Gelang Power Balance Resmi Dinyatakan Sebagai Penipuan

Masih ingat dengan gelang Power Balance? Jangankan masih ingat, mungkin saja kamu masih pake!


Sekedar informasi, gelang Power Balance yang diklaim punya khasiat meningkatkan keseimbangan dan kekuatan pemakainya itu baru-baru ini dinyatakan sebagai produk palsu alias produk penipuan oleh ACCC (Australian Competition and Consumer Commission). Kalo diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kira-kira jadinya Badan Pengawas Konsumen Australia. Bahkan ACCC tadi sudah mengirimkan surat perintah untuk Power Balance cabang Australia untuk menarik semua gelang yang sudah terjual karena dikategorikan sebagai penipuan terhadap konsumen.


Gelang Power Balance ini sempat heboh karena dipromosikan oleh atlet-atlet kelas dunia dan juga beberapa selebriti. Beberapa dari kamu pasti masih ingat gimana ekspresi Mas Shaquille O'Neal waktu mempromosikan gelang ini sambil teriak, "It works!"


Ternyata semua itu palsu, saudara-saudara...


Buat kamu-kamu yang  belum tau apa itu gelang Power Balance, maka saya akan sedikit menjelaskan tentang gelang tersebut. Tapi sebelumnya mohon izinkan saya untuk bertanya, "Dari mana aja ente?"


Oke, gelang Power Balance ini diciptakan oleh sebuah perusahaan di Amerika Serikat yang diklaim bisa mengoptimalkan energi yang ada pada manusia dengan bantuan gelombang magnetik dari sebuah hologram yang ditempelkan di dalam gelang itu. Gelang itu katanya akan memberikan keseimbangan, kekuatan dan fleksibilitas. Mantep kan kedengarannya?


Promosi gelang ini sangat gencar sekali di masa-masa awal kemunculannya. Bahkan beberapa atlet ikut mempromosikan gelang ini, bikin jutaan orang di dunia mulai percaya. Gimana mau nda percaya kalo atlet-atlet yang bilang Power Balance itu sangat manjur semuanya atlet hebat di cabang olahraganya masing-masing:


EKOLU KALAMA - Surfing


SHAQUILLE O'NEAL - Bola Basket


SCOTT KAZMIR - Baseball


TEEMU SELANNE - Hockey


RUBENS BARRICHELLO - Supir F1


Jadi tidak mengherankan kalo gelang ini cukup sukses meraup keuntungan akibat dari testimonial para atlet tadi. Coba seandainya yang mempromosikan gelang itu seorang Elvin Miradi, pemain futsal semingguan sekali, mungkin perusahaan pembuat gelang itu sudah keburu gulung tikar bahkan sebelum mereka membuat gelang yang ke-2!


Dari brosing-brosing di internet, ternyata Power Balance sudah mengaku kalo mereka nda punya dasar ilmiah yang akurat. Pengakuan dari Power Balance ini disampaikan langsung oleh Om Sam. Nda kenal Om Sam? Hah, payah! Om Sam itu loh yang ketua ACCC. Om Graeme Samuel!


Dan ternyata surat pernyataan dari Power Balance Australia sudah diterbitkan sejak tanggal 23 Desember 2010. Berikut petikannya (daun kali!):



Dalam iklan-iklan kami menyatakan bahwa gelang Power Balance bisa meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan fleksibilitas Anda.

Kami mengakui bahwa tidak ada bukti ilmiah yang kredibel yang mendukung klaim kami dan oleh karenanya kami terlibat dalam perbuatan yang menyesatkan dan melanggar pasal s52 dari Undang-Undang Praktik Perdagangan (Trade Practices Act) 1974.

Jika Anda merasa telah disesatkan oleh promosi ini kami meminta maaf tanpa syarat dan menawarkan pengembalian dana penuh.

Untuk mendapatkan pengembalian dana silakan kunjungi situs kami di www.powerbalance.com.au atau hubungi di nomor bebas pulsa 1800 733 436

Penawaran ini akan berlangsung sampai 30 Juni 2011. Agar syarat-syarat pengembalian dana terpenuhi bersama dengan ongkos kirimnya, Anda perlu mengembalikan produk asli Power Balance bersama dengan bukti pembelian (termasuk catatan kartu kredit, barcode dan penerimaan) dari penjual resmi di Australia.

Pemberitahuan koreksi ini telah dibayar oleh Power Balance Australia Pty Ltd sesuai janji kepada Australian Competition and Consumer Commission berdasarkan ayat 87B Trade Practices Act, 1974.

Saya sempat membeli gelang ini langsung di website-nya seharga $39. Saya beli yang warna hitam. Berhubung saya ini atlet futsal semingguan sekali, maka kekuatan, fleksibilitas dan nafas kuda sangat dibutuhkan. Berhubung saya doyan makan, akibatnya kekuatan, fleksibilitas dan nafas kuda itu pun cuma menjadi harapan hampa. Makanya saya mencoba pake gelang ini dengan harapan bisa menjadi sangat kuat, menjadi lebih fleksibel dan menjadi cukup kuda!


Tapi apa lacur...


Setelah 3 minggu, bukannya memberi kekuatan ekstra, gelang itu malah bikin gatal. Akhirnya gelang itu saya lepas dan saya pakekan di pergelangan kaki istri saya sambil berkata, "Ma, pake ini di kaki ya! Biar tambah kuat jalan-jalan di mall," Dia langsung setuju.


Dua hari kemudian, kakinya gatal-gatal!


Saya tidak tau apa korelasi antara Power Balance dengan gatal-gatal itu tadi. Yang jelas, secara objektif sudah saya buktikan bahwa gelang yang saya beli mahal-mahal itu nda membawa efek seperti yang mereka janjikan. Tapi setidaknya apa salahnya mencoba kan?


Jadi buat kamu yang baru ada rencana untuk membeli gelang Power Balance, mending duitnya dipake makan bakso saja. Energinya bakal langsung terasa!

Share:

4 komentar

  1. Yup, di akui sebagai penipuan. Tetapi penjualan barang tersebut masih saja berjalan. belum ada penarikan. Mungkin masih ada juga yang percaya.

    power-balance-bracelet-usage-tips

    ReplyDelete
  2. hahaha, dasar orang indonesia, sukanya sama sugesty aja...
    gkgkgkgkg tetep ga logis wae pemikiranna

    ReplyDelete
  3. hahahhaha, kna tpu, untung saya ga beli... :)

    ReplyDelete
  4. emang indonesia gmpang kena virus gituan,bntu ane boz follow blog pulsa ane yg msh umur jagung

    ReplyDelete