Serangan DDos Dari China Bikin Wordpress.com 'K.O'

Berita duka buat para pecinta Wordpress: server Wordpress di tiga Chicago, San Antonio, dan Dallas sempat down dan sampai sekarang belum bisa pulih sepenuhnya. Kabