu berencana untuk mengirim lagu kamu untuk diputar di radio, ada sedikit perbedaan.


Struktur seperti ini yang disarankan :


intro-chorus-verse-prechorus-chorus.


Nah, kita bisa lihat perbedaannya. Lalu kenapa memainkan chorus setelah intro? Ini bukan keharusan yah, mengingat dalam musik tidak ada peraturan! Cuma saja, menurut survey, ketika seseorang mendengar lagu di radio, yang menentukan orang itu akan suka lagu itu atau tidak, ada di 30 detik pertama! Artinya apa?


Lagu kamu harus mampu menarik perhatian pendengar dalam 30 detik pertama dengan cara memainkan chorus di awal. Karena chorus kamu mengandung elemen paling penting dalam struktur yang biasanya mengandung nada-nada yang mudah diingat. Jangan lupa untuk menambahkan hook di intro.


Dengan cara ini diharapkan lagu kamu bisa memaksimalkan kesempatan yang diberikan oleh stasiun radio.


Informasi yang bagus. That’s why saya sering main ke forum itu. Banyak orang jago di sana yang bagi-bagi ilmu. Selamat berkarya.

Share:

2 komentar

  1. ya,, ya,, ya. 30 dtik pertama...

    ReplyDelete
  2. memang sich saat detik2 pertama hingga 30 detik kita bener2 erasakan apakah lagu itu enak atau tidak...

    ReplyDelete