Bagaimana Mendatangkan Ribuan Pengunjung Blog dalam 5 Menit!

Sebuah situs atau pun blog, apapun tujuan dan isinya, tentu saja butuh pengunjung yang banyak. Mulai dari blog yang isinya cuma cerita narsis sampe situs yang jualan berlian, semua butuh pengunjung.


Lalu mungkin ada di antara teman-teman yang bertanya, “saya sudah ngeblog dari tahun 70-an (hehehe..) tapi kok pengunjung blog saya masih bisa dihitung jari? Jarinya jari orang buntung lagi!”


Nah, pertanyaan kayak gitu muncul bisa jadi karena kurang memahami hakikat (wets, hakikat.. Serius amat bahasanya) dari adanya proses kunjungan seseorang di blog kita. Tapi tenang, ada cara untuk menarik ribuan pengunjung ke blog kita dan bisa dilakukan dalam 5 menit!


Caranya adalah dengan membaca petunjuk-petunjuk yang saya berikan. Hanya 5 menit kamu membacanya. Prakteknya 3 bulan. Ribuan pengunjung datang!


Pasti ada yang kecewa gara-gara judul artikel ini. “Katanya 5 menit saja terus ribuan pengunjung datang? Kok jadi 3 bulan? Hah, menipu nih!!! Lempar aaaaah! Bakar aaaaah!”


Tenang sodara-sodara, tenang…


Justru lewat judul itu saya mau menekankan sekali lagi bahwa segala sesuatu yang berurusan dengan traffic (arus pengunjung blog kita) tidak pernah bisa dilakukan hanya semenit lima menit. Keyakinan bahwa hal ini mudah dan instan telah membawa ribuan blogger pemula ke ajang kehancuran. Ya, mereka tidak sabar dan akhirnya berhenti ngeblog. Saya tidak mau  kejadian yang sama menimpa para pembaca www.elvinmiradi.net yang budiman nan rajin berzakat.


Oke, sekarang kamu mulai mengerti dan (mudah-mudahan) membatalkan niat melempar dan membakar tadi.


Kita mulai ya.


1. Belajarlah Menulis Untuk "MEREKA"


Kalo mau blog kamu dikunjungi orang, syarat utama yang kamu harus lakukan adalah bertanya pada diri kamu sendiri, “kenapa orang itu harus datang ke blog saya? Apa yang bisa membuat mereka tertarik datang ke blog saya?”


Bayangkan, kalo kamu cuma menulis tentang diri kamu, pacar kamu, istri kamu, anak kamu, kolor baru kamu dan sebagainya, maka kemungkinan besar yang berkunjung ke blog kamu ya cuma kamu, pacar kamu, istri kamu, anak kamu dan pedagang kolor baru kamu itu. Untuk apa sesorang (misalnya saya) datang ke blog kamu dan membaca itu semua? Ngurus istri saya sendiri saja sudah repot, ngapain urus istri kamu? Lagian saya juga punya kolor kok, nda ada urusan sama kolor kamu kan? Nah, intinya adalah blog kamu menjadi tidak menarik untuk orang banyak karena kamu menulis OLEH dan UNTUK KAMU SENDIRI.


Kecuali kamu seorang selebritis, ya tentu saja saran di atas tidak berlaku.


Pengunjung blog adalah orang yang mencari informasi yang spesifik. Kalo kamu bisa membantu mereka dengan menyediakan informasi yang mereka cari, tentu saja mereka akan datang ke blog kamu dengan ikhlas dan tawakkal. Kamu harus memberi dulu sebelum menerima. Itu kan prinsip kehidupan. Sama saja di internet.


2. Pilih Topik yang Kamu Suka dan Jangan Keluar Topik Terlalu Jauh


Pilih topik yang kamu suka. Misalnya kamu jago main gitar. Kamu bisa membahas tentang gitar dan membagi tips-tips bermain gitar pada semua orang yang membutuhkannya. Usahakan topik utama kamu tetap berpusat pada gitar. Kamu boleh (lagi-lagi) menulis tentang kolor baru kamu tapi tetap saja isi blog kamu harus dominan tulisan tentang gitar. Lagian kok kamu ngotot amat nulis tentang kolor. Kamu ada masalah apa sih? Heran…


3. Bergabunglah di Jejaring Sosial, Komunitas Online dan Forum


Masuklah ke situs-situs jejaring sosial misalnya facebook dan twitter dan berhubunganlah dengan orang-orang yang sesama jenis. Maksud saya sejenis dalam hal minat!!!


Kalo perlu kamu bisa membuat page (halaman) di Facebook seperti yang saya lakukan di grup ini. Di sana saya mengumpulkan teman-teman yang memiliki tujuan yang sama yaitu belajar blog. Hasilnya, blog saya makin rame dikunjungi.


Kamu juga bisa mencari komunitas-komunitas online yang spesifik. Tinggal ketikkan saja di Google, misalnya “komunitas gitaris”. Maka akan muncullah portal-portal ngumpulnya para pecinta gitar. Bergabunglah di sana dan bersenang-senanglah. Jangan lupa untuk membagi semua ilmu yang kamu punya dengan orang lain.


Forum adalah portal yang lebih besar lagi dan lebih interaktif. Prinsipnya sama saja. Bergabunglah di sana dan jadilah bermanfaat, jangan jadi benalu yang cuma bisa bilang, "terima kasih infonya, bro!"


Jangan sampai lupa : sertakan selalu alamat blog kamu dalam setiap desahan nafas kamu di semua tempat-tempat yang kamu kunjungi di atas.


4. Sebarkan Link Blog Kamu


Link, selain fungsinya seperti bookmark yang menjadi penanda agar orang mengkliknya, juga memiliki peran penting dalam menentukan posisi blog kamu di mesin pencari. Maka dari itu sebarkanlah link blog kamu di manapun kamu bisa membubuhkannya.


