3 Hal Sederhana yang Sering Dicuekin Blogger Profesional

Menjadi seorang blogger profesional adalah incaran banyak orang akhir-akhir ini sebagai alternatif akibat tidak lulus ujian PNS, atau bisnis lain yang selalu dibanggakannya ternyata mulai redup, atau yang memang awalnya 100% pengangguran. Tapi akhirnya mereka sadar bahwa internet marketing tidak semudah yang mereka perkirakan selama ini. Masalah-masalah rumit mulai bermunculan dan  satu-persatu mereka berguguran. Untuk itulah saya ingin menulis tentang beberapa hal yang seringkali terlewatkan dalam agenda kegiatan seorang pelaku bisnis internet alias internet marketer sebelum mereka terjerembab ke dalam masalah yang lebih besar. Awalnya saya mau menulis judul "3 Hal Sederhana yang Sering Dicuekin Blogger" tapi saya sadar tidak semua bloggers melakukan aktifitas ekonomi di internet , sementara yang saya bicarakan di sini adalah bloggers yang mengais rejeki secara online. Jadi untuk blogger non komersil alias bukan blogger profesional, hal-hal di bawah ini mungkin kurang relevan.


1. Jangan begadang setiap malam


Karena modem di Indonesia yang rata-rata kecepatannya baru normal menjelang tengah malam, maka sebagian besar pekerja internet baru mulai bekerja di jam-jam yang 'kurang sehat'. Ditambah lagi kondisi bahwa klien-klien dari luar negeri justru baru memulai hari di kala lewat tengah malam waktu di Indonesia. Jadilah kegiatan begadang menjadi wajib bagi sebagian internet marketers, apalagi karena begadang tersebut 'ada perlunya', jadi sesuai dengan nasihat Bang Haji Rhoma Irama. Klop sudah!


Tapi sebenarnya begadang ini tidak perlu setiap malam. Bagi kamu yang sudah punya penghasilan lumayan di internet cobalah untuk menggunakan layanan internet seperti misalnya speedy. Dengan akses internet seperti Speedy, koneksi sedikit lebih stabil dan cukup bisa diandalkan untuk bekerja di jam-jam kantor. Saya bukannya promosi Speedy lho ya, cuma kebetulan karena saya pakenya Speedy jadi saya taunya ya Speedy. Sebagai bukti bahwa saya tidak sedang mempromosikan Speedy maka saya akan tulis juga di sini kalo Speedy itu juga kadang lelet, kadang susah loading untuk situs-situs luar negeri, dan ongkosnya masih terlalu mahal dibanding fitur dan kecepatan yang ditawarkan. Terbukti kan? Saya tadi tidak berpromosi!


Masalah kedua adalah klien-klien yang justru mulai beraktifitas di kala kita di Indonesia sedang cuci tangan, cuci kaki, mau bobo. Ini juga bisa dicari solusinya. Tidak semua klien membutuhkan interaksi yang dinamis dengan kita. Mereka juga mengerti bahwa bumi ini bukan cuma Eropa dan sekitarnya. Memang betul bahwa berkomunikasi dengan klien dengan cepat akan membantu kita mendapatkan proyek/transaksi dengan cepat, tapi sampai berapa lama kamu akan menjalani kehidupan seperti itu? Setahun atau dua tahun ngeblog kamu bisa tewas karena serangan berbagai penyakit kronik! Pikirkan baik-baik kesehatan kamu, teman.


2. Jangan anggap enteng olahraga


Berolahragalah secara teratur. Itu salah satu kalimat kuno yang tergabung dengan kalimat-kalimat kuno lainnya yang sering kita cuekin. Banyak internet marketers yang mencuekbebekkan perihal olahraga ini. Saya salah satunya. Dulu.


Duduk di depan komputer dalam waktu lama bakal membuat aliran darah kita kurang lancar. Ya bagemana peredaran darah mau lancar kalo yang gerak-gerak cuma bola mata, lengan kanan dan jari-jari? Peredaran darah yang kurang lancar akan mengirim surat undangan resmi berperangko kepada berbagai penyakit untuk datang menggerogoti jasmani si pemilik peredaran darah. Makanya kita harus melancarkan peredaran darah kita untuk menghindarkan mereka mengirim surat undangan tadi.


Lalu pertanyaannya kemudian, olahraga apa? Ke Gym? Berenang? Lari? Lempar cakram? Tolak peluru?


Menurut saya olahraga yang perlu kamu lakukan tidak harus yang menuntut terlalu banyak waktu dan tenaga. Cukup dengan berlari-lari kecil di sekitar rumah kamu setiap pagi atau sore. Kalo ada waktu lebih kamu bisa mencoba ke gym. Kalo saya pribadi lebih senang dengan olahraga permainan seperti futsal. Dengan bermain futsal sekali seminggu sudah cukup untuk melancarkan aliran darah dan menyehatkan jantung.


Ingat, kamu tidak perlu mencetak prestasi dalam olahraga yang kamu lakukan. Misalnya kalo kamu memilih  cabang olahraga seperti lempar cakram. Persaingan para atlet di cabang lempar cakram tidak terlalu ketat. Yang dikhawatirkan adalah: kalo kamu terlalu serius latihan lempar cakram dan akhirnya kamu menjadi sangat jago dan akhirnya  kamu dikirim untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di Olimpiade, lalu nanti siapa yang mengurusi blog-blog kamu? Pusing kan? Makanya, nda usah mencetak prestasi dalam olahraga yang kamu lakukan nanti!


