Apa Elemen Paling Penting Dalam SEO?

Begitu banyak tips SEO terbaru muncul setiap harinya dengan metode yang beragam. Kadang saya bingung sendiri mau mencoba yang mana. Saya bisa mengerti kebingungan yang dialami blogger newbie mengenai SEO karena saya sendiri kadang masih bingung. Artinya Elvin Miradi ini newbie dong? Ya iyalah, apa yang salah dengan menjadi seorang newbie? Saya lebih senang menjadi newbie berpenghasilan ribuan dollar sebulan daripada dikenal sebagai blogger senior tapi kantong kosong!


Dalam kebingungan untuk memilih satu dari sekian banyak jurus SEO terbaru, akhirnya saya memutuskan untuk menghabiskan waktu istrahat siang saya dengan membaca artikel tentang SEO di beberapa blog milik blogger kelas dunia. Dan saya mendapati kenyataan bahwa kebanyakan blogger yang berhasil sampai ke taraf 'super mapan' justru tidak terlalu peduli dengan hal-hal teknis SEO. Justru mereka sangat berkonsentrasi pada hal-hal yang tidak terlihat mata misalnya konsistensi.


cara-buat-blog-konsistensiYa, kata konsistensi beberapa kali dibahas dalam blog-blog kelas wahid tersebut. Dalam salah satu artikel dikatakan bahwa blog yang di update (diisi dengan postingan/artikel terbaru) secara teratur pada prinsipnya sudah melakukan elemen paling dasar dari SEO. Konsistensi dalam menulis adalah elemen dasar dari SEO. Dengan banyak menulis tentunya semakin banyak pula bagian dari blog kita yang akan diindeks oleh mesin pencari dan otomatis akan memperbesar kemungkinan blog kita mendapat peringkat yang baik. Sederhana saja sebenarnya.


Lalu kenapa tips SEO kadang menjadi sangat ribet? Ada dua faktor terbesar yang mendominasi fenomena ini:


Usaha untuk mengecoh saingan


Tidak bisa dipungkiri bahwa sifat tiap manusia dalam menanggapi persaingan tidaklah sama. Ada orang yang malah bersemangat dengan kerasnya persaingan dan ada pula yang menganggap persaingan adalah hal yang mesti diminimalkan. Sifat yang terakhir itu yang bahaya, karena buntut-buntutnya bakal berusaha 'melenyapkan' saingan. Makanya jangan mudah percaya pada tips SEO terbaru yang dibeberkan di berbagai situs. Bisa jadi tips SEO terbaru tersebut justru sebuah strategi untuk membuat blogger-blogger lain menempuh jalur yang berbeda dari mereka.


Lalu bagaimana caranya menyerap ilmu SEO tanpa dikibulin? Jawabannya satu: perhatikan apa yang mereka lakukan untuk SEO situsnya. Jangan 100% percaya pada apa yang mereka katakan. Fokus pada bagaimana blog mereka bekerja.


SEO cuma jadi bahan dagangan


Ada jutaan orang di dunia ini yang tertarik untuk belajar SEO lebih dalam dan itu merupakan pangsa pasar yang sangat empuk. Tidak heran kalo kemudian begitu banyak ebook tentang SEO yang ditawarkan oleh para pemasar internet. Mereka sering membuat hal -hal mudah dalam SEO menjadi terkesan rumit sekedar untuk membuat ebook mereka kelihatan lebih cerdas. Tapi tidak semua ebook itu jelek. Saya masih yakin jumlah ebook berkualitas yang beredar di internet masih lebih banyak dibanding ebook berkualitas rendah. Apalagi ebook yang dijual di Clickbank, para penulisnya harus diverifikasi berkali-kali sebelum produk mereka diterima.


Jadi sebenarnya elemen paling penting dalam SEO adalah konsistensi. Konsisten dalam menulis artikel baru, konsisten dalam menyebar link, konsisten dalam mempelajari hal-hal baru dan lain sebagainya.




"Inti dari SEO bukanlah pada seberapa gencar kamu melakukannya, tapi pada seberapa lama kamu bisa tetap bertahan melakukannya," - Elvin Miradi



Menjadi konsisten itu tidak gampang. Butuh waktu, tenaga dan fokus yang kuat. Tapi justru itu adalah peluang, karena tidak banyak orang yang bisa melakukannya.


Gimana? Sanggup?

Share:

12 komentar

  1. SEO butuh waktu lama utk menjadi ahli apalagi newbie seperti saya. Tentang SEO cuma jadi bahan dagangan benar juga. Byk sekali ebook menawarkan cara cepat..

    ReplyDelete
  2. untuk bisa posting dengan teratur itu lho susah banget, karena kadang harus berbenturan dengan kegiatan offline...

    ReplyDelete
  3. ini juga yang selalu ada di benak saya,terima kasih kak atas pencerahannya

    ReplyDelete
  4. asslmkm.waduh kg elvin, artiken akg betul betul renyah skali.enak di baca.bikin smanget sj sy..trmksih kg elvin

    ReplyDelete
  5. baru mulai baca tulisan2nya Mas Elvin ni termasuk yang lama2. Menarik n kocak hehehe, thanks buat ilmunya Mas!

    ReplyDelete
  6. Konsistensi memang sulit untuk dilakukan tapi 100 persen, orang berhasil adalah orang2 yang konsisten. Jadi konsisten.. Suka atau tidak suka harus dilakukan :. Sy sendiri kadang jenuh memposting kontent di salah satu blog komersil :)

    ReplyDelete
  7. konsisten itu dalam bahasa riolo namanya Getteng. Getteng salah satu sifat dari 4 sifat utama yaitu Macca, Lempu, Warani dan Getteng. kalo boleh sy lanjutkan ato jadi tuk bisa berhasil harus menulis dgn cerdas (Macca) isinya harus bersih dari kebohongan (Lempu) dan berani dengan hal-hal benar yg diyakini (Warani)....hehehhe thanks bang atas pembelajarannya... :)

    ReplyDelete
  8. sebaik-baiknya orang adalah berlomba-lomba dalam kebaikan. hidup bukan untuk persaingan.

    ReplyDelete
  9. sangat setuju saya pemain baru di SEO memang tidak semudah ebook yang ada

    ReplyDelete
  10. Betul sekali mas saya rasa. KONSISTENSI itu sendiri padahal bukan hal yang mudah untuk dipelajari

    ReplyDelete