Sini saya berikan contoh ya. Contohnya email. Kadang kita menggunakan email sekedarnya saja untuk mengirim pesan. Padahal email bisa menjadi sarana promosi yang bagus. Kamu bisa menambahkan signature di email kamu dan memasukkan URL blog kamu di situ. Jadi setiap kamu mengirim email, alamat blog kamu bagaikan doa Ibu, selalu menyertai.


Bisa juga dengan tukaran link (link exhange). Kalo kamu punya teman blogger yang topik blognya sama dengan kamu, maka kamu dan dia bisa saling bertukar link. Ingat, blog-blog yang saling bertukaran link sebaiknya topiknya sama. Jangan pernah bertukar link dengan blog yang topiknya beda. Itu namanya Jaka Sembung Bawa Golok. Mesin pencari tidak senang sama blog dengan link seperti itu.


5. Perbanyak Posting Artikel


Sebagian besar kunjungan bisa berasal dari mesin pencari. Oleh karena itu kamu perlu rajin menulis artikel di blog kamu. Bila blog kamu sering di update, maka robot mesin pencari akan melihat blog kamu sebagai blog yang informatif dan aktual. Kalo robot pencari sudah doyan sama blog kamu, maka akan mempermudah blog kamu untuk nangkring di posisi yang bagus dalam mesin pencari.


Sempatkanlah untuk menulis artikel sebanyak dan seinformatif mungkin. Bagi teman-teman yang bekerja kantoran, mengisi konten blog bisa dilakukan di hari libur. Bersenang-senanglah dalam menulis. Jangan anggap menulis sebagai beban. Menulis bukan beban. Buktinya menulis tidak pernah digunakan di tempat fitness untuk memperbesar otot!


Lima tips di atas, bila dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dalam waktu yang berkesinambungan, insya Allah akan mendatangkan banyak sekali pengunjung buat blog kamu.



Sekarang kamu sadar kan, tidak mungkin mendatangkan ribuan pengunjung dalam 5 menit? Tidak ada yang instan, kawan. Itulah mengapa banyak blogger yang tumbang di tengah jalan. Tapi insya Allah mereka bukan saya dan kamu.


Salam sukses!

Share:

249 komentar

  1. Makasiy infonya,bro..[Hahahaha njiplak abies]

    ReplyDelete
  2. trimakasih kanDa^^info mnariK.. sbeLum membaca arTikeL ini saia sudah beRaTus ulang kaLi berpikiR tuk merombak uLang niche bLog (red:duiT) saYa, tp sYukuR aLhamduLiLLah skrg saia mngeRti bahWa "menuLis apa Yg kiTa kuasai & cinTai iTu pentinG tuk berbagi dng MEREKA = bLog Niche ber-karakteristiK"... smoGa maJu trus bLogx kanDa^^ heHehe, btw tuLisan koLoRx di subkategori apa nich, koq ga' ktemu YacH?ahiak ;P

    ReplyDelete
  3. SALUTO SALUTO !,
    GREAT INFORMACIÓN (spanyola' mode on)

    Cheers, buat elvinmiradi.net !

    ReplyDelete
  4. Inf yg lma ku cri akhr na ku tmukan d sni...
    Jd pd dsarx jngan nlis artikel brtema kolor d blog y spy pngunjng na bsa bnyak...Hahahaha...Just kidd Bang... XDD
    Trakhir..mkasih info na Bro..
    Wakakakaka...Copy paste the...Hehehehe.. X)

    ReplyDelete
  5. malem2 blogwalking dapet juga yang bermanfaat.. thanks! blognya keren banget!

    ReplyDelete
  6. hatur nuhun infona...
    bade di cobian ahh, mungpung isina kosong keneh.,.,
    hehehe

    ReplyDelete
  7. thanks bro atas infonya?/???
    sangat membantu???
    eh ia ampe lupa "salam kenal"

    ReplyDelete
  8. Betul banget itu mas Elvin.. tidak ada yang seinstan itu...
    Kita harus membayarnya dengan kerja keras..
    Thanx bgt utk ilmu2nya di blog ini...
    Kalo tidak keberatan boleh tukeran link gak? Link mas Elvin sudah saya pasang di http://www.danisetiyawan.blogspot.com/, silahkan cek ya..

    ReplyDelete
  9. sangat menarik apa yang telah anda paparkan mengenai kiat weblog agar banyak penggunjung, dan hal itu dari pemaparan diatas adalah benar perlu di lakukan para blogger.

    Sebagai tambahan dari saya adalah perlu juga di buat sedemikian rupa bahwa weblog adalah semacam informasi diri sebut saja personality profile, selain itu weblog juga dapat berfungsi sebagai storage anda punya kemampuan dalam sebuah keprofesian, apapun profesinya bisa berbentuk kemampuan jasa maupun menciptakan barang.

    Pendapat pribadi, gahwa weblog bagian dari "medium jejaring permanen" yang anda punya, dimanapun anda berada bahkan mungkin sampai kapanpun maka weblog anda itu akan setia menyertai kamu. Maka weblog perlu dibuat semacam "profile your performance". Kenapa demikian ? saya pernah mengalami pengalaman terbaik yang saya anggap dimana weblog kita dapat memberikan kepercayaan bagi orang lain.

    Selain saya telah mendapatkan beberapa klien yang kebanyakan adalah orang-orang baru yang notabene sangat memerlukan jasa kita. Suatu hari dimana weblog saya dibuat semacam tender dari beberapa blogger yang lain, dan alhamdullilah weblog ku yang terpilih oleh departemen itu mendapatkan kesempatan tender proyek.

    Maka saya berasumsi bahwa weblog sebagai medium jejaring permanen yang dimiliki seseorang yang dapat memberikan kepercayaan terhadap keprofesian seseorang. Jika weblog versi free tersebut yang anda punya dibuat lebih memberikan nilai kepercayaan dengan bebrbagai konten yang anda punya didlamnya maka saya kira kedepan akan jauh lebih baik dan beruntung bagi anda semua jika di banding punya saya.

