"Kenapa Mesti Pake Wordpress?"

Bagi yang sudah membaca artikel saya Ayo Bikin Blog di Wordpress.com mungkin akan bertanya-tanya dengan ekspresi gundah gulana, "Kenapa mesti pake wordpress?". Ini adalah pertanyaan yang sama dengan yang saya lontarkan pada guru saya Once Jevuska ketika saya pertama kali diperkenalkan dengan CMS (Content Management System) bernama wordpress itu.


Seringkali orang melihat sebuah blog/situs dari penampakan luarnya saja : template-nya keren, widget-nya oke, warna-warninya mantap, dan sebagainya, padahal tujuan dari sebuah blog adalah supaya blog kita dikunjungi dan dibaca orang. Bagaimana orang-orang bisa menemukan blog kita? Salah satu cara mereka menemukan blog kita adalah lewat mesin pencari. Artinya, kalo blog kita artikelnya banyak yang terindeks oleh mesin pencari maka kemungkinan besar blog kita akan ramai dikunjungi orang.


Nah itulah yang ditawarkan oleh wordpress. Secara simpelnya bisa kita sebut : Wordpress membuat blog kita lebih cepat diindeks oleh mesin pencari!


Kenapa bisa begitu? Apakah Wordpress menggunakan semacam minyak tradisional yang kalo dioleskan ke mesin pencari bisa membuat mesin pencari langsung menuruti perintah si Wordpress?


Hampir seperti itu! Walaupun Wordpress tidak pake minyak-minyakan untuk mempengaruhi mesin pencari, tapi Wordpress pake beberapa fasilitas di antaranya :


- Versi Terbaru Wordpress Dirilis Secara Kontinyu


Wordpress memiliki versi-versi, perumpamaannya sama dengan hape : ada Nokia E71 disusul kemudian Nokia E72 dan akhirnya Nokia Eee..nda mampu beli lagi..


Sekarang versi wordpress yang terbaru adalah Wordpress 2.9.1 dan saya pikir nda lama lagi akan segera keluar versi barunya. Upgrade versi tidaklah berbayar. Wordpress tidak pernah memungut bayaran bahkan untuk upgrading versi  Wordpress terbaru yang notabene proses ini sangat berguna untuk meningkatkan performa blog kita. Jadi tolong cuekin saja kalo besok ada orang datang ke rumah  minta duit sambil ngaku-ngaku sebagai pegawai Wordpress bagian Penagihan Pembayaran Upgrading!


- Automatic Update Service


Kalo kamu menulis artikel di blog berbasis Wordpress, kamu bakal sangat dimudahkan dengan fasilitas yang satu ini. Automatic Update Service adalah fasilitas dimana setiap kali kamu membuat postingan maka Wordpress secara otomatis akan melakukan "PING" ke sejumlah situs-situs penyedia layanan update service.


Ilustrasi simpelnya kayak gini. Kamu menulis artikelnya dan si Wordpress akan berteriak-teriak mengumumkan pada dunia bahwa kamu baru saja menulis artikel itu. Dan semuanya dilakukan si Wordpress dengan penuh nuansa keikhlasan tanpa perlu menunggu perintah kamu! Otomatis, bo'!


Hai Kawan, sesunggunya tanpa Wordpress kamu butuh waktu yang relatif lebih lama untuk menempati posisi yang bagus untuk target keyword yang kamu incar. Jadi kesimpulannya, Wordpress sangat baik dalam hal SEO (Search Engine Optimization).


Bingung? Kalo bingung, sebaiknya kamu tidur saja. Kayaknya kamu sudah terlalu lelah, kamu butuh istrahat. Jangan lupa cuci kaki dan berdoa ya.


- Kekuatan Sesuatu Bernama : Plugins


Wordpress punya segudang plugin yang bisa kamu pake secara gratis yang terus diupdate secara berkala.


Apa itu plugin? Pertanyaan yang bagus, walaupun sangat terduga.


Plugin adalah semacam aplikasi yang bisa diinstal untuk tujuan-tujuan spesifik. Misalnya ada plugin yang kalo diinstal di blog kita maka blog kita akan jadi lebih cepat loading-nya. Ada plugin yang fungsinya untuk membantu blog kita diindeks lebih cepat oleh mesin pencari. Dan plugin-plugin lainnya.


