Mau Kamera Sekelas SLR yang Bisa Masuk di Kantong?

Setelah ke mana-mana bawa kamera SLR, akhirnya saya capek juga. Selain bikin lengan kanan saya makin berotot, kamera SLR juga sering membuat orang mengira saya jurnalis. Pernah malah di suatu kafe saya motret anak saya malah ditegur satpam. Jelas-jelas saya motret anak saya! Mungkin kafe itu menjajakan 'sesuatu' yang ilegal makanya parno sama wartawan yang identik sama kamera SLR.


Makanya kamera SLR saya kemudian saya masukkan ke lemari saja dan saya pun bergegas mencari penggantinya untuk dibawa menemani saya jalan-jalan. Setelah mencari informasi sebanyak-banyaknya di internet akhirnya pilihan saya jatuh pada Canon S90.


Canon S90 adalah solusi untuk kamu yang mencari kamera saku dengan kualitas gambar yang mantap. Bodinya memang kelihatan jadul dan tidak bergaya. Malah sekilas kelihatan seperti kamera 80-an!




Katanya kamera ini sanggup melahirkan gambar berkualitas setara dengan kamera SLR. Akhirnya saya coba beli melalui jpckemang.com. Bukannya saya berpromosi, tapi di situs itu harganya lebih murah. Di MTC (mall barang elektronik di Makassar) Canon S90 ini dijual seharga 4,3 juta rupiah. Di jpckemang.com cuma 3,5 juta rupiah! Gila bener itu pedagang di MTC!


Setelah saya pake, ternyata memang kamera ini mantap sangat. Kamera ini seolah-olah kamera SLR dengan bodi versi kamera saku. Yang enak adalah kamera ini menyediakan pengaturan manual. Jadi lebih leluasa untuk mengatur setting yang kita inginkan. Pixel-nya cuma 10 MP dan itu yang membuat kamera ini cukup tangguh di kondisi minim cahaya. Untuk kamu yang kalo nyari kamera selalu bertanya, "Ini berapa MegaPixel?", segeralah bertaubat. Menciptakan foto yang baik membutuhkan banyak faktor dan MegaPixel bukanlah salah satunya.


Berikut ini spesifikasi lengkap dari Canon S90, saya ambil dari www.usa.canon.com :














Specifications















Type of Camera
Type of CameraCompact digital still camera with built-in flash, 3.8x Optical/4x Digital (not w/RAW or Widescreen)/15x Combined Zoom with Optical Image Stabilizer System






























Image Capture Device
Type10.0 Megapixel, 1/1.7-inch type Charge Coupled Device (CCD)
Total PixelsApprox. 10.4 Megapixels
Effective PixelsApprox. 10.0 Megapixels


































Lens
Focal Length6.0 (W)-22.5mm (T) f/2.0-4.9 (35mm equivalent: 28-105mm)
Digital Zoom4x
Focusing RangeAuto: 2.0 in./5cm-infinity (W), 12 in./30 cm-infinity (T)
Normal: 1.6 ft.-infinity/50cm-infinity
Macro: 2.0 in.-1.6 ft./5-50cm (W)
Autofocus SystemTTL Autofocus


































Viewfinder & Monitor
ViewfinderN/A
LCD Monitor3.0-inch TFT color with wide viewing angle
LCD PixelsApprox. 461,000 dots
LCD Coverage100%


























Aperture and Shutter
Maximum Aperturef/2.0 (W) - f/4.9 (T)
Shutter Speed15-1/1600 sec. (settable in Tv and M)


































Exposure Control
ISO SensitivityAuto, ISO 80/100/125/160/200/250/320/400/500/640/800/1000/1250/1600/2000/2500/3200 equivalent
(Standard output sensitivity. Recommended exposure index)
Light Metering MethodEvaluative*, Center-weighted average, Spot**
*Facial brightness is also evaluated in Face Detect AiAF
** Metering frame is fixed to the center/linked to AF frame
Exposure Control MethodProgram AE, i-Contrast, Manual; AE Lock, Program Shift, Safety Shift, Auto ISO Shift
Exposure Compensation+/-2 stops in 1/3-stop increments






















White Balance
White Balance ControlAuto*, Preset (Daylight, Cloudy, Tungsten, Fluorescent, Fluorescent H, Flash, Underwater), Custom
*The colors of faces are evaluated in AiAF


































Flash
Built-in FlashAuto, Auto w/ Red-eye Reduction, Flash On, Flash On w/ Red-eye Reduction, Flash Off; FE lock, Safety FE, Slow Synchro
Flash Range1.6-21 ft./50cm-6.5m (W), 1.6-8.2 ft./50cm-2.5m (T) (when sensitivity is set to ISO Auto)
Recycling Time10 sec. or less (battery voltage=3.7V)
Flash Exposure Compensation+/-2 stops in 1/3-stop increments






































Shooting Specifications
Shooting ModesAuto, P, Av, Tv, M, C, Portrait, Landscape, Special Scene (Foliage, Snow, Beach, Sunset, Fireworks, Aquarium, Night Scene, Indoor, Color Accent, Color Swap, Kids & Pets, Underwater, Nostalgic), Night Snapshot, Stitch Assist, Low Light, Movie
Photo EffectsMy Colors
My Colors Off, Vivid, Vivid Blue, Vivid Green, Vivid Red, Neutral, Sepia, Black & White, Positive Film, Lighter Skin Tone, Darker Skin Tone, Custom
Self-TimerActivates shutter after an approx. 2-sec./10-sec. delay, Face Detection Self-timer, Custom
Wireless ControlNot available
Continuous ShootingNormal: approx. 0.9 fps; AF: approx. 0.6 fps; LV: approx. 0.6 (Low Light: 2.1 fps)






































Image Storage
Storage MediaSD/SDHC Memory Card, MultiMediaCard, MMCplus Card, HC MMCplus Card
File FormatDesign rule for camera file system, DPOF Version 1.1
Image CompressionNormal, Fine
JPEG Compression ModeStill Image: Exif 2.2 (JPEG)
Movie: MOV (Image: H.264; Audio: Linear PCM (Monaural))
Number of Recording PixelsStill Image: 3,648 x 2,736 (Large), 2,816 x 2,112 (Medium 1), 2,272 x 1,704 (Medium 2), 1,600 x 1,200 (Medium 3), 640 x 480 (Small), 3,648 x 2,048 (Widescreen), 3,648 x 2,736 (RAW), 1,824 x 1,368 (Low Light)

Kamera yang mantap!

Share:

4 komentar

  1. Bagus nih kamera, baru saja kemarin sy liat iklannya di majalah... Wide angle jg ya ping? Di antara kamera digital pocket, ini nih keknya yg paling bagus. Hasil shootnya tdk ada ping?pasang dong....

    ReplyDelete
  2. Enak, Nca. Barusan kemarin saya pesan lagi batre buat cadangan. Contoh gambar sudah saya upload, tapi nda bisa kelihatan kalo visitor biasa kecuali untuk member premium! Waka..waka..ee

    ReplyDelete
  3. Ini kamera lebih bagus dari SLR-ku klu tidak ganti lensa. So sekarang kemana mana bawa ini kamera,hahaha....hai satpam mau ngomong apa lagi kamu, dasar kampungan,hahaha....

    ReplyDelete
  4. Contoh foto hasil jepretan Canon S90 nya ada gak gan...? saya jadi minat juga neeh...^_^

    ReplyDelete