    Semoga. / amin salam sukses.
    De Maulana | Bandung 081 8090 9896 0

    ReplyDelete
  10. hmm...kapan ya bisa punya ribuan pengunjung..semangat...

    ReplyDelete
  11. Mantap artikelnya ..memberi pandangan dan pencerahan dlm bikin blog.
    Salam by sabacell

    ReplyDelete
  12. wowowowow
    judul menggoda usaha segunung ya bos
    makaci

    ReplyDelete
  13. wah aku jadi ngerti yang beginian
    makaci ya bos

    ReplyDelete
  14. menarik sekali infonya..,trimaksih bisa jadi masukan buat saya...

    ReplyDelete
  15. wow mantap bro infonya... sekarang sedang diterapkan nih...

    ReplyDelete
  16. Betul sekali dan itu juga saya rasakan. Prosesnya memang panjang dan melelahkan. Tapi jangan terlalu cepat menyerah, Insya Allah kalau kita sabar dan ulat semua bisa kita capai.

    Bagus sekali postingannya santai dan lucu, tetapi manfaatnya OKE BANGET.
    Selamat dan sukses selalu sobat.

    Salam Blogger,
    Heri Hidayat Makmun
    http://indonesianvoices.com
    Informasi politik, militer, sejarah yang membangkitkan rasa nasionalisme.
    tuk Indonesia tercinta.

    ReplyDelete
  17. terimakasih tambah ilmu nih

    ReplyDelete
  18. Info nya bagus..

    saya setuju dengn ini...

    ReplyDelete
  19. thanks ya infonya........
    bermanfaat sekali..........
    ^^,)

    ReplyDelete
  20. wah tinggi juga trafiknya ya mas...

    salam :)

    ReplyDelete
  21. Kayaknya segala sesuatu yang instan emang ga baik.
    Cepet naik cepet juga jatuh, termasuk mie instan kali ya...kalo dimakan tiap hari .....khan budeg juga (maaf ya para anak kos yg mkn pokoknya mie instan).
    Semuanya punya prosesnya dan nikmati saja proses.
    Insya Alloh kalo yakin dan istiqomah keberhasilan akan datang menghampiri.

    ReplyDelete
  22. sip bos...segala sesuatu yang instan hasilnya ga bakal maksimal..

    ReplyDelete
  23. weiiii.... mantappp.... add aku di facebookmu ya...
    aku pengen belajar ngeblog dan menulis artikel
    jangan resah dulu dong, aku punya bakat mnulis, cuma gak tau mau mulai dari mana
    kalo udah ktemu ide jitu dan punya banyak waktu, baru deh tersalurkan hasrat tuuu....
    bantu aku menyalurkan hasrat ini ya.... hehe

    ReplyDelete
  24. wah bagus banget untuk mendongkrak pengunjung di blog.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  25. Iya, BETUL.. bukan 5menit, 24jam saja, LIMBAT belum tentu bisa buktikan hehe..
    Makanya, saya sudah mulai praktek dikit-dikit nih pak.. TENGKIU saran-sarannya..

    Terimakasih yaaa..

    ReplyDelete
  26. Wah, saya baru mengerti... Terimakasih pak Boss..

    ReplyDelete
  27. tip yg bagus.nak try ni cuba

    ReplyDelete
  28. Heu...heu Mas Elvin 5 menit itu baca topiknya mas Elvin kale...., kalau yang benaerannya ikuti sich sptnya engak bisa dech 5 menit. tapi 5 cara betul dech mas. Guyon lho mas....
    Boleh nambahin Mas Elvin? buat datangkan visitors ala newbie nich 6. Bikin tambahan link saat posting minimal 10 link yang berthema sama 7.Buat Tag label sebanyak maksimal 20 tiap posting,8. Tambahkan Widget Lintas Berita tiap posting 9.Cari Judul posting yang sering dicari orang di search engine lalu ubah dikit judulnya , kasih isi 5 baris lalu tautkan ke sumber aslinya.10. Ambil Link dari 10 top search engine, mau tidak mau pastinya blog anda akan berada dihalaman depan Google . Coba dech. Aq juga semula cuma 10ribu naik jadi 47ribu pencari keyword yang aq punya.

    ReplyDelete
  29. informasi yang menarik...tapi kecele gw wkwkwk (kirain beneran 5 menit)

    ReplyDelete
  30. infonya bagus thanks ya....http://britahangat.blogspot.com/

    ReplyDelete
  31. salah besar kalau berharap instant :)

    ReplyDelete
  32. Hu uh bener banget senior, saia bloger pemula n memang bener kalu ga gampang mw datengin trafik ke blog milik pemula kayak saia :D

    ReplyDelete
  33. makasih banyak sangat membantu, baru belajar ngeblog nieh !!!!!!

    ReplyDelete
  34. bahasanya enak banget untuk dibaca.... tapi mengena untuk di praktekkan... terima kasih buat infonya

    ReplyDelete
  35. aku mau punya teman banyak supaya pengetahuan tentang blog bisa lebih banyak

    ReplyDelete
  36. muantap euy, blog ane baru ratusan pengunjung belom ribuan

    ReplyDelete
  37. ini artikel buka humor, tapi kok saya ngakak setengah mati ya? yang tentang bakar membakar lah, koor mengkolor lah, istri mengistri lah... wkwkkwkkwk... menarik menarik mas. Infonya, tipsnya, lek wong bule bilang di HoN you're so f**kin GOD! (konotasinya baik lo mas, jangan tersinggung) gyakakakakak....

    bakal saya terapkan mas tipsnya... hmm... pengunjung disini rata2 9000an ya seharinya mas... keren.... punyaku aja cuman sekali dapet 4000, setelah itu turun dan turun lagi... hiks....

    salam sukses mas!!! salam kenal!!

    ReplyDelete
  38. sip banget informasinya mas, nanti saya akan coba kiat2nya. thanks...!!!