Plugin ini adalah hal yang paling menarik dari Wordpress menurut saya. Plugin bisa sangat membantu performa sebuah blog. Plugin bahkan bisa menyulap blog biasa menjadi persis sebuah situs toko online!


Insya Allah nanti saya akan menulis lebih jauh tentang plugin-plugin wordpress yang sering saya pake dan sudah terbukti kehandalannya. Pasti akan menarik sekali.


Masih ada beberapa keunggulan wordpress yang lainnnya yang lebih teknis dan spesifik. Saya rasa cukup tiga hal di atas saja sudah super duper mantap untuk mendongkrak kinerja blog kita.


Udahlah, pake Wordpress sajalah!

Share:

67 komentar

  1. Mantap skali bro, niat ngeblog sy yg pudar karna kesulitan mengaktifkan akun paypal 1 tahun lalu jd terpancar lg sinarnya. Smoga langkah kecil hari ini akan menjadi sebuah loncatan besar keesokan harinya menuju kesuksesan sbg bloger pro mengalahkan bloger ternama sepanjang masa, pete sampras dan giuseppe signori. Btw mohon pencerahannya brow!

    ReplyDelete
  2. Udah bro... diriku udah punya wordpress..
    Tapi tetep aja msh bego tuh makenya..
    (lha...bego kok bangga..hehehe...)
    Yo wis, tak tunggu liputan selanjutnya ttg wordpress..

    ReplyDelete
  3. bos misal saya pny blog di blogger trus pakai custom domain domain com, dan mau migrasi ke wordpress apa bisa bos?,,trus apa ada kendala nantinya di google index nya,,,thanks bos,,,

    ReplyDelete
  4. Bang mhon pncerhannya Q pux blog,tpi Q masih malu/blum siap nyebarinx untk d bca saat2 in,cma tman2 dkat sya yg Q infkn mngnai alamtx,alasanQ krn isix mnurutku msh membsankan,ya...Krang lbh sperti yg Abang singgung tentang artkel brtemakan kolor d artikel Abang yg mengembngkn minat pngunjung k blog kta dlam wkt 5 m..
    So..
    Tlong motivasinya lg y Bang..
    Thanks..

    ReplyDelete
  5. themes dan plugins. itu kekayaan wordpress.

    ReplyDelete
  6. wah thanks infonya...saia juga lagi bingung milih ngeblog dmn,
    tapi setelah baca ini jadi mantap di wordpress..thanks

    ReplyDelete
  7. Wah baca blog ini jd ingin tidur neh, hoaaaaheeem....

    ReplyDelete
  8. ia bro dgn wordpress bisa cpat & theme bagus2 blognya simple lagi walaupun sy ngeblog masih baru. jk ada tip2 "ngeblok yg dahsyat di WP" dan teknis WP tolong kasih tahu ya bro. and ga lupa tks banget ya ........ Salam

    ReplyDelete
  9. Ya, saya setuju sama mas Elvin!
    Awalnya saya ragu untuk memakai WordPress ini. Tapi saya coba-coba untuk memakainya, dan ternyata hasilnya memang mengasikan!

    ReplyDelete
  10. Aku kepingin banget bikin blog pake wordpress. Utak-atiknya lebih mudahkah dibanding blogspot?
    Thanks for sharing yaa sob.

    ReplyDelete
  11. 3 atau 4 tahun yg lalu mungkin saya akan langsung meng-amini faktor2 yang Elvin ulas diatas, namun semakin saya mempelajari blog2x platform seperti WP, Blogspot contohnya, maka ulasan Elvin tidaklah sepenuhnya benar

    Wordpress membuat blog kita lebih cepat diindeks oleh mesin pencari!

    Blogspot juga, jika alasan memilih WP karena cepat terindeks, mungkin anda akan terheran2x jika melihat blog2 blogspot yg pernah saya lihat mempunyai pengunjung pengunjung hingga puluhan ribu setiap harinya, tanpa main curang seperti mencuri Feed lewat blog atau feed search engine (nyuri title dan deskripsi blo2x orang lain yg tampil di SE Yahoo atau Bing atau juga Google)

    Blogspot tidak perlu upgrade sama sekali dan hampir semua template kompatible jika di pasang di blogspot kita. Jika WP, terkadang theme bermasalah bisa mempengaruhi kinerja blog kita, belum lagi theme yg di susupi virus

