Siapa Sih Itu Lady Gaga?

Sebagai seorang mantan kawula muda era akhir 90-an, wajar saja kalo saya terlambat akrab sama penyanyi yang namanya Lady Gaga. Selain karena jaman saya sudah lewat, aliran musik kami juga sangat berbeda. Saya terlena dalam hangatnya dekapan Metallica, walaupun akhirnya tumbuh bersama Caca Handika. Saya digembleng oleh bisingnya distorsi gitar Megadeth, walaupun akhirnya lebih enjoy sama Meggy Z.


Sorry ya Om Meggy namanya dibawa-bawa...


Makanya saya penasaran siapa sih Lady Gaga ini? Namanya saja kedengaran aneh, kedengarannya seperti tokoh dalam komik Jepang, tapi anak muda jaman sekarang justru mati-matian memuja musik dan dandanannya.


Akhirnya siang ini saya tertarik untuk mencoba mengenal Mbak Lady Gaga lebih dekat. Dan ternyata saya banyak menemukan fakta menarik tentang Mbak Lady binti Gaga ini.


Nama aslinya adalah Stefani Joanne Angelina Germanotta. Dia ini masih keturunan Italia, nenek moyangnya adalah orang Italia yang pindah ke New York pada era sekitar Perang Dunia II. Ternyata dia ini tidak sebinal gaya dan seseronok dandanannya, karena dia sempat menjalani pendidikan di salah satu universitas di New York yang khusus mengajarkan seni yaitu di Tisch School of the Arts.


Setelah selesai kuliah dia pun nyari-nyari kerjaan dan nyangkut di Interscope Records, sebuah perusahaan rekaman yang mempekerjakan Mbak lady Gaga bukan sebagai penyanyi tapi sebagai penulis lagu. Itulah kenapa Mbak Lady Gaga ini pintar bikin lagu. Dan sikapnya yang tidak sombong patut ditiru, buktinya walaupun dia bisa menciptakan lagu-lagu berkelas dunia tapi tidak satupun dari lagunya itu yang dijadikan pertanyaan dalam soal tes CPNS!


Setelah beberapa lama kerja di Interscope Records, keberuntungan mulai berpihak sama Mbak Lady Gaga. Salah seorang artis rap terkenal di Amrik, Akon, secara tidak sengaja mendengar Mbak Lady Gaga yang kebetulan sedang nyanyi. Ternyata Daeng Akon sangat terkesima dengan olah vokal Mbak Lady. Tanpa tedeng aling-aling (sumpah, sampai detik ini saya belum tau sebenarnya apa artinya tedeng  aling-aling!), Daeng Akon pun langsung merekrut Mbak Lady Gaga bergabung ke dalam label musik kepunyaan Daeng Akon: Kon Live Distribution.


Dan seperti kisah klasik penyanyi dangdut karbitan yang sukses dalam film-film musikal dangdut era 80-an, Lady Gaga pun mulai terkenal sejak menelurkan album pertama berjudul The Fame. Albumnya dirilis di bulan Agustus tahun 2008. Dua lagu andalan di album itu, Just dance dan Poker face, meraih peringkat pertama di chart Billboard Hot 100 di Amrik, Inggris dan beberapa negara lainnya.


Album itu masuk dalam 6 nominasi Grammy Award dan berhasil memenangkan kategori Best Electronic Album dan Best Dance Recording. Best Electronic Album maksudnya album yang menggunakan alat elektronik paling canggih. Best Dance Recording artinya tarian terbaik yang dilakukan sambil merekam. Kamu percaya sama yang saya bilang barusan? Kamu perlu ikut kursus bahasa Inggris hari ini juga!


Lady Gaga banyak diinspirasi oleh musisi-musisi seperti David Bowie, Vetty Vera, Madonna dan Michael Jackson. Aduh, saya barusan menuliskan namanya lagi... Saya jadi sedih lagi... I miss you, Michael..


Hiks..hiks..hiks.. Sori kalo lebay.. Saya benar-benar sedih..


Oke lanjut.. Selain terinspirasi oleh artis-artis senior tadi, ternyata Mbak Lady juga sudah berhasil masuk ke dalam daftar Artis Dekade Ini versi Billboard. Dia menempati urutan 73, tujuh peringkat di bawah saya yang berhasil menembus pasar musik Amerika lewat lagu fenomenal saya berjudul Sumyati .Masuknya Lady Gaga ke daftar itu karena dia berhasil menjual albumnya di seantero dunia sebanyak 15 juta keping. Angka tersebut belum termasuk penjualan album KW1 Lady Gaga yang dijajakan di Glodok, kemungkinan total penjualan mencapai 110 juta keping!


Sementara itu, dari Makassar dilaporkan, belum seorang pun di bumi ini yang sudi membeli lagu Sumyati...


Lady Gaga, ampun DJ!!!! Ulalaaaaa...


Share:

10 komentar

  1. @Lala: makasih! thanks udah mampir...

    ReplyDelete
  2. gaya menulis yg menarik.. lucu n menggemaskan i like it!

    ReplyDelete
  3. @Sekar: Thanks, Mbak Sekar. Wah makasih banyak ya Mbak.
    Wah, menggemaskan? Memangnya gaya menulis saya montok ya Mbak? hehehe

    ReplyDelete
  4. Salam Kenal Gan..
    "ndoroe", denger dari temen.katanya " bule' lady gaga" ntu trans gender ?
    Betul / mboten...???
    Maturnuhun...

    ReplyDelete
  5. @Ndoroe: Salam kenal ya, Ndoroe. Wah saya nda tau tuh kalo soal Lady Gaga trans gender... Nanti sy googling dulu deh nyari ya.

    ReplyDelete
  6. sore...

    hmm , bkn ny si gagak ini bs 'booming' coz dya ud jwal jiwa ny k setan?
    :serem
    istilah ny sich bkin merinding , cm manQ ud bkn rahasia klo bnyk artiz" luar yg melakukan itu bwt jd tenar...

    cb diperhatiin dech klip" ny , bnyk simbol" iluminati dr yg tersirat smpe yg blak"an...

    ReplyDelete
  7. Wah, saya ga tau deh kalo soal itu. Setau saya sih memang banyak seleb yang kayak gitu tapi kebanyakan band-band rock metal jaman dulu

    ReplyDelete
  8. nyong y ora ngerti lady gagap..tapi maturnuwun kang atas tulisane,,nyomg dadi ngerti lady gagap,,

    ReplyDelete
  9. hallo kak alvin salam kenal nama saya rahma kls 3 sd saya ingin tahu cara belajar kaligrafi. awalnya saya tidak tertarik dengan penulisan kaligrafi itu tapi dulu saya di ikut sertakan oleh guru saya, untuk mengikuti lomba kaligrafi, allhamdulillah saya juara satu.nah sejak itulah saya jadi suka belajar kaligrafi

    ReplyDelete