Lagu SBY Dijadikan Soal Dalam Ujian CPNS

Saya tidak tau harus bilang apa. Ini cuma satu dari sekian juta keanehan di negeri ini. Negeri dimana presidennya menciptakan lagu dan judul lagu itu ditanyakan dalam ujian CPNS. Jadi istilah kasarnya: kalo mau jadi PNS, kamu harus tau judul lagu ciptaan SBY!


Bunyi soalnya seperti ini: "Mana lagu di bawah ini yang merupakan salah satu lagu dalam album ketiga Presiden SBY?"


Pertanyaan itu adanya di lembar soal berkode 11-01, di grup B. Letaknya antara nomer soal 30 sampai 40.


Saya tidak yakin pembuatan soal tentang judul lagu SBY ini berdasarkan perintah langsung SBY,  soalnya SBY akhir-akhir ini super sibuk mengurus bangsa yang banyak kena bencana. Apalagi wakil presiden Boediono semakin ora ono alias nda pernah nongol lagi, maka SBY pun menjadi single parent mengurusi anak-anak bangsa yang jumlahnya seabrek.


Dan ternyata saya benar, pihak istana saja ikut menyayangkan kejadian ini. SBY tidak tau menahu tentang soal CPNS yang melibatkan salah satu judul lagu di album ketiganya.


Perlu dilacak, siapa lagi nih yang berusaha cari muka bin menjilat?

Share:

8 komentar

  1. Wah saya sih nda heran.. Di dunia kePNSan, jilat-menjilat memang sudah jadi kebutuhan primer kayaknya.

    ReplyDelete
  2. memang tidak masuk akal kalau ada soal seperti itu.. mungkin yang membuat/memasukkan soal seperti itu adalah oknum yang ingin cari muka (mukanya hilang), haha

    ReplyDelete
  3. @Ucok: Khusus yang suka menjilat PNS-nya menjadi Penjilat Negeri Sipil. Hehehe...

    ReplyDelete
  4. @imadewira: Artinya yang bikin soal ujian CPNS kemarin itu si Mas Hantu Jeruk Purut ya? Kepalanya nda ada!

    ReplyDelete
  5. Kacau panitianya. Sy juga kaget. Apakah standardisasi penyebutan "pengetahuan umum" saat ini sudah sedemikian komplek. Apakah jika sy tanya siapa nama ketua RT di kampung sy lantas pembuat soal itu dengan tangkas menjawab benar. Ini adalah suatu momentum penting menjaring SDM berkualitas. Namun, nampaknya kualitas kelembagaan perlu terlebih dahulu direformasi.

    ReplyDelete
  6. @febriosw: Kacau, Mas. Yang kayak gini mestinya tidak perlu terjadi. Ini benar-benar fenomena di luar nalar yang sehat. Saya percaya mental 'penjilat' sudah sedemikian kronisnya di beberapa departemen.

    ReplyDelete
  7. Apa Engga' Ada Yang lebih Penting dari itu yah?? Judulnya aja belon tau boro-boro isinya.
    Lalu sapa yang menjilat sapa yamg dijilat neh???

    ReplyDelete
  8. @Asna: hehehe.. Saya nda tau siapa yang menjilat tapi yang dijilat pastilah pak SBY. Mungkin pembuat soalnya pengen cepat jadi menteri. Tapi ini benar-benar manuver politik paling konyol yang pernah saya liat.

    ReplyDelete