Bagaimana Mengatasi Kesulitan Menulis dalam Bahasa Inggris?

Dalam paid review program, untuk memasuki pasar internasional tentu saja kita membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang cukup mumpuni. Beruntung sekali sampai saat tulisan ini saya buat, internet masih lebih banyak menggunakan tulisan dibanding lisan. Jadi kita cuma perlu menguasai bahasa Inggris secara pasif. Mungkin suatu hari nanti semuanya akan berbentuk webcam jadi kita harus ngomong sama bule yang mau beli artikel di blog kita. Tidak usah khawatir, itu urusan anak-anak kita nanti.


Saat ini saya melihat begitu banyak blogger pemula yang menyesal kenapa dulu waktu SMP mereka nda serius belajar bahasa Inggris. Memandang mereka yang sedang sibuk menyesal kadang menyayat hati saya. Tapi memang, apa yang dikatakan guru bahasa Inggris kita dulu : "Menyesal kau nanti kalo goblok bahasa Inggris! Susah ngeblog kau nanti!" saya rasa ada benarnya juga.


Saya sarankan bagi kamu yang merasa sangat minim dalam keterampilan menulis bahasa Inggris silahkan menyesali diri kamu sekarang. Lepaskan semua rasa sesal itu dari dadamu, kawan. Biarkan penyesalan itu habis tak tersisa dari sekarang sebelum kita masuk ke solusinya.


Ayo, sesali diri kamu sekarang! Saya tunggu.


Kok diam? Ayo menyesal!!!


Payah! Ayo, lebih sesal lagi!


Oke, saya rasa penyesalan kamu sudah habis total. Mari kita temukan solusinya sekarang! Yuuuuu'...


Sebenarnya semua masalah di dunia ini ada solusinya. Termasuk ketidakbisaan kamu nulis artikel bahasa Inggris itu tadi.  Tenang sajalah, Elvin Miradi siap membantu!


Ada dua cara yang selalu saya sarankan buat teman-teman yang bahasa Inggris-nya hancur lebur :


1. Nulis sendiri


2. Nda Nulis sendiri


Wah, konyol sekali pembagian di atas ya? Saya ulang saja :


1. Metode menulis dengan bantuan software


2. Metode menulis dengan bantuan penulis bayangan (ghostwriter)


Metode menulis dengan bantuan software


Kita tinggal copy artikel dari sumber-sumber yang legal, biasanya situs artikel submission, dan kita paste di dalam sebuah program/software pengeditan artikel. Simpel sekali.


Ada banyak software di internet yang bisa kamu pake untuk mengedit artikel berbahasa Inggris. Satu yang paling saya sarankan adalah WordFlood. Saya membeli WordFlood 2.0 versi unlimited-nya seharga $37 di sini. Kalo kamu nda mau beli silahkan download saja WordFlood versi 1.2 secara gratis di sini. Tertarik?


(Sudah bahasa Inggris-nya hancur, mau download gratisan lagi... Bikin malu saja..)


Oke kita lanjut ya.


Menulis dengan bantuan penulis bayangan (ghostwriter)


"Hanya bayangan


Ada di depanku


Ingin kulalui


Namun aku tak berdayaaaa!"


(U camp band. Judul : Bayangan. Medio 90-an)


Saya yakin kamu masih ingat dengan lirik lagu di atas. Beberapa dari kamu mungkin ikut bernyanyi bersama tulisan saya. Percayalah, lirik lagu itu kurang lebih tidak ada hubungannya dengan apa yang akan saya jelaskan nanti.


Penulis bayangan atau ghostwriter adalah penulis yang dalam dunia internet dewasa ini sering disebut dengan istilah ghoswriter atau penulis bayangan. Penulis bayangan atau ghoswriter adalah penulis lepas yang menjual jasa penulisannya dan melegalkan hak cipta terhadap tulisannya itu. Maksudnya, kita bayar si penulis bayangan (ghostwriter) untuk nulis buat kita, trus dia nulis dan hasil tulisannya nanti bisa kita pake buat apapun : posting di blog kita, paid review atau bahkan dijual lagi ke orang lain. Perlu diingat, istilah ghostwriter di sini maksudnya bukan penulis setan ya, tapi penulis bayangan.


Di mana kita bisa menemukan Ghoswriter?


Tidak seperti setan kebun yang kebanyakan nongkrongnya di kebun belakang rumah, ghostwriter ini tidak bisa kita temukan di kebun tersebut. Penulis semacam ini kebanyakan nongkrong di forum-forum webmaster seperti Digital Point, V7n forums dan SitePoint. Tapi kamu harus hati-hati dengan writer-writer yang nyari job di forum karena tidak semua dari mereka adalah orang bule. Sangat banyak bule gadungan di sana. Bule India, bule Hongkong bahkan bule asal Bandung pun ada. Hati-hati, seringkali kemampuan menulis bahasa Inggris mereka tidak lebih baik dari kamu.


