Berapa sih Penghasilan Seorang Blogger Profesional?

Mungkin kamu sudah mengunjungi beberapa blog pribadi dari rekan-rekan blogger profesional Indonesia. Beberapa dari mereka kadang menuliskan nominal pendapatan mereka di sana. Dari yang sejuta dua juta sampai yang puluhan bahkan ratusan juta perbulan. Sebagian bahkan mencantumkan bukti berupa payment printout entah itu dari akun Paypal, cek dari Google atau dari buku rekening bank. Informasi tentang pendapatan para blogger profesional bisa jadi membuat kamu tercengang mengingat pekerjaan blogging dilakukan bahkan TANPA KELUAR KAMAR!


Informasi itu mereka beberkan tentunya bukan tanpa maksud. Para blogger profesional itu ingin menunjukkan eksistensi blogger kepada masyarakat luas. Bahwa ada sebuah pekerjaan yang tidak membutuhkan modal besar, namun dengan ketekunan dan kesabaran akan mampu menghasilkan pendapatan yang tidak bisa dibilang rendah. Mengingat masyarakat kita masih awam tentang profesi blogger. Masyarakat kita masih menganggap pekerjaan ini tidak nyata dan hanya buang-buang waktu saja.


Buruknya, beberapa pihak malah berpikiran negatif terhadap informasi itu. Mereka menganggap para blogger itu sombong dan pongah dengan mengumbar kekayaan mereka. Inilah jeleknya mental sebagian masyarakat kita yang cenderung menilai segala sesuatu dari sisi negatif saja. Tak sedikit pun terbersit pikiran bahwa informasi itu sangat berharga untuk memotivasi mereka mengikuti jejak para blogger sukses itu.


Pada prinsipnya, seperti halnya pelaku bisnis pada umumnya, pendapatan seorang blogger tidak bisa dikategorikan sebagai penghasilan tetap. Tidak ada istilah "pendapatan per bulan" dalam dunia blogging. Blogger bukan karyawan, maka dari itu pendapatan sangat fluktuatif.


Bagi sebagian orang tentu berpikir, "Oh, fluktuatif ya? Artinya bisa turun lagi dong?". Tidak salah orang berpikir begitu. Tapi kenapa mereka tidak berpikir, "Oh fluktuatif ya? Artinya bisa naik terus dong?"


Tidak ada batas. Seorang blogger memiliki hak penuh terhadap langkahnya sendiri. Bahkan mau blogging di jalan halal atau haram, kamu harus memilih sendiri. Begitu pun dengan penghasilan. Semakin cerdas dan keras kamu bekerja, ditambah doa yang nda putus-putus, maka penghasilan kamu semakin lama akan semakin besar. Jadi kamu bisa mengontrol pendapatan kamu sendiri dan menentukan kapan mesti "naik gaji". Walaupun pada kenyataannya, ketika kamu telah berusaha keras, "gaji" kamu cenderung sulit turun.


Jadi, potensi pendapatan seorang blogger adalah tak terhingga. Semua tergantung dari kerja keras kamu. Tidak ada bedanya dengan bisnis lainnya,blogging juga butuh kerja keras. Dan blogging juga menjanjikan kesuksesan yang sama.


So, be positive and start blogging!

Share:

66 komentar

  1. Informasi ini sangat berharga. Blogger bisa jadi pengahsilan utamanya bagi mahasiswa kedokteran yang didera SPP yg sangat mahal sehingga membuat para dokter juga menjual jasanya dengan mahal. AKibat jasa dokter yang mahal dan rumah sakit yang mahal, maka efeknya adalah seperti Kasus Prita dan bisa menimpa pasien-pasien lainnya dirumah sakit mewah

    ReplyDelete
  2. ajarin dong carax buat blog?

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, sejak mengelola beberapa blog sy dapat uang paling tidak bisa bayar SPP di sastra unhas. Sy menjalani bisnis online ini benar-benar berdarah-darah pada awalnya hahaha

    ReplyDelete
  4. @Daeng Lalo : Setuju, Daeng. Seprti yang disabdakan sama Nabi : "Sembilan dari sepuluh pintu rejeki adalah dari perdagangan", makanya kalo mau kaya raya nda usah jadi dokter. Setuju?

    @Anhie : Hi anhie, untuk memulai ngeblog bahan pelajarannya banyak sekali di internet. Kalo mau dapat bimbingan langsung bisa mendaftar di Astamedia Blogging School di Makassar.