    Mengenai Plugin, selain trafik dan space, masalah yang membuat blog kita kehabisan bandwidth dan (bisa jadi) di bann atau di suspen oleh pihak webhosting ialah Plugin, penulisan kode yg buruk pada plugin mempengaruhi kinerja database dengan besaran querry yg di hasilkannya, belum lagi sebagian plugin sering kali menciptkan table2x pada database kita yg juga berefek pada kinerja database, sehingga berakibat buruk bagi Shared Hosting di mana blog kita dan ratusan - mungkin ribuan blog lainnya di simpan

    Inti dari komentar saya ialah, jika tujuan ngeblog untuk trafik, make money dstnya, maka blog platform apapun tidak masalah (sejauh ini saya rekomendasikan WP dan Blogspot), blogspot mempunyai performa yg sama sekali tidak kalah dengan WP. Kelebihan WP hanyalah soal "Gengsi" dan lebih "independent' walaupun seringkali kita harus membayar mahal untuk itu

    SEO tidak terbelenggu dengan Wp atau Blogspot, yg penting keahlian si blogger yg menahkodainya: untuk nyari backlink membuat blognya bagus secara ON page, atau juga cara2x negatif seperti mencuri2x dan lain sebagainya

    ReplyDelete
  12. oh... pantesan banyak yang pake di WP sekarang ini.. Blog ku di blogspot semua.. :(

    Buat bikin di WP templatenya bagus gmn ya? Mau dong pindah ke wp

    ReplyDelete
  13. menarik mas, saya sampai saat ini masih hosting di blogspot. benar juga apa yang disampaikan mas abi. ada kekurangannya juga.

    ReplyDelete
  14. Memang wordpress lebih bertenaga untuk meningkatkan Alexa, tapi untuk PR Google dari pengalaman saya lebih cepat dengan Blogspot. Mungkin temen2 punya pengalaman yang lain. Lebih mantep kalau pake keduanya untuk saling support link. Yang saya suka dari wordpress adalah plugin yang banyak pilihan untuk kategori yang sama, sedikit berbeda dengan blogspot. Kalau saya salah, mohon maaf yah...

    ReplyDelete
  15. tapi apabila saya membandingkannya dengan blogspot, wordpress memiliki satu kelemahan besar, user interfacenya jauh lebih sulit dari user interface blogger

    ini satu kendala bagi blogger-blogger pemula seperti saya. Saya pernah buka account wordpress, namun langsung saya tinggalin, karena bingung cara edit edit tampilan dan segala macamnya, hal yang sama juga terjadi pada teman teman saya yang baru memulai blog.

    ReplyDelete
  16. bagaimana mas caranya membuat blog, muncul di search engine, tapi sebenernya artikelnya juga ga ada di blog ini? aku tadi nyasar kesini gara2 nuli kata kunci apaaa gitu. eeh, ternyata disini juga sedang mencari....
    bisa dijelasin mas? namanya blog apa yg kayak punya mas ini, juga cara bikinnya gimana.
    kalo ada waktu, mampir ke blog saya ya? salam kenal. :D

    ReplyDelete
  17. ship banget informasix mas, itu sangat bermanfaat bagi banyak orang...thanks

    ReplyDelete
  18. Saya masih pemula, jadi cuman pengin tanya: bagaimana kode etiknya saling jiplak isi blog sesama pebloger. Apakah ada aturan dan sanksinya?

    ReplyDelete
  19. Wah, boleh juga nih tulisannya.
    Boleh copas ngga...?

    salam

    ReplyDelete
  20. Wah, thema weblognya hampir sama seperti yg saya gunakan selama ini yach.... :D

    Salam kenal Mas.... :D

    ReplyDelete
  21. Bro Wordpress tu milik siapa ya? apa pemilik wordpress punya anak perempuan? kalo punya kenalin gue donk...! siapa tau tuh si anak naksir ma aku. Lumayan kan Bro....

    ReplyDelete
  22. Mantep, ijin link postinganmu ini ping yah ke postingan saya.

    ReplyDelete
  23. hehe, baru belajar ngeblog nih bro pake wordpress :D. Mohon petunjuknya ;D

    ReplyDelete
  24. kata org2 sih wordpress mmg OK, tapi kalo saya pecinta blog dummy seperti blogspot, mslahnya simpel sih.
    emang kalo wordpress lebih friendly yah? ayik nggak di pake kontes SEO?
    em...tapi beberapa kontes tdk ngijinin pake wordpress, gak tau dah klo wordpress.org...
    butuh masukan master..
    dukung juga yah, my blog ikut beberapa kontes

    ReplyDelete
  25. Joomla is my CMS ! Diobrak-abrik script-nya juga bisa...