    ReplyDelete
  39. Saya acungkan 2 jempol untuk mas,dan kunjungi blog gw di : bimo99.blogspot.com

    ReplyDelete
  40. oh ya? Dengan cara itu saja bisa mendatangkan ribuan pengunjung perhari? Hmm... kelihatannya ada poin terpenting yang justru tidak disebutkan di sini...

    ReplyDelete
  41. Yups... Saya setuju dengan anda... Butuh waktu untuk mengenalkan blog anda pada seseorang.... Apalagi pada ribuan orang. Jadi focus aja ma kontent dan bangun hubungan baik dengan orang lain....

    ReplyDelete
  42. iya sih sob mg aja pada betah memelihara blog, memamng perlu perjuangan dan kesabaran

    ReplyDelete
  43. makasih bos...masukannya...soalnya saya baru belajar...

    ReplyDelete
  44. wah, infonya sip abis mas... thanks for your advice :D

    ReplyDelete
  45. Terimakasih infonya bro !(benalu mode on)

    ReplyDelete
  46. Okelah kalau begitu, Thanks and Salam

    ReplyDelete
  47. Okelah kalau begitu, Trims dan Salam dari
    adibaskom

    ReplyDelete
  48. Kyanya bisa dicoba nih... Thank's...

    ReplyDelete
  49. infonya bagus sekali.cuma kalau boleh ditambah lagi tentang promosi blog itu sendiri...

    ReplyDelete
  50. thx ya info2 di blogsite ini bagus banget ^^
    sy juga baru mo mulai ngeblogging dgn serius (dulu2 sih sering ngeblog ttg hal2 yang random gt..dah gak kehitung blog2 yg smpet dibikin n skrg dah R.I.P ^^) tp skrg bener2 pengen setia dgn blog yang baru ^^
    dl jg smpet down krn jumlah visitor tiap harinya banyak tp yang ngedrop comment dikit banget >.< pengennya instant fame gt hahahah
    berkat ngebaca artikel ini sy jd bersemangat lg hee :)

    ReplyDelete
  51. Oke tak coba, meningkat tidak

    ReplyDelete
  52. berusaha meninggalkan jejak, siapa tahu 3 bulan lagi punya traffic ribuan

    ReplyDelete
  53. mas mana download software tahun 2010 nya tolong dibantu donk...ya pokoknya segala software dan SN ok.untuk kemajuan anak bangsa supaya org indonesia makin cerdas abis kalo beli mahal mass..ss..s.thx

    ReplyDelete
  54. hahaha....masnya kok lucu tho...

    ReplyDelete
  55. thanks banget atas infonya, begitu bermanfaat buatku

    ReplyDelete
  56. miftahudin El-mughniApril 7, 2010 at 4:16 AM

    matur nuwun mas...
    pokoknya top lah infonya...

    ReplyDelete
  57. mantafffff....hebat betul mas neh..salut lah aku...

    ReplyDelete
  58. Trimakasih infony bro ini bukan benalu loh. Kenyataanny sy emank mw bilang makasih atas infony, makasih atas saranny, makasih atas penjabaranny, dn makasih2 yg laen krn dah ngasih pemahaman. Slm kenal :D

    ReplyDelete
  59. Oke deh.... aku coba...trims ya...

    ReplyDelete
  60. betul sekali bung elvin...segala sesuatunya memang tidak ada yang instan..ane aja empot-empotan buat naikin traffic...hehehehe...

    salam kenal bung...ini kunjungan pertamax ane...
    haris-jogja

    ReplyDelete
  61. Infonya keren bgt mas...
    Palagi bwt sya yg masih "merangkak" dalam hal blog. Coz usia blog saya baru seumur jagung... Visit my blog n kasih masukan ya mas.... ditunggu lho...

    ReplyDelete
  62. wah terima kasih banget nih atas informasinya.........
    tolong ajari saya tentang blog karena sekarang alamat website saya isinya masih kurang maksimal dan belum terlalu fokus pada sesuatupun kalau menurut kita apa saranta tentang isi blog yang akan saya posting.
    makasih kak

    ReplyDelete
  63. keren banget, makasih banget ya infonya, ini berguna banget buat saya yang masih awam di dunia beginian. Kalo ada waktu main juga ke web saya ya,
    info bisnis online: www.simpanandollar.co.cc
    makasih

    ReplyDelete
  64. hehehe, mana mungkin dapat ribuan pengunjung dalam lima menit. kalau mau, sebar iklan di seluruh stasiun TV di bumi inilah. :__
    Nice Post :)

    ReplyDelete
  65. sekarang mendapat pencerahan yang maksimal, tapi masih ada info yang lebih menarik kah gan?
    ooo ya tolong kunjungi web ku ya temen2 biar sekalian mempraktekkan ilmu nya si agan hehehee ....

    ReplyDelete
  66. wah ini informasi yg saya cari-cari, penyadaran atas pemikiran saya tentang blog selama ini. :)
    salam kenal bro n sist.....
    sutan malakewi yg lg belajar ngeblog

    ReplyDelete
  67. mudah-mudahan 3 bulan lg blog saya mulai banyak yang mengunjungi, amin. Sejauh ini yang belum dilakukan adalah link echange.. Ada yg mau tukeran link? thanks.

    ReplyDelete
  68. Makasi banyak infonya ni... sangat membantu bagi saya yang buta internet

    ReplyDelete
  69. stuju. sy jg sedang belajar. do visit my 'just born' blog yaaaa....

    ReplyDelete
  70. setuju gan, tidak ada yang instan, kecuali mie instan

    ReplyDelete
  71. Pantesan blogku sepi pengunjung....
    Ternyata saya sendiri gk sadar klo isinya tuh cuma, tulisan pribadi ckckckck....
    terlalu pribadi dan tak ada nilai manfaat bagi yang laen....

    ReplyDelete
  72. sepi ....
    kaya jualan ga ada pembelinya ...

    kacaaannngggggggg..... . . . . .. . ...

    ReplyDelete
  73. baguss nih perlu di coba makasih ya mas !

