Bikin lagu Dengan Bersenandung

Saya pernah mencoba menulis lagu dengan pertama-tama membuat lirik terlebih dahulu. Tapi akhirnya saya merasa tidak puas dengan nada yang saya ciptakan karena harus berkompromi dengan jumlah suku kata dalam lirik. Saya juga pernah mencoba memulai lagu saya dengan mengeksplorasi kord pada gitar tapi apa daya saya cuma tahu kord-kord dasar saja. Akhirnya saya menemukan metode yang paling cocok untuk saya yaitu dengan bersenandung (humming).

Setelah saya main-main ke situs tentang menulis lagu, ternyata memang sebagian besar pencipta lagu yang tidak punya basic teori musik menciptakan lagunya dengan bersenandung. Mereka menciptakan nada terlebih dahulu.


Spesifiknya, pertama-tama mereka mencari nada untuk hook. Hook adalah rentetan nada atau lirik yang akan dengan mudah diingat orang. Setelah itu mereka mencari nada chorus yang mereka suka. Itu saja awalnya. Dari nada hook atau chorus itulah mereka kemudian mengembangkannya menjadi verse, prechorus maupun bridge. Lirik terakhir.


Btw, metode apa yang cocok buat kamu?

Share:

1 komentar

  1. buat pola perpindahan chord atau 'riff' , kemudian mainkan secara utuh keseluruhannya. baru setelah itu masukan melodi nya. selanjutnya terserah itu mau dijadikan instrumen atau lagu dengan lyric untuk vokal.

    jika dasar lagu sudah jadi,,barulah aransemen musiknya atau urutan-urutannya.

    ReplyDelete