    @Arwindmn : Sori bro link-nya saya edit. Saya tidak pernah membuat blog atau pun bahkan memberi link ke blog/situs judi.
    Syukurlah kalo memang sudah bisa mandiri dengan cari rejeki di internet. Tapi sayang sekali kalo rejekinya dari hasil bikin blog judi. Walaupun duit banyak tapi kalo tidak berkah kan sama saja. Kalo bisa sih bikin blog biasa2 sajalah. (Sori jadi mendakwah.. hehehe). Tapi itu kan hak personal masing2. Peace!

    ReplyDelete
  5. bagaimana caranya biar smangat trus, k?

    ReplyDelete
  6. @Pipi' : Saran sy ngeblog-nya jangan sendirian, Pi. Ajak teman ato siapa gitu. Kalo sy tetap bisa semangat karena ngumpul terus sama teman2 blogger jadi kalo lagi 'lemes' bisa dapat 'charge' lagi. Di sana ada nda komunitas blognya? Gabung mi kalo ada.
    Btw, ada itu barusan sy kirim email. Tolong di cek.

    Thanks.

    ReplyDelete
  7. Wah betul banget..
    Maksudnya blogger kadang baik..tai ada beberapa berpikiran negatif..tapi yg bener kalimat terakhinya "So, be positive and start blogging!"

    ReplyDelete
  8. Duh,,, tapi,aku udah setahunan ngeblog,,n kadang semangat kadang gk,,N ne semangat lg .
    Alasan,Gk smangat,coz' blum prcya n blum pRnah ngerasain dpat pengHAsilan dari ngeblog sich.. , jdi brtanya2,. !? Bantuin dong,bgi temen2 yg dah punya penghasilan dari ngeblog, ! Tips nya gmana?

    ReplyDelete
  9. Salam Kenal. Pentanyaan dari seorang newbies.
    Oya berapa lama seorang blogger baru bisa mendapatkan hasilnya??

    ReplyDelete
  10. @Dyah : bener banget Mba. Berpikir positif itu harus jadi dasar aktifitas apapun. Salam kenal ya Mba.

    @San2so : Saran saya Mas harus sabar dan tekun jalani aja ngeblognya terus. Belajar terus. Kalo nda memberi usaha terbaik saya rasa peluang untuk merasakan dollar juga kecil. Tetap semangat Mas!

    @Zaiful : Salam kenal juga. Pertanyaan ini sering diajukan oleh teman2 yang baru akan memulai belajar blog. Sebenarnya kata "Berapa Lama" adalah hal yang sangat relatif Mas. Saya punya teman blogger yang sudah setahun ngeblog dan pendapatan totalnya cuma $55. Sementara ada juga yang baru tiga bulan tapi sudah menghasilkan 3 kali lipatnya. Saya sendiri ngeblognya belum bisa dibilang lama tapi karena saya mmg tidak punya kerjaan lain selain ngeblog ya makanya lumayan cepat dapat hasilnya. Jadi intinya adalah seberapa tahan Anda ngeblog dan mampu fokus. Pertanyaan itu tentunya cuma bisa dijawab sama personal masing2. Kira2 seperti itu Mas. Makasih udah mampir di blog saya. :)

    ReplyDelete
  11. luar biasa bro postingannya... mudah2an blogging part time gue bisa jadi full time trus dapetin duit kaya gambar postingan itu...

    ReplyDelete
  12. G tau brapa lma q hrus blajar brur, ato q mungkin kalah star dri kalian, q uda fokus tp hsilx nihil. 99% q ingin jd kalian. Blogger sjati.

    ReplyDelete
  13. Positif thinking : Mode On
    I can do it...

    Mantab..artikel2 mas Elvin sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula ini..makasih mas..
    Salam kenal mas...

    ReplyDelete
  14. betul sekali mas....saya berkali-kali mencoba menjelaskan ke teman2 saya soal bagaimana mencari uang dari blogging. tapi nggak ada yg percaya, dikiranya uangnya bo'ong-bo'ongan...

    ReplyDelete
  15. HAI SALAM KENAL SEMUA...terus terang saya masih awam soal ginian..ngeblog dapat duit?siapa yang bayar?mohon infonya...tterutama wat mbak arnasati, jgn cm temen2nya yg yang dijelasin dong...hhehe..tks

    ReplyDelete
  16. wuahh..baru nemuin blog yg tulisannya gurih..haha.. u'r a great blogger epping!

    ReplyDelete
  17. Memang benar ada kalanya hasil yang didapatkan sedikit tapi kadang melebihi target harian,sangat luar biasa...salam kenal..