    ReplyDelete
  74. Nice info gann, ane jga bru mulai nech. ?(??`)? semangaaaaat...

    ReplyDelete
  75. nice inpo gan
    ehh
    pada mampir dunk di blog aye
    duniarick.blogspot.com

    ReplyDelete
  76. bewhh ..
    ttd'x syy sudhh putss asa mw udhhan jja ng blog ..
    tp setelhah bca artikel nii syy jjd termotivasi dan bersmngat llagi ..
    thx yah masss ....
    TOP BANGET DAHH ..

    ReplyDelete
  77. thanks for those suggestions .. bleh tny? bgaimna cara mengganti email y?

    ReplyDelete
  78. mumet bro, blog ane pengunjungnya cuma seiprit. Ntar ane praktekin dulu aje

    ReplyDelete
  79. Wah, nasehatnya sangat hot" banget dah""....kunjungi aku yah

    ( http://yangmaugratisan.blogspot.com/ )

    ReplyDelete
  80. waduh................jadi kepengen juga nih bikin blog, kabita kalo kata urang sunda mah. mudah2an blognya bs jd besar kek punyanya si mas, blognya mas elvin maksudnya....hehehehehe (jangan ngeres yaaaa). thanks ya mas atas tipsnya

    ReplyDelete
  81. Terima kasih infonya Om. Mudah-mudahan bisa menambah pengunjung ke blog saya. Tapi maaf, blog saya masih seumur jagung. Belum banyak konten yang saya tulis. Kalau sekedar silaturahmi, saya welcome sekali. Oh, ya kunjungi blogku di http://belajar-berwiraswasta.blogspot.com , cari info yang Anda butuhkan dan jangan lupa sumbang sarannya. Ma' kacih...

    ReplyDelete
  82. salam kenal bung elvin, trima kasih atas tips n triknya. saya akan mencobanya :D
    Ditunggu kedatangannya di blog saya. Smoga suksess slalu.

    ReplyDelete
  83. trims info nya sob, sangat membantu sekali.....

    ReplyDelete
  84. Makasih mas infonya, tambah lagi ilmu SEO neh.....

    ReplyDelete
  85. ikutan join dan bantuannya ya...........

    ReplyDelete
  86. Hi kita ketemu lagi. URL itu apa sih. Gimana sih kok bisa dapat uang dari tulisan yang kamu bikin? Aq belum bisa bayangkan hal itu. Apa produk kmu? Ya ada baiknya aq cari teman-teman lama.......Pekerjaanku agen koran kira-kira apa ya yang bisa kujual..............soalnya usahaku termasuk mikro atau kecil dan lokal banget. Tapi aq bisa berbagi pengalaman dalam manajemen usaha kecil, bagaimana berwirakoperasi, semangat usaha, membuat peta suksesi, arti kerjasama, cara-cara menjaring pekanggan. Atau ada yang mau kuajak bergabung dalam usaha bersama? Itu perkenalanku

    ReplyDelete
  87. terimakasih kawan, pemasukan yang menunjang untuk newbie kaya ane..

    ReplyDelete
  88. wah keren2 infonya ..
    pantesan pengunjungnya banyak nih

    ReplyDelete
  89. Terimakasih atas info yang "bergizi" buat new blogger seperti saya.
    salam kenal.

    ReplyDelete
  90. Tips nya mantab mas.. Bhasa pnyampaianya gokil bnget..

    ReplyDelete
  91. duatuju......(itu lebih banyak dari setuju)...emang ada yang instan di dunia ini?...kecuali mie instan kaleee...

    ReplyDelete
  92. Terimakasih infonya mas elvin..,saya masih baru didunia blog ini jadi mohon bimbingannya...kebetulan saya alumni fk unhas jg angk.2001...sy bangga banyak senior saya yang menjadi master di dunia blog..

    ReplyDelete
  93. saya pengen belajar lebih banyak mohon bantuannya

    ReplyDelete
  94. membaca artikel anda membuat saya kepingkal-pingkal. anda piawai merangkai kata yang ringan namun berbobot. seneng deh mbaca blog ini. dijamin datang dan datang lagi asal gaya bahasanya dipertahankan

    ReplyDelete
  95. judul bagus , actionnya yg engga mudah......hahahaaaa, happy blogging ..... lannjuut

    ReplyDelete
  96. makasii Mas Elvin .. saya masih sangat newbie di bidang Blog, tapi sangat punya minat besar buat share banyak hal .. tentu saja percuma share tanpa ada yang melihat .. hampir putus asa sihh :'(
    tapi karena artikel ini saya jadi semangat lagi ..
    nggak akan nyerah buat nulis dan berbagi !!!!!!!! ^o^

    ReplyDelete
  97. Blog ini sudah lama saya bookmarks, tapi baru hari ini saya beri komentar. Postingan Mas begitu banyak mengilhami coretan-coretanku.. (berarti ga nulis donk :-) ) . Sebagai beginner saya doyan sekali membookmarks blog2 keren. Sampai saya sadar bahwa blog ini lah yang paling keren. Saya berusaha mempraktekan apa yang Mas Sarankan yah. walau hanya baru se per sekian %. Tapi setidaknya Mas dapat menilai berapa persenkah ilmu yang mas ajarkan itu saya praktekan, tentu dengan cara mengunjungi blog saya dan menganalisanya. Setidaknya Google Analytics ku menunjukkan, setelah mempraktekan ilmu ini PENGUNJUNG MULAI BERDATANGAN DAN ITU TERBUKTI ! TERIMAKSIH.

    ReplyDelete
  98. masukannya keren! saya masih umur 11 tahun tetapi saya tidak menyangka 1000+ orang yang sudah pernah mengunjungi blog saya! Terima kasih
    ngomong" nulisnya pake lawakan...
    :)

    ReplyDelete
  99. Saya baru ngeblog 2 bulanan terakhir... temanya "design Grafis"...sekarang ini saya memang lagi butuh traffic buat blog saya. Niatan pertama bikin blog.. adalah sarana belajar dan berbagi buat saya... Salam kenal idenya bagus mas

    ReplyDelete
  100. makasih infonya master
    aku dulu memang sempat cuma copas milik orang lain, tapi setelah bc artikel ini, akan saya usahakan menulis sendiri...