Cara yang lebih bagus adalah dengan mencari penulis di situs-situs penyedia jasa penulisan. Dua situs yang sering saya pake jasanya adalah Elance dan Articles Trade. Kedua situs ini melakukan seleksi super ketat terhadap para penulis yang mendaftar pekerjaan di situs mereka sehingga kamu tidak lagi dipusingkan dengan tulisan yang tidak bermutu. Kamu tinggal pesan, bayar dan tau beres! Itulah inti bisnis online. Bukan kerja keras, tapi kerja cerdas!


Saya rasa cukup sekian tentang bagaimana mengakali skill bahasa Inggris kamu yang empot-empotan agar bisa menjadi jawara di paid review program. Semoga berhasil, kawan!

Share:

23 komentar

  1. wah, wah, wah,... sudah lama saya cari lirik lagu di atas, itu lagunya di download di wordflood.com ya?

    ReplyDelete
  2. main bola jam 3. Saya ambil 1 jam ji karena fully booked hari ini.

    ReplyDelete
  3. Makanya , sy buat website yang berbahasa bugis , supaya orang dan keluarga bisa baca dan paham maksud saya.
    Tapi saya juga lagi kursus bahasa inggris.

    ReplyDelete
  4. pasti menyesal kalo ngga bisa bahasa inggris... betul kata guru bahasa inggris kita dulu... “Menyesal kau nanti kalo goblok bahasa Inggris! Susah ngeblog kau nanti!” hehehehehehehe

    makasih tipsnya....

    ReplyDelete
  5. Salam kenal....Makasih atas infonya

    ReplyDelete
  6. Mana cara mengatasinya? Itusih cara exteren!


    Makasihya... atas infonya.

    ReplyDelete
  7. jadi ingat guru bhs ingglishku?

    ReplyDelete
  8. mantafffffffffffffffff................

    ReplyDelete
  9. setuju banget Mas
    infonya bermanfaat sekali
    jadi semangat belajar english
    :)

    ReplyDelete
  10. bagus banget mas artikelnya, Mas apa ada info tentang guru/dosen bahasa inggris yang menggunakan blog dalam pengajaran writing ya? saya tertarik banget nich

    tks

    ReplyDelete
  11. setuju banget Mas
    infonya bermanfaat sekali
    jadi semangat belajar english
    :)

    ReplyDelete
  12. to all : mudah-mudahan tulisan ini bisa menambah semangat untuk teman-teman memperdalam bahasa Inggris. Nda perlu jago ngomongnya, yang penting bisa menulis sudah cukup untuk blogging. Semangat!

    ReplyDelete
  13. Makasih infonya bro, menurut pengalaman anda, kalau paikai WordFlood 2.0 versi unlimited, itu hasilnya gimana? bagus gak? minta pencerahannya. Tanks

    ReplyDelete
  14. elvin miradi blogger sebagai alumni smpn 1 garut kapan ngadain reunian meskipun aku jauh jauh dari semarang aku sempatkan datang dech untuk teman teman satu angkatanku nenden anita,neni sufiani, dan nia salam persahabatan dari aku

    ReplyDelete
  15. Halo Mbak Tutik... Wah salam aja deh buat nenden Abnita, Neni Sufiani dan Nia. Sori nih belum bisa reunian. Bukan masalah sibuk sih, masalahnya cuma satu: saya bukan alumni SMPN 1 garut.

    ReplyDelete
  16. @Noto: Sebenarnya perbedaan antara versi berbayar dan yang tidak kurang signifikan. Penambahan fitur yang paling intens adalah di sektor kosakata. Toh tidak semua kata bisa kita pakai karena pemakaian kita juga hanya untuk kalimat artikel biasa yang tidak rumit-rumit amat. Saya tetap sarankan pake yang gratisan saja. Simpan saja duitnya untuk dipake membeli software lain yang lebih berguna. Oke, Mas Noto?

    ReplyDelete
  17. menyesal juga aku gak bisa bahasa enggres

    ReplyDelete
  18. Top banget. Thanks a lot!

    ReplyDelete
  19. dengan wordflood bisnis paid review jadi mudah Gan.....

    ReplyDelete
  20. tips yg mencerahkan... dlm bhs inggris: lihgten tips- (ndk salah ji di'..?)
    hehehehhe

    ReplyDelete
  21. kwn, sy pake Magic Article Spinner, bagus kah ini aplikasi? Tengkyu..ces.. sukses ki'

    ReplyDelete
  22. Terima kasih kak elvin miradi,,,dr teguh EXS astamedia

    ReplyDelete