    ReplyDelete
  18. sekedar memberi infi.....penghasilan pertama saya dari blog adalah : Rp. 13.800,-....hoho......walaupun kecil tapi berarti

    ReplyDelete
  19. bagaimana caranya menampilkan judul entrinya saja tapi kalau di klik jadi kebuka file nya ?
    makasih banyak

    ReplyDelete
  20. ass. Pa klo bikin blog baik di wordpres or linkworth n mnpun harus punya website?

    ReplyDelete
  21. saya udah dapat kira@ 43 juta dari ngeblog selama 3 bulan.....target saya nilai itu untuk 1 bulan kalau bisa 1 hari.....bolehkan bercita2..!

    ReplyDelete
  22. Cukup menarik dengan tulisan anda saya mengenal kata blog sudah sejak setahun lalu , kemudian saya iseng untuk mencoba membuat blog, Tapi yang mengagetkan saya adalah saya tidak pernah tahu sebelumnya kalau dari belog bisa menghasilkan uang. dengan membaca tulisan ini saya jadi sedikit terbuka wawasan saya soal penghasilan dari blog . Terima kasih banyak blog anda ini telah membuka cakrawala saya tentang blog.

    ReplyDelete
  23. Maaf sebagi blogger pemula saya tidak bisa memberi banyak comment , saya hanya berterima kasih karena melalui tulisan anda saya akan memacu diri untuk lebih giat membuat blog

    ReplyDelete
  24. Info yang sangat bermanfaat....alhamdulillah sampai saat ini saya sudah memiliki beberapa blog dan penghasilan saya lebih kurang USD 10 selama lebih kurang dua tahun...ya segitu juga sudah uyuhan dan harus kita syukuri...betul...tidak...???

    ReplyDelete
  25. Setuju,Sob.....asumsi seperti itu yg harus ditanamkan ke masyarakat pemakai internet,,, jangan anggap blogger yg memberikan blueprint penghasilannya lngsung kena cap sombong,angkuh,dll....Coba hal seperti itu dijadikan sebagai pemacu semangat kalau mereka bisa kenapa kita gak bisa,benar gak...hehehe....dan berapapun hasil dari blog yg sudah teman" peroleh harus bangga walaupun cuma 200 perak toh terbukti walaupun kecil tapi ada hasilnya....sukses ya

    ReplyDelete
  26. wah mantep nih infonya,, tapi kalau boleh tau penghasilan blog ini berapa ya?? kalau boleh tahu loh...

    ReplyDelete
  27. jadi pengen ngeblogg tapi tolong diajarin kanda..................

    wish your lucky all day....

    ReplyDelete
  28. more than PNS penghasilannya mungkin kanda....

    ReplyDelete
  29. saran dari saya seorg newbi nih, mudah2 bisa berguna.buat temen2 yg mau coba2 segala sesuatu ttg blog. kalau berdasarkan Pengalaman saya pribadi. Belajar dari internet, mencari berbagai informasi untuk segala macam ttg blog malah bikin bingung (karena waktu itu saya buta sama sekali). Sehingga tdk tahu, apa yg mau dicari, apa yg mau di tambahkan. Cobalah beli buku2 panduan ttg blog di toko2 buku yg menjualnya, mereka menyajikan bantuan dengan lengkap yg perlu di lakukan utk blogger newbi seperti saya. Sehingga saya tahu, step2 yg pertama harus bagaimana, langkah kedua bagaimana, dst. Kalau belum sanggup beli (canda yah).. bisa numpang baca di tempatnya... hehehe, itu cara saya dulu. Sampai akhirnya paham dasar2 ttg blogger. Semoga bisa membantu

    ReplyDelete
  30. saya tertarik untuk menaikkan peringkat blog saya, supaya blog saya terindexs nomor satu di google, saya sudah baca mengenai SEO untuk meningkatkan trafik blog saya tp sya blom ngerti?? tolong dong dibantu..

    bangsa kita bisa mandiri, sebenarnya banyak orang2 mencari penghasilannya melalui blog dan itu merupakan sikap mandiri yang sangat positif..

    maju blogger indonesia

    ReplyDelete
  31. salam kenal bro..

    yup betul sekali jika penghasilan para blogger adalah tak terhingga.

    selain melalui blogging, banyak sumber2 lain juga akan mengalirkan dollar yg tak terhingga.

    terus belajar , sabar & kreatif adalah kata kuncinya.

    TQ for share..

    ReplyDelete
  32. Thx buat infonya bos...
    Blog Anda top.... :-)

    ReplyDelete
  33. oh. kebetulan saya seorang newbie. belum tahu cara2 seperti itu. saya perlu bantuan ..

    ReplyDelete
  34. saya juga seorang newbie, maju terus semangat... semangat...