    ReplyDelete
  101. @denadnan: mantep dah. Selamat menulis!

    ReplyDelete
  102. tehnik SEO elvinmiradi.net dunk di bahas hehe..

    ReplyDelete
  103. boleh boleh bro Elvin..... bisa juga untuk kita praktikkan... makasih banyak dan salam kenal!

    ReplyDelete
  104. sangat informatif, gayua bahasa yang menarik
    salam kenal ya

    ReplyDelete
  105. Tip-tipnya bagus gan,,, trus lebih detailnya gimana untuk optimasi SEO??? thanks. Mohon bimbinganya.

    ReplyDelete
  106. hallo mas .... saya blogger pemula....bisa ga beberapa tips blogernya di tulis agak sederhana....seperti kejadian kemarin....saya cari kesana kemari ccuma untuk pasang translate tools pe 3 jam ga ketemu-ketemu....eh malah ketemunya di blogger pemula juga yang tulisannya gampang banget.....jadi kalo bisa nulis tipsnya sisederhanakan ya broda alvin....oh aku link blog kamu ya

    ReplyDelete
  107. Aduh masih bingung nih cara buat blog gimana?

    ReplyDelete
  108. ok kang Elvin.....kreativitas n g gampang nyerah harus dipertahankan

    ReplyDelete
  109. @Abdullah: cara buat blog gampang kok. Tinggal daftar di wordpress.com atau blogspot.com, ikutin aja petunjuknya, kalo ada yang kurang dimengerti bisa browsing aja.

    ReplyDelete
  110. @awaxbadan: setuju, mas! Makasih udah mampir ke blog saya. Salam kenal ya...

    ReplyDelete
  111. makasih mas,, mampir juga k blog ardie ya

    ReplyDelete
  112. Jadinya 5 langkah ya bukan 5 menit untuk mendatangkan ribuan trafik. Tks bang, saya baca, saya lakukan dan saya bagikan di doddid.com

    ReplyDelete
  113. manstrab..!! bingung mau coment apa...acung jempol aja deh buat bung alvin.

    ReplyDelete
  114. Terima kasih tipsnya buat bang epink yang baik hati , insyaallah langsung dipraktekin deh bang..^^
    Saya musti banyak belajar nih sama abang....hehehe

    Salam
    www.agussalimsantoso.multiply.com
    www.gissakreasindo.blogspot.com

    ReplyDelete
  115. Sipp pak guru, ini baru artikel yang menarik dan enak untuk dibaca

    ReplyDelete
  116. Makasih kanda atas saran n informasix btw gmna kbrny nich kanda???

    ReplyDelete
  117. kanda sy lg cari tupoksi komite sekolah kok gk ad sy dpt??? di blogx kak once ad p ribet skali ud dibuka berulang2 blum ad artikelx muncul

    ReplyDelete
  118. @Made Yudi: mantep dah. Kebetulan temanya juga menarik dan enak untuk ditulis sih.. :)

    ReplyDelete
  119. @Bom-Bom: makasih kembali... alhamdulillah sekarang baik-baik, sehat semua sekeluarga. Thanks ya.

    ReplyDelete
  120. @Bom-bom: di blog saya terpasang aplikasi search engine Bing untuk membantu pembaca blog saya mendapat informasi yang sesuai. Kalo tidak membaca baik-baik, cuma klik sana klik sini, ya nda dapat dong infonya. Semua informasi dari Bing ada kok link menuju ke situs sumbernya. Oke?

    ReplyDelete
  121. ahahhahahahahaa........
    Kenapa setiap kali saya membaca Artikel anda, saya mesti "Tersiksa" dengan ngakak seorang diri seperti ini????
    huahahahahahha...

    Asal dirimu tau,bahwa diriku baru hari ini "pretelin" Blog dirimu, Kenapa???
    Karna sarat Informasi dan Penuh dengan Candaan.

    Lama2,ane bisa ketularan "Gila" sampeyan neh!!!

    tapi ane zuzur,ente punya bahasa emang "GILA"

    ReplyDelete
  122. saya pengen banget nih biar dpt bnyak pengunjung. .
    tpi gitu dah. . .
    karena urusan sekolah banyak, jadi gak begitu dapat urus blog sya. .
    :(

    ReplyDelete
  123. @Deddy: makasih mas Deddy, senang sekali bisa bikin Mas ngakak.. Ngakak itu bagus untuk melatih rahang Mas Deddy sebelum naik ring lawan Crisjohn! hehehe

    ReplyDelete
  124. Terimasaih semua masukan nya, betul - betul dapat dimengerti.
    sekali lagi trims.

    ReplyDelete
  125. Sy kira tommi lima menit betulan deh kak... Cini' sai dulu pale blog ku kak Eppink... Hehehehe...

    ReplyDelete
  126. sungguh suatu pelajaran yang menarik.... khususnya bagi penulis pemula seperti saya... salam kenal mas...

    ReplyDelete
  127. Info yang sangat membantu.. Terima kasih banyak Mas Elvin! Salam buat teman-teman di Makassar!

    ReplyDelete
  128. Waaaaa.. Mas Elvin, berguna sekali tips dari mas Elvin ini, terima kasih, yaaa..=) Saya memang sudah mulai mencoba menulis-nulis di blog sejak Lebaran tahun ini, saya pake Wordpress, namun persis seperti yang mas Elvin bilang, saya memang menulis buat diri saya sendiri. Karena awalnya saya memang hanya ingin mencari wadah dimana saya bisa meluapkan segala rasa dan pikiran di forum publik, tanpa harus dikenal oleh publik..hehehehee.. Saya kira selama ini orang nge-blog ya hanya untuk itu semata, buat narsis!

