Benarkah Facebook Bakal Tutup 15 Maret 2011?

Nda tau gimana awalnya, tapi gosip yang bilang Facebook bakal tutup tanggal 15 Maret 2011 sudah menyebar kayak virus ke seantero jagat raya. Jutaan orang bertanya-tanya apa kabar ini benar atau cuma isapan jempol kaki saja?


Berkembangnya gosip ini terdukung sama layanan Google Trends dan Twitter, dimana di situs-situs ini rame dibincangkan katanya Facebook bakal ditutup selamanya alias bukan libur tapi benar-benar menghentikan layanannya. Banyak orang nge-twit dengan kalimat seperti "Facebook akan ditutup tanggal 15 Maret 2011?" dan kamu tau sendiri di twitter informasi menyebar lebih cepat dari kecepatan lari Okto Maniani!


Yang lucu, bulan lalu Yahoo juga mengumumkan kalo "Yahoo Video" bakal ditutup di tanggal yang sama, 15 Maret 2011, dan katanya semua video yang ada di sana cuma bisa diliat sampe tanggal 14 Maret 2011. Kalo yang ini memang bukan berita bohong, tapi kedengaran lucu kalo orang-orang langsung berpikir Facebook juga tutup di hari yang sama. Emang ada hubungan apa Yahoo Video sama Facebook?


Seperti juga contohnya beberapa hari lalu di CNN sempat ada yang bilang begini di salah satu acara, "Awal jatuhnya Facebook itu gara-gara investasi Om Goldman Sachs!". Ada yang post berita ini di Facebook dan dapat 5 ribuan 'likes' dari pengguna Facebook. Ya wajar deh kalo banyak pengguna Facebook yang panik.


Yang bikin heran, kenapa setelah disuntik dana investasi sebesar 500 juta dollar oleh Om Goldman masa iya Facebook malah mau tutup? Itu tidak logis, coy!


facebook-tutup


Bos, memangnya kenapa kalo Facebook tutup? Biasa aja kali!


Bagi sebagian besar orang memang berita tentang Facebook tutup ini biasa saja. Yang ada dalam pikiran mereka cuma bagaimana menyelamatkan foto-foto narsis mereka sebelum Facebook ditutup. Tapi itu pikiran yang amat sangat terlalu sempit!


Facebook bukan sekedar tempat sosialisasi dan tempat masang foto-foto narsis yang diharapkan bakal menarik lawan jenis, tapi sudah merupakan bisnis bernilai sekitar 7,9 milyar dollar yang sudah berimbas ke mana-mana. Jutaan situs mengenai Facebook  dan ratusan aplikasi untuk Facebook sudah dan sedang diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan dari pengguna Facebook yang notabene adalah sebuah pasar yang sangat besar. Belum lagi kita bicara soal layanan iklan Facebook ads yang digunakan oleh pengiklan dari seluruh dunia.Untuk skala kecilnya kita bisa liat teman-teman kita yang jualan online melalui Facebook. Coba kalo Facebook tutup, lapaknya ikut tergusur kan?


Begitu banyak periuk nasi yang berharap tetap diisi lewat eksistensi sebuah situs jejaring sosial bernama Facebook. Jadi jangan heran kalo menurut saya masalah gosip tutupnya Facebook penting untuk diklarifikasi.


Berdasarkan investigasi kecil-kecilan yang saya lakukan dengan keluar masuk situs portal berita internasional, menurut ABC News, gosip ini berawal dari berita yang diterbitkan pada tanggal 8 Januari 2011 oleh Weekly World News. Artikelnya bisa kamu baca di sini. Situs ini sudah dikenal sebagai situs yang tidak jarang memberitakan hal-hal yang tidak benar adanya.


Facebook sendiri sudah menjawab secara resmi soal gosip ini dengan tweet resmi mereka:




"Kami belum menerima surat resmi tentang penutupan Facebook, jadi kami tetap bekerja. Kami nda akan kemana-mana kok, kami kan baru aja mulai."



Nah lho!


Kesimpulan: Facebook nda bakal tutup tanggal 15 Maret 2011. Kalo ada berita terbaru, saya bakal investigasi lagi untuk memastikan kebenarannya. Kamu tau beres deh! :) Jangan lupa bookmark situs ini untuk update berita terbaru soal gosip Facebook. Okeh?

Share:

0 komentar