    ReplyDelete
  26. sangat costumize dan flexible...

    ReplyDelete
  27. wordpress memang bikin ngeblog lebih hidup

    ReplyDelete
  28. Tips yang mantap ping, kali ini saya kembali untuk memperkenalkan blog saya www.adjeblog.com , salama' ki !

    ReplyDelete
  29. Saya kembali menawarkan kunjungan ke blog sy.. silahkan tag www.adjeblog.com ... Ok. Salama' ki

    ReplyDelete
  30. ia wordpress mantap memang, tapi lau buat blog untuk nyari duit gak bisa pake wordpress yang gratis, harus pake yang bayar.

    ReplyDelete
  31. Yup.. tidak stuJu kaLo dikatakan "Wordpress lebih baik SEO-nya dibanding CMS lain". Sebab dr apa yg saya baca semua jenis CMS, termasuk yg ada di layanan blog2 gratisan sekalipun-memiliki kemampuan SEO yg sama. yang membedakan yakni dari fleksibilitas serta kemudahan masing2 tuk menerapkan teknik2 SEO tersebut. Sisi ungguL wordpress => CMS yg mudah dikembangkan 'n dimodifikasi shingGa peneRapan SEO pun ndak suLit kanDa ^^" maap.. moHon diraLat kaLo ada salah2 kata ^^ heHehe

    ReplyDelete
  32. yang bagian ini "dan akhirnya Nokia Eee..nda mampu beli lagi.."
    Ngakak saya bacanya...
    Btw, saya masih agak kesulitan dan belum familiar dengan fitur yan ada di wordpress... tapi saya dah mulai buat satu pake domain & hosting gratisan malah "error" terus... Salahnya dimana Mas?

    ReplyDelete
  33. wordpress memang bikin ngeblog lebih hidup

    ReplyDelete
  34. wordpres agak susah dalam pengeditan html bos, ap karena aq sering pake blogspot y??he...salam kenal bos...

    ReplyDelete
  35. gw mau dong dikasih tips2 buat jadi kaya! biar kayak si-bos ! hehe...

    ReplyDelete
  36. Tergantung juga memang, saya pake wordpress dan juga blogspot, tapi blog utama saya blogspot, seonya luayan mudah pengunjungnya juga mencapai 7000/day, tapi memang wordpress lebih mudah dari aspek seo

    ReplyDelete
  37. Terima kasih untuk komentar teman2 semua. Untuk yang pro maupun kontra dengan tulisan saya ini saya cuma mau bilang bahwa tulisan ini cuma berdasarkan pengalaman saya yang minim. Terima kasih untuk yang telah menambahkan ilmu untuk saya dan teman-teman yang lain.

    Saya akan berusaha menjawab pertanyaan dari laptopbekas :
    @laptop bekas : itu tidak masalah. Di wordpress ada fasilitas import yang bisa kamu gunakan. Secara SEO (ini lagi2 menurut saya ya) tidak ada masalah. Malah lebih bagus. :)

    ReplyDelete
  38. awalnya saya pakai blogspot era 05 an, trus di tinggal karena gak tau makenya. trus buat lagi WP di 2010 ini. Tampilan simpel, awalnya enjoy saja, namun akhirnya kembali ke blogspot karena user interfacenya (akhirnya) saya anggap lebih mudah ketimbang WP. Namun, benar kata anda, saya tak perlu daftar sana sini tuk membuat google mudah mendapatkan WP saya di search engine nya. saya masih newbie, telat nge blog. mohon petunjuknya. lanjutgan!!

    ReplyDelete
  39. aku udah pake wordpress. makasih. senangnya...

    ReplyDelete
  40. memang banyak sekali alasan memilih wordpress, saya juga menggunakan wordpress, bahkan saya sangat jarang berkunjung ke blog yang menggunakan engine selain wordpress.

    ReplyDelete
  41. @imadewira: iya mas. Bahkan tulisan ini menuai pro dan kontra. Bukan tentang mana yang paling bagus sih, tapi tentang siapa yang terbiasa dengan yang mana. Setuju?

    ReplyDelete
  42. Gimana optimasi worpress biar maknyuss gan?