    Ternyata, hari ini saya baru tau bahwa nge-blog bisa digunakan untuk mencari pendapatan tambahan (Alhamdulillah). Masalah awal saya palingan jika saya ingin mencoba menjajal profesi blogger dengan serius adalah, mencari suatu passion atau minat atau ketertarikan yang bisa digunakan sebagai bahan nge-blog secara konsisten. Saya memiliki beberapa ketertarikan dalam berbagai hal, namun saya rasa saya memiliki kendala dalam mengartikulasikan ketertarikan-ketertarikan saya itu dalam bahasa yang menarik untuk dicerna oleh pengunjung blog.

    Kira-kira Mas Elvin dapat memberikan saran mengenai ini gak? =)

    ReplyDelete
  129. baru tadi siang saya stres gara masalah pengunjung blog,
    sore.ny dpt artike yang menyelamatakan, :)
    thx,

    ReplyDelete
  130. betul sekali tuh Bos, emang harus update website......tapi sy bingung nih pingin bisa tampilin posting artikel-artikel yg bisa menjadikan pengunjung betah singgah di webs sy. sudilah kiranya Bos bisa bantuin kasih tahu/contoh/kode-kode embednya buat website sy, karena kebanyakan di inet informasikan hal-hal tuk copas di blogspot padahal blogspot sama website beda cara pengeditannya.mohon di informasikan diwebs sy ya Bos. trim's sebelumnya. Salam Sukses Selalu (3S).

    ReplyDelete
  131. apa yang bung katakan itu memang benar. memberi dulu kebutuhan pengunjung blog, niscaya blog kita ramai......keren bung

    ReplyDelete
  132. salam mas elvin..

    mau lngsung mempraktekkan point no 4 diatas..

    http://www.nanodigitech.com/

    makasih..salam kangen band...

    ReplyDelete
  133. saya setuju banget sama pendapat mas elvin, tidak ada yang instan di dunia ini, karena semua ini butuh perjuangan

    ReplyDelete
  134. @Uwapik: Setuju mas.. Kayaknya segala sesuatu apapun itu yah berlaku hukum itu.. Proses adalah yang paling penting.. Salam kenal mas Uwapik

    ReplyDelete
  135. m'kasih. atas infonya' saranya sangat bermanfaat. nih ?/

    ReplyDelete
  136. Mas, saya juga mau punya blog kayak mas, tapi gak tau caranya malah jadi iri dan dengki.. hehehe.. Kasian deh gue! Hahahahahahaa

    ReplyDelete
  137. wuaaaaaahhhh pikiranku jd kebuka bgt. banyak para bloger yg pny pemikiran aneh spt diatas (termasuk saya)....
    ternyata tdk mudah utuk mjd seorang bloger.
    makasih banyak om dah memberi masukan yang bener2 bermanfaat bwt saya....

    ReplyDelete
  138. biarin dibilang benalu, tapi info kamu emang membantuq kog he...........

    ReplyDelete
  139. Wah suatu pencerahan yang positif nih mas
    saya lagi merintis bisnis online yang masih baru
    sebelumnya saya mempunyai blog yg hanya iseng2 menampilkan produksi rumahan tp cukup lumayan dalam 3 thn ini ratingnya tinggi dan banyak pemesanan datang.
    hanya skr kebingungan setelah membuat lg web saya ga tau harus menulis apa supaya bisa mendatangkan ribuan pengunjung seperti kata mas elvin itu memang harus membuat suatu ciri khas hanya saya ga bisa dan ga pandai menulis

    ReplyDelete
  140. thanks mas... infonya,,, langsung ngebut nich ....heheheh

    ReplyDelete
  141. trimakasih bung atas saran dan pemberitahuan nya, semoga bisa berguna bagi kita semua

    ReplyDelete
  142. Memang Benar jika blog ingin ramai pengunjung harus tulisan yang banyak dicari orang dan memberikan solusi, dan itu menjadi permasalahan bagi pemula seperti saya ini yang nulis saja masih belepotan.
    Terma kasih atas informasinya
    sukses selalu

    ReplyDelete
  143. ya ya ya... ngangguk2...
    akan saya coba terapkan gan...!
    *bukannya benalu lho*... tapi emang bener2 nice inpo...!!! :)

    ReplyDelete
  144. mantab kaaang.. Tipsnya ringan banget, tapi bahasannya mendalam
    Hhee :D

    ReplyDelete
  145. mas Elvin, makasih atas infonya
    saya juga lagi blajar blogging mas,

    mohon bantuannya ya...

    ini blog saya

    www.datachem.blogspot.com

    thnx ya mas

    n 1 lg
    mohon di link back ya...
    hhe

    ReplyDelete
  146. tips yang bermanfaat mas elvin... bagus sekali

    ReplyDelete
  147. He...he...
    Mantab tulisannya sangat memikat dan lucu

    ReplyDelete
  148. aku tertarik dengan kolornya tadi itu lho, haha.. bikin ngakak

    ReplyDelete
  149. thx infony gan...
    oya, bantu2 dong..
    gmn caranya GA bs di postingan indo...
    siip...!!!