Itu juga salah satu sebab kenapa saya tidak pernah mencoba melempar satu cakram pun dalam kehidupan saya.


3. Jangan Lupa Berzakat dan Bersedekah


Karena saya seorang muslim, maka saya tau zakat dan sedekah itu sudah diatur dalam agama saya. Saya kira demikian juga dengan agama-agama lainnya walaupun mungkin namanya bukan lagi zakat. Zakat dan sedekah adalah sebuah proses yang diperlukan umat manusia untuk menjaga ekosistem ekonomi di bumi.


Tapi kalo kita mau jujur, kita seringkali lupa berzakat. Yang masih jomblo bakal bilang, "Wah saya bingung gimana zakatnya, saya kan belum punya keluarga," dan yang sudah berumah tangga tidak mau kalah, "Wah saya lebih bingung soalnya anak istri saya juga butuh makan,"


Kapan zakatnya kalo begini terus?


Saya bukannya berceramah agama ya. Saya cuma mengingatkan berdasarkan apa yang saya baca, saya dengar dan yang saya coba praktikkan. Yang saya tau, dengan berzakat dan bersedekah secara rutin kita akan menerima balasan yang berlipat-lipat ganda dari Allah. Okelah, berzakat dan bersedekah itu harus ikhlas, tapi itu tidak berarti kita berhenti berharap realisasi dari janji Allah yang memang berjanji akan membalas zakat dan sedekah kita berkali-kali lipat. Jadi wajar dong kalo kita juga ngarep? Bukan karena kita tidak ikhlas, tapi karena sudah dijanjikan.


Jadi tenang saja bro, zakat saja, sedekah saja. Tidak semua dollar yang kamu punya itu untuk kamu sendiri. Allah menitip beberapa dollar untuk manusia lainnya. Dan jangan khawatir jatuh miskin karena zakat dan sedekah karena Allah pasti bakal mengganti dollar kesayangan kamu berlipat-lipat kali. Kalo pun tidak diganti dalam bentuk uang atau harta, akan diganti dalam bentuk kesehatan, keselamatan, keharmonisan rumah tangga dan anugerah-anugerah non finansial lainnya. Bahkan sedekah itu bisa kamu jadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari misalnya mentraktir teman makan, itu juga sedekah. Tapi jangan memaksakan diri. Kalo lagi bokek ya diam-diam sajalah nda usah ngajak teman ke warung!


So, mulailah jadikan zakat dan sedekah sebagai bagian serius dalam kehidupan dan bisnis kamu. Okay?


Tiga point di atas adalah tiga hal sederhana yang bisa sangat menunjang aktifitas bisnis online kita. Kenapa cuma tiga hal sederhana? Karena saya yakin, seringkali sangat sulit mencapai hal-hal yang luar biasa tanpa menjadi ahli dalam melakukan hal-hal sederhana.


Setuju? :)


Share:

15 komentar

  1. wah2.. Ketinganya ternyata cukup penting..
    Bukan cuma blogger saja.
    Saya rasa semua kalangan jg buutuh 3 hal tsb

    ReplyDelete
  2. siip mantap bang nasehatnya hehehe, mkasih :)

    ReplyDelete
  3. HAHAHAHA.. betul2 sekali bro.. makax perlu nambah2 ilmu biar tidur2 dapat duit.. <<< lagi hahahahaha

    ReplyDelete
  4. begadang jangan begadaaang...., kalo tiada artinya....

    ReplyDelete
  5. Makasih Pa Ustad...Sedekah Memng Perlu....

    ReplyDelete
  6. muhammad nasir, M.PdJanuary 15, 2011 at 2:14 AM

    wah luar biasa nasehatnya and sangat salut dan terus berkarya semoga menjadi wahana ibadah amin.

    ReplyDelete
  7. Saya setuju banget dengan anda

    ReplyDelete
  8. Bener banget Bro,

    Melek Malam sama Begadang ga bisa dihindarin buat Blogger masalahnya ya seperti itu, beda waktunya lumayan antara Indonesia-Amerika-Eropa

    mereka baru aktif - kita udah hampir subuh, padahal kiblat semua bloger di Amerika. Apalagi blogger yang pemain jual beli domain, dijamin jadi kalong tuh...he..he..he...begadang terus tiap malam, ngebid domain.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih ya atas petunjuknya... saya masih baru nih untuk belajar menjadi blogger profesional....

    ReplyDelete
  10. Terima kasih pengalamannya sobat, salam kenal dan sukses selalu

    ReplyDelete
  11. Tiga nasehat yg jitu..kl sakit ga mgkn bs ngeblog kan??? mknya hrs jaga kesehatan. makasih infonya.

    ReplyDelete
  12. Saya setuju ma Mas Elvin nih. Juga yang kadang terabaikan adalah waktu untuk anak istri ketika lagi keasyikan OL.
    Haha .. Saya kemarin-kemarin kalo lagi serius OL jarang perhatian ma anak istri. Meskipun itu hanya 4 atau 5 jam sehari, efeknya bakalan tidak baik untuk komunikasi. Apalagi kalo itu digabungkan dengan point 1, OL di tengah malam. Bisa kedinginan tuh istri.
    xixi ...
    Salam kenal.

    ReplyDelete
  13. top gun nasehatny....dipraktekan bos...

    ReplyDelete
  14. Ya.. benar sekali kadang2 lupa waktu karena asyik coding juga..
    nyari waktu olahraga yang paling sulit buat saya, terlebih harus ngurus bayi (baru punya anak..he). Ketemu post ini jadi kayak diingetin.. he tengkyu.

    ReplyDelete