    ReplyDelete
  35. Saya blogger baru dari Jakarte mas...semenjak baca artikel mas,saya jadi nyadar klo jadi blogger itu,bisa ngasilin banyak duit ...heheheh

    ReplyDelete
  36. Terima kasih untuk saran-saran dan artikelnya. Pertama baca blog Anda, saya langsung belajar banyak, terima kasih untuk berbagi ilmu. Mohon sudi kiranya hamba berguru. Salam blogging!

    ReplyDelete
  37. saya rutin dapet $500-$700 per bulan, tergantung pasar.
    tapi lumayan lah buat nambah gaji dari kantor :P

    ReplyDelete
  38. Selama ini saya selalu bingung ttg blog dan bisa dpt duit lagi.
    Tlg jelasin yg bayar siapa?
    Trm ksh mas.

    ReplyDelete
  39. @Faat: Sebenarnya sederhana saja. Internet ibarat jalan raya yang dilalui jutaan orang setiap harinya. Blog atau situs itu ibarat bangunan. Kalo bangunan anda menarik perhatian banyak orang dan bikin banyak orang mau datang ke sana, maka otomatis akan banyak perusahaan yang mau memasang iklan di bangunan anda. Sesimpel itu.

    ReplyDelete
  40. udah dari 2006 main blog,gara2 keluar sifat malesnya..nyampe sekarang gak dapet apa2..

    ReplyDelete
  41. Wah mantap gan ..

    ReplyDelete
  42. dulu sih punya akun adsense namun dibanned; sayang memang... :)

    ReplyDelete
  43. Hai mas elvin,.gmn cara nya blog bs mendatangkan rejeki buat kita?
    Bagi2 info donk,.kirim ke email aja balasannya,.krn aq lebi srg bk email,.tq,.
    o y kunjungi blog ku juga ya di http://noviatysnews-blog.blogspot.com/
    tq^^

    ReplyDelete
  44. sampai saat ini saya sudah menghasilkan $ 400 lebih dari blog saya. tapi itu berasal dari iklan mlm yang saya pasang di blog saya mas Elvin.

    ReplyDelete
  45. Aq se7 dgn trion.drmna sih mas,blogger bsa dpt wang?pa dr iklan?pa adsense tu bbayar utk blogger mas?tlg dong mas dkash info alury transksi dr blogger kta?thnx bgt ya mas.

    ReplyDelete
  46. wah keren ni bg.. artikelnya mantap

    ReplyDelete
  47. bs donk bagi2 tipnya... dapetin duit banyak dari ngeblog..

    ReplyDelete
  48. assalamualaikum..
    mas, saya ingin sedikit berbagi pengetahuan dalam dunia blog..tapi saya belum begitu mahir dalam urusan teknologi..untung2 lo hobi saya juga menunjang hidup saya,,bisa bantu mas..soalnya yang di blog2 lain biasanya ujung2nya duit..hehee.. salam cinta dan damai..^^

    ReplyDelete
  49. mengejar mimpi,menuju bloger sejati

    ReplyDelete
  50. bagaiamana logikanya kok jadi bloger bisa dapat uang banyak? Apa di blog nya dicantumkan no rekeneing bank, misalnya? sehingga sipemilik blog dapat income dari sumber2 tertentu? Tolong bantu dijelaskan..biar saya tertarik jadi bloger he he he...siapa tahu jadi Gayus yg HALALAN TOYIBAN....Aminn, trimakasih.

    ReplyDelete
  51. Terima Kasih Infonya, sangat bermanfaat. mudah2an memotivasi sy untuk terus berkarya dan tentu saja mendapat penghasilan.salam

    ReplyDelete
  52. cemunguud kakak!

    ReplyDelete
  53. sedang proses untuk bisa menjadi seorang blogger...
    makasih motipasinya gan...

    ReplyDelete
  54. assalamualaikum wr wb

    selamat siang, terimakasih atas informasi nya kang. semoga sukses selalu. . . .

    semangatt blogginggg...

    jangan lupa kunbal yaaa. . . . . ubandi.com

    ReplyDelete
  55. iya memang betul..
    penghasilan seorang blogger tiada batas asal kita mau doa usaha ihtiar tawakal atau disingkat DUIT.
    terima kasih ya atas artikelnya.
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  56. Apalagi seorang calon dokter mestinya mereka punya banyak informasi yang di butuhkan oleh masyarakat luas.

    ReplyDelete
  57. mungkin setara dengan pekerja profesional lainnya di Indonsia ini, ya sekitar 4 digit dolar sebulan cmiiw :)

    ReplyDelete