    ReplyDelete
  150. salam....
    maaf kang, saya mungkin adalah orang yang seperti akang bilang sebagai blogger pemula yang hancur sebelum berkembang
    he..he..he.h..e.he..he.
    yang saya tidak mengerti bagaimana cara kerjanya?
    maksud saya, dimana keuntungan yang kita dapat ketika blog kita dikunjungi?
    tolong jelasin donk "my master"
    wassalam

    ReplyDelete
  151. Lucu,lucuuuuu,kusuka gaya bahasamu yang nyantai dengan sedikit ngalor ngidul tapi tetap konsisten pada maksud dan tujuan yang ingin kamu sampaikan.
    Sangat bermanfaat dan informatif,trus anjuran kamu untuk tidak pelit berbagi ilmu,kujuga suka, pokoknya kamu top deh,kukan sering2 berkunjung ke blogmu kalau lagi kebetulan lewat hehe...

    btw.aku terpaksa nih ngikutin anjuranmu,numpang lewat sambil nitipin barang ya.

    http://myland59.blogspot.com/

    ReplyDelete
  152. makasih infonya.... langsung ngacir... tulis artikel....
    jangan lupa kunjungi my blog yaaaa !!!

    http://agrobisnis.blog.com

    thx

    ReplyDelete
  153. Tabea... Cara mudah dan sangat bermanfaat. Trims infonya,-

    ReplyDelete
  154. selain itu daftarkan blog anda ke search engine dan daftarkan juga artikel anda ke penyedia submit artikel gratis...semangat blogger

    ReplyDelete
  155. he... luar biasa tulisannya. Bahasanya lugas, tegas dan sedikit konyol membuat saya betah membacanya sampai tuntas. layak banget kalau alexa rank nya 16.678. Berpacaran dengan mesin pencari itulah hakikat dari seorang blogger, agar blog kita gampang nongol di halaman depan rumah mbah google dan konco konconya. Nitip alamat kost kost an http://www.mediakita.org (bukan promosi, cuman ngikutin saran aja he...) thank's

    ReplyDelete
  156. tips hebat, memang kita harus lebih banyak memberi daripada mengharapkan diberi. dengan topik tips ini sekaligus praktik terapan tips yg pak elvin beri.pasti banyak yg baca tip ini blognya juga ramai.tq

    ReplyDelete
  157. makasi ya, bagus banget aku jadi terinsipasi ni
    tks mas

    ReplyDelete
  158. Yup, kesalahan saya adalah blog hanya utk saya dan kerabat saja. tapi ada trik yg lain, melainkan sering2 koment di blog tetangga.

    ReplyDelete
  159. Infonya bagus bro... thanks banget dah nemuin artikel ini
    salam kenal

    ReplyDelete
  160. pusing juga nulis artikel yang bagus. tapi tetap mencoba.

    ReplyDelete
  161. Salam kenal, Mas Elvin ...

    Saya sudah 3 tahun ngeblog, dan menemukan kenikmatan yang luar biasa di dunia ini (halah!). Dulu rajin posting, tapi sekarang karena kesibukan, cuma bisa seminggu sekali. Pengunjung blog saya biasa saja, sekitar 700 hits per hari, sekarang totalnya baru 430.000-an.

    Terimakasih infonya untuk memperbanyak jumlah pengunjung blog. Sebagian sudah saya lakukan, ada juga yang belum.

    salam sukses ... :)

    ReplyDelete
  162. Yuk,..kunjungi blog ku juga,.hehehehe

    ReplyDelete
  163. hwakakakakakkakakakkakakaka... (LOL) (lmao)

    Sumpah ka Puang !!!! Artikel ta, lucu skali pet... sampe sakit perutku ketawa... pantas web ta ini traffic nya kencang... (angin kappang).. hahahahah

    Tapi, lain dari itu... memang !!! qta punya blog SANGAT BERMANFAAT!!! thanks Kakanda Blogger... Minta kodong Link Blog ta ...

    ReplyDelete
  164. saya ug baru belajar ngeblog ni... kunjungi situs saya ya :D

    ReplyDelete
  165. sebuh pencerahan yg menyenangkan...coba ahh...kamsia bos ilmunya...!!

    ReplyDelete
  166. Mantab Boss artikelnya, Langsung tancap....

    ReplyDelete
  167. Betul gan, intinya rajin2 update konten, jangan lupa pinter2 cari keyword, gunakan seo tool kalo perlu

    ReplyDelete
  168. tks tipsnya mudah2an 3 bulan kedepan blog saya dikunjungi ratusan ribu pembaca.

    ReplyDelete
  169. Waaah...
    Mantebft kuwi Mas ELvin...
    Aku sangat berminat itu....
    Tolong klo ada berita menarik & bagus kabari aku ya...
    Hehehhe...
    Salam Sukses...

    ReplyDelete
  170. mantap bner brow tipsnya......

    ReplyDelete
  171. wa.ka.ka.k maap sbelumnya mas.ndak kuat nahan tawa yg kpingkal2 ni baca tulisannya.lucu n bikin fress smua persendian n urat saraf ane..tapi berbobot.mksh infoy ya ?eith tunggu dulu.jngan di tafsiri benalu y komenku ini..he..he

    ReplyDelete
  172. makasih yiaa tips2 nya keren
    aku bookmark gan site kamu :)

    ReplyDelete
  173. betul...betul...betul...semua tidak ada yg instan kan pak..butuh pengorbanan,thx infonya

    ReplyDelete
  174. ni dia ni orang yang pas buat nambah ilmu...kalimatnya ngk membosankan jarang saya temui orang seperti ini...langka...

    ReplyDelete
  175. Thanks infonya bro, sangat bermanfaat sekali!

    ReplyDelete
  176. hehehehe....hebat banget...
    thenks ats infonya...
    klw diizinkan untuk nambahin tipsnya, aku punya 1 tips lagi...
    yaitu membuat judul posting yang menarik perhatian....
    buktinya, aku aja udh smp ketipu sama judul posting yg ini...
    tp gk apa2...soalnya infonya bermanfaat bangt...

    ReplyDelete
  177. wkwkwkwk......
    lucu postingannya......
    *mas mending jadi pelawak aja..
    kaya Sule.....
    biar lebih terkenal........
    wkawkakwakakwkawkkkkkkk

    ReplyDelete
  178. Artikelnya bagus, tapi 1 yang sy mau tau,
    gimanasih caranya biar blog bisa memunculkan pencarian seperti blog mas ini.

    tadinya sy cari kata iho hydrogravi eh muncul blog ini, padahal dlm blog ini kan tidak ada artikel tentang itu.
    tolong infonya ya (berbagi sedikit tips and triknya) :)

    ReplyDelete
  179. Mantap gan,mudh2n blogq rame di kunjungi oleh khalayak ramai....amin.

    ReplyDelete