Pertanyaan Blogger Pemula: Apa Itu Hosting?

Untuk membuat blog kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Layanan blog seperti wordpress.com atau blogspot.com sudah cukup untuk menyebarkan ide dan uneg-uneg kamu pada dunia. Tapi kalo kita bicara mengenai internet marketing, blog-blog seperti itu tidak disarankan karena minim kredibilitas. Kredibilitas sangat dibutuhkan dalam internet marketing dan karena itulah sangat ditekankan untuk menggunakan domain dengan ekstensi ".com" dalam kegiatan bisnis internet kita. Misalnya saja kita bikin toko online, alangkah lebih terpercaya membuat (misalnya) www.tokosepatu.com dibanding www.tokosepatu.blogspot.com.


Itu tadi cuma contoh ya. Bagi yang kebetulan pemilik domain itu jangan marah ya. :)


Nah, untuk membuat sebuah situs berekstensi .com kamu memerlukan jasa hosting. Apa itu hosting? Itu dia judul tulisan saya kali ini!


Hosting dalam dunia internet dikenal juga sebagai web hosting service adalah layanan penyimpanan segala file yang dibutuhkan oleh situs kita untuk proses kerjanya. Untuk lebih simpelnya, hosting ibarat hard disk yang menyimpan semua data-data situs kita. Hanya saja, hard disk tersebut tersimpan di komputer server milik perusahaan penyedia jasa hosting tersebut. Jadi istilahnya dengan menyewa hosting sama saja dengan menyewa hard disk untuk dipake buat menjalankan situs kita.


Untuk bisa tampil sempurna, dibutuhkan banyak file dan data yang akan membantu kinerja sebuah situs. Tanpa file-file tersebut sebuah situs hanya akan berbentuk secarik kertas kosong yang bersih tanpa noda, jernih tak berdosa, lebay tak terkira.


Jadi saya kira sudah cukup jelas apa itu hosting ya. Lalu gimana soal harga? Dasar penduduk negara berkembang, dikit-dikit nanya harga, hehehe... Soal harga cukup bervariasi. Sekarang persaingan harga antar penyedia hosting sudah semakin ketat. Tapi ingat, jangan pernah memutuskan akan menggunakan sebuah layanan hosting hanya karena pertimbangan harga yang murah. Saya sudah beberapa kali dikecewakan oleh perusahaan hosting yang mematok tarif super hemat.


Tips memilih hosting adalah dengan membaca referensi dan review mengenai layanan hosting yang kamu incar. Jangan gegabah dan terburu-buru dalam menentukan layanan hosting mana yang akan kamu gunakan. Pelajari baik-baik dan sesuaikan antara budget, kebutuhan kamu dan fasilitas yang ditawarkan si penyedia hosting.


Sejak dari awal ngeblog sampe sekarang sudah beberapa layanan hosting yang saya gunakan. Banyak dari mereka yang layanannya kurang memuaskan. Saat ini saya hanya menggunakan layanan 3 penyedia hosting : Bluehost, Hostgator dan Masterweb. Yang disebut terakhir adalah penyedia hosting terbaik di Indonesia versi saya pribadi.


Akhir kata, berhati-hatilah memilih hosting. Pastikan hosting yang kamu pilih adalah hosting yang memiliki pengalaman dan profesionalitas yang diakui oleh konsumennya. Ada baiknya kamu mempertimbangkan pendapat orang-orang yang sudah lama berkecimpung di internet karena besar kemungkinan mereka sudah berpengalaman dalam mencoba beberapa penyedia hosting.

Share:

5 komentar

  1. kalau upgrade wordpress apa juga harus pindah hosting?

    ReplyDelete
  2. Yogyakarta, 12 Nop 10
    Kagem Bung Elvin
    di mana aja

    Terus terang, saya buta internet. Pengin buat blog tapi tak (belum) bisa. Tujuan saya buat blog, karena saya punya komunitas tukang kayu dan tukang batu (kuli bangunan. Jumlahnya sesuai data kami, ada 78 buruh tukang. Kegiatannya, selain mburuh tukang di siang hari, dua minggu sekali kami kumpul2 tukar kawruh. Di situ ada arisan simpan pinjam, terdiri dari dana kematian dan sosial.

    Nah, saya pengin membangun jaringan terutama antar buruh bangunan tanpa pilih bulu. Artinya tidak terbatas pada agama dan suku. Pikir saya, salah satunya melalui jaringan maya berupa blog. Tapi demi Allah, saya yang kebetulan acap jadi jujugan temen2, tak tahu caranya bikin blog.

    Ksimpulannya, bisakah Bapak tularkan ilmu itu pada kami? ditunggu amat responnya.... Matur Nuwun Terima Kasih

    ttd nurcholis st
    telp.081227333641
    dan dalah salah satu

    ReplyDelete
  3. Oya nyambung nich...

    Komunitas saya tergabung dalam satu wadah yang bernama TAZAKKA INDONESIA, yang saat ini juga buka posko Peduli Perapi. Sekretariatnya di Jl Abimanyu No 30 Yogykarta atau bisa juga Jl Kemasan Utara KG II/688 Yogyakarta, telp 02747442427, 08156874726 Rek BNI Syariah Yogyakarta an.Letty Purwaningsih No.0179164501.

    Newun sewu, saya cantumkan alamat lengkap dengan No Rek.karena siapa tahu, Bapak dengan jaringan teman dan relasinya yang luas punya niat menyumbangkan berupa rupiah atau barang kebutuhan pengungsi Merapi. Matur Nuwun Terimakasih

    ttd nurcholis santoso

    ReplyDelete
  4. kalu begitu, selama masa belajar pakai gratisan dulu ya om, ntar kalau sudah pinter, baru pakai hosting dan damain berbayar......ok bgt....thanks atas infonya

    ReplyDelete
  5. Ass. sangat membantu tulisan2nya,,, Jazakallahukahoironkatsir,,,,

    ReplyDelete