Bakso Kumis - Bakso Paling Enak di Planet Bumi?

Bicara soal bakso, pasti kamu sudah punya warung jagoan masing-masing. Mulai dari kamu yang doyan sama bakso Lapangan Tembak Senayan sampai penggemar bakso gerobak yang tiap sore wara-wiri di sekitar kompleks. Nah kalo ditanya bakso mana yang memenangkan hati dan lidah saya, ini dia jawabannya : Warung Bakso Kumis!


Eits, jangan salah, baksonya sama sekali tidak berkumis. Penjualnya yang berkumis!


Warung bakso Kumis terletak di lantai 4 Plaza Simpang Lima Semarang. Dari jendelanya kita bisa melihat kawasan Simpang Lima yang merupakan pusat keramaian kota Semarang. Kita bisa menyaksikan pemandangan gedung-gedung hotel dan mall yang mengelilingi sebuah lapangan rumput yang luas. Di lapangan itulah sering digelar even-even besar seperti misalnya konser musik. Sayang beribu sayang, sampai saat ini saya baru sempat menonton konser ST12 dari balik jendela warung bakso Kumis. Padahal saya sangat berharap bisa menyaksikan aksi band-band berkualitas seperti Dewa atau Gigi yang juga sering tampil di lapangan itu.


Warung Bakso Kumis


bakso kumis


Warung bakso Kumis menghidangkan beberapa jenis bakso diantaranya bakso urat, bakso isi telur puyu, bakso isi tahu dan bakso urat tenis. Dari semua jenis bakso yang paling enak menurut saya adalah bakso urat. Rasanya begitu nikmat dan kenyal. Uratnya sangat terasa. Ada tulang rawannya juga yang dipotong kecil-kecil. Dahsyat! Rasa baksonya bisa membuat kamu merasa seolah-olah belum pernah makan bakso seumur hidup kamu.


Satu hal yang juga menarik adalah kuah baksonya. Sangat jarang saya mendapati diri saya menghabiskan kuah dalam semangkuk bakso. Hanya di warung bakso Kumis saya melakukannya. Rasanya memang beda. Gurih sekali. Sangat berbeda dengan sebagian besar warung bakso yang menomorduakan kelezatan kuah.


Tapi bukan gading namanya kalau tidak retak. Di sektor sambel, warung bakso Kumis tidak bisa dibilang oke. Sambelnya biasa-biasa saja dan kadang baunya sudah tidak segar. Suasana di warungnya juga tidak cozy (ya iyalah namanya juag warung bakso). Kita tidak bisa duduk terlalu lama karena banyak orang yang mengantri khususnya di jam-jam tertentu yang ramai pengunjung.


Kota Semarang adalah "tempat bermain" yang sangat menyenangkan bagi kamu yang hobi berwisata kuliner. Dan warung bakso Kumis adalah salah satu target yang sangat sayang kamu lewatkan bila berkunjung ke Semarang.


Salam bakso Kumis!


Share:

16 komentar

  1. Titip oleh-oleh bakso kumis deh..

    ReplyDelete
  2. cobain neh.. bakso buatan ane... klu ente2 ada pengen usaha... tapi ga punya skill.... jualan bakso adalah usha yg menjanjikan...tapi itu juga... tergantung enak ape enggaknya....khusus yng berdomisili di jabodetabek... hubungi ane ... insyaAllah ane bisa training ente2 dari nol sampe jadi abang2 bakso...Tapi jangan lupa... Harus punya modal kale.....

    ReplyDelete
  3. Wah, ini adalah salah satu tempat makan favorit saya klu ke Semarang selain sate kambing yang di depan Ramayana Simpang Lima. Saya sudah coba Bakso Lapangan Tembak yang di Mall Citra Land tapi tak seenak bakso Pak Kumis ini. Lidah Makassar saya susah diajak kompromi dengan makanan khas semarang. Jadi pilihan makanan saya sedikit klu kesana.
    Uhmmm....Jadi rindu dengan pak Kumis (eh, maksud saya Baksonya). Kapan lagi ya, saya jalan ke sana......

    ReplyDelete
  4. Sori cess, sy tdk komentar ttg Bakso pake kumis, tp sy cuma heran, sempat2nya ente menyebut st12 dgn nada miring? Dan bukan cuma sekali ini nah, pernah jg dulu di status fesbuk. Ada masalah pribadi ini ces, atau pernah taruhan dgn mrk di festival wkwkwkwk......

    ReplyDelete
  5. Itu bakso sapi bukan. Krena tulisannya cuma bakso daging doank.

    ReplyDelete
  6. Wah kalau ke semarang bisa mampir deh, mau cobain baso pak kumis . bkn penasaran enak seenak mana sih , sampai2 ST 12 aja bolak balik

    ReplyDelete
  7. Weh...bumbunya apa ya? perlu di cicipi...jadi laper nih..

    ReplyDelete
  8. ehm...
    bener bangEt tuch...
    dlu aku bareng temen2ku pernah makan sampe ga habis n alhasil temenku yang paling terakhir dateng yang ngabisin semuanya...
    he....
    emang enak banget!!!

    ReplyDelete
  9. Selain bakso Kumis, coba juga bakso Mawardi (ada di perempatan citarum-dr.cipto), coba juga bakso Geger. Ketiganya daftar bakso yang enak di Semarang.

    ReplyDelete
  10. Entah iya entah tidaaaak..

    ReplyDelete
  11. ntu nama 'baso kumis' sama ga dg yg ada d jakarta,,,,,soalnya d jkt jg ada yg nama'a baso kumis ltaknya d blok s????
    klo anda2 pengen nyobain baso yg bner2 enak bin gurih bin fresh dari dagin sampai sambel,,ane saranin dah nyobain yg namanya "BASO PAK JONI DI LAPANGAN BLOK S,JAKARTA SELATAN",,,dijamin ga pada nyesel n pasti ktagihan...

    ReplyDelete
  12. hohoo.....
    kyk apasih rsax????
    pnasaran...

    ReplyDelete
  13. kalo bakso yang paling enak ...
    bakso gerobak yang ada depan SD Sudirman Makassar ... :)

    ReplyDelete
  14. Wah itu mah Minggus sang legenda! Hehehe...

    ReplyDelete
  15. YA BAKSO BAKSO ITU MEMANG ENAK TAPI ADA BAKSO YANG MURAH MERIAH DI KAMPUNG SAYA TUA MUDA GAK HARUS KELUAR UANG BANYAK SERIBI JUGA DAPAT, TUA MUDA MANGAKUINYA NAMAYA BAKSO PAK KOMPER

    ReplyDelete
  16. @Agus: Wah, menarik sekali tuh, saya belum pernah dengar bakso Pak Komper. Ngomong2 kampungnya di mana nih mas?

    ReplyDelete