Menulis Lagu, "Harus Mulai Dari Mana?"

Kadang seseorang yang mau memulai menulis lagu merasa bingung, "saya harus mulai dari mana?". Pertanyaan ini selalu muncul bukan hanya dalam menulis lagu, tapi juga dalam mendekati seorang cewek cantik. Betul?


Nah, ada kiat dalam mengatasi masalah ini. Ketika ingin memulai, tentukan dulu kamu mau bikin lirik dulu atau nadanya. Apapun pilihan kamu, sebaiknya buatlah dulu satu verse dan satu chorus.


Sekedar mengingatkan, verse itu adalah bagian awal lagu yang dinyanyikan sebelum masuk reff. Nah, chorus itu sendiri adalah nama lain dari reff.


Jadi misalnya kamu memulai dengan menulis lirik, tuliskan saja sebait kalimat untuk verse dan sebait untuk chorus.


Demikian juga bila dimulai dengan nada, ciptakan nada untuk verse dan chorus saja. Chord untuk verse sebaiknya tidak terlalu sama dengan chord untuk chorus.


Nah, kalau sudah jadi, artinya kamu sudah setengah siap untuk menciptakan sebuah lagu. Langkah selanjutnya adalah menambahkan lirik/nada verse ke-2, ke-3, ke-4, atau berapa pun kamu mau (berhubung dalam penulisan lagu tidak ada hukum yang mengatur kamu, bebas coy!).


Maka jadilah lagu kamu.


Itu adalah teknik paling dasar dalam menulis lagu. Tentu saja kamu harus mengetahui struktur lagu yang baik. Nah, kalo ada waktu, saya akan coba berbagi secuil pengetahuan saya tentang struktur lagu. Ini sudah larut malam. Saya tidur dulu yah. Thanks for reading.

Share:

12 komentar

  1. Kereun euy suaranya...nggak berubah dari duluw..malah jadi tambah merdu..
    dah jago...main gitanya si epping euy...

    ReplyDelete
  2. aku ingin menulis lagu tapi aku ga ngerti masalah nada balok atau nada angka
    atau nada gitar
    gimana ya
    liriknya sih aku sudah bikin
    ada5 kali
    sayang nada lagu ya belom ada
    kasihan baget lirik lagu aku
    ga digunakan

    ReplyDelete
  3. bantuin aku ya
    siapa yang mau kasih nada aku
    kirim ke email saya ya

    ReplyDelete
  4. aku punya beberapa lagu, aku pingin jual lagu gimanan caranya ya

    ReplyDelete
  5. AKU PUNYA BEBERAPA LAGU. MAU TANYA CARA JUAL LAGU GIMANA

    ReplyDelete
  6. oyy awann,, kalo lagu lu bagus biar gua aja yg belii...
    tapi ga usah marah" kalo lagu lo di puter di radioo or tv.. thangks

    ReplyDelete
  7. mw bkiin lagu tp lirik.x susah....

    ReplyDelete
  8. tengkyu bro, keep posting.
    moga artikel ini menambah semangat pencipta lagu

    ReplyDelete