Studio Musik di Kamar Tidur

Kalau kamu seorang yang hobi dengar musik dan ingin menulis lagu sendiri, untuk didengar sendiri, untuk kepuasan batin dan bukan untuk tujuan komersil, kamu beruntung sekali. Karena sekarang sudah terlalu banyak CD/DVD program perekaman (bajakan) yang dijual di pasaran. Sampai-sampai kamu mungkin akan bingung memilih satu di antaranya. Sebut saja ada Cool Edit, Fruity Loops, Sony Acid Pro, Sonar, Adobe Audition, dll. Tapi sebenarnya untuk memulai mempelajari software recording kamu bisa pilih software mana pun yang kamu suka. Nanti juga setelah kamu "jago" menggunakan software itu, kamu akan invasi ke software-software lainnya untuk mengeksplorasi masing-masing kelebihan software-software itu.


Dengan software seharga (maaf, ini hanya di Indonesia) 30 - 50 ribu, ditambah dengan sebuah komputer dengan sound card kelas menengah, dan microphone minimal Shure SM 58, kamu sudah bisa menghadirkan sebuah studio musik di rumah kamar tidur kamu. Luar biasa teknologi yah? Hehe...


Kalau misalnya dana yang kamu miliki tidak memadai untuk membeli Shure SM 58, kamu bisa menggunakan mic karaokean yang murah meriah, nanti kan suaranya bisa diedit di komputer.


Jangan pernah menganggap home recording itu mahal. Mulailah dengan peralatan yang minimal. Yang paling penting adalah, berkarya. Meninggalkan jejak untuk manusia-manusia masa depan, bahwa kita pernah ada.


Setuju? Setujulah... :-)

Share:

1 komentar