    ReplyDelete
  43. ck.....ck....ck, ternyata saya masih sangat-sangat jauh ketinggalan kereta informasi, bantuin donk senior

    ReplyDelete
  44. @Made Yudi: Silakan dibaca-baca dulu artikel saya yang lain supaya ada gambaran tentang blogging secara garis besar ya. Thanks udah berkunjung ke elvinmiradi.net. Salam kenal.

    ReplyDelete
  45. wah web blog saya make joomla nih on. .
    :D

    ReplyDelete
  46. @Widyana: nda apa-apa kok kalo pake Joomla asal bisa memaksimalkan feature-nya. Kelebihan Wordpress cuma lebih gampang dimengerti fungsi-fungsinya aja.

    ReplyDelete
  47. hehehe. .
    saya lebih hafal joomla mas, dari wp. .
    :D

    ReplyDelete
  48. @Widyana: Joomla juga oke kok. Intinya gimana kita memaksimalkan blogging software yang ada sesuai kebutuhan kita. Setuju? :)

    ReplyDelete
  49. Saya adalah orang yang gaptek. Tapi akhir2 ini punya keinginan kuat untuk tahu dunia maya. Pertanyaan besar saya adalah: Dapet uang dari hanya ngeblog?? Teknisnya bagaimana Mas Elvin? Kita kan tidak jual barang? Apa kita harus buka rekening? Mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  50. @Arie: wah, nda mudah menjelaskan 'hal esensial' spt ini hanya lewat kolom kecil komentar ini. Mungkin saya akan coba jawab lewat postingan saya selanjutnya. Stay tune aja, Mas Arie!

    ReplyDelete
  51. Saya juga WPmania mas, menurutku, mingsih ada 1 lagi nyang menjadi unggulan WP, iaitu bahawa WP itu ramah komeng. Terus terang saja, kalawo di BS saia benar-benar nggak bisa mbukak kolom "comment as"nya itu, nekjika templatenya sudah dimodif.

    ReplyDelete
  52. waaah.. Saya pake Blogspot mas,
    Belum ngerti WP.
    Ternyata diluar sana ada platform yg lebih hebaaatt

    ReplyDelete
  53. saya brusan belajar ngeblog mas, dan skarang baru ngerti masalah blogspot. kalau pake wordpress gratis jga ya mas??

    ReplyDelete
  54. halo mas,,, tidak sengaja saya terdaftar di sini, dan saya nampaknya jatuh cinta,, dengan cara menulis anda....serasa saya ngobrol langsung...hahhaha...salam kenal...:)

    ReplyDelete
  55. Sy pernah pakai Jomlaa, tp sekarang gak lagi krn tiap thn hrs bayar. Sekarang aktif di blogspot dan wordpress.
    Sy akan terus ikuti tulisan Mas Miradi ttg keunggulan WP. Salam.

    ReplyDelete
  56. Saya udah terbiasa paek blogsp....t,,,
    pas nyoba WP bingung mas....
    :'(

    ReplyDelete
  57. sy belum berhasil memasang plugging dblog sy.
    gmana caranya ya?

    ReplyDelete
  58. Mau gimana lagi? Wordpress is the best lha yaw

    ReplyDelete
  59. saya baru bljar bwt blog ni mas, susah, gak ada yg ngajarin, makasi infonya ya :)

    ReplyDelete
  60. Wordpress memang terbaik.

    Lebih mudah mendapatkan pengunjung, soalnya aku lumayan lelah di blogger,sekalipun skr udah mulai ada kemajuan dikit2.

    Tetap wordpress yang terbaik

    ReplyDelete
  61. Mas, tolong donk posting cara install wordpress dg domain co.cc, ari udah cari2 digogel gak da yg berhasil,,,
    trims mas :)

    ReplyDelete
  62. setelah saya pelajari dan saya buka postingan yang lalu2, banyak banget manfaatnya, mulai dari apa itu hosting?bagaman mendatangkan ribuan pengunjung keblog selama 5 menit, baru saya mengerti, dan masih harus banyak belajar dan membaca dari blog ente.....smoga share ilmunya dapat dilipatgandakan pahalanya. dan saya menunggu pelajaran berikutnya...

    ReplyDelete
  63. Nice post. I learn something totally new and challenging on websites I stumbleupon everyday.
    It's always helpful to read articles from other writers and practice something from their web sites.

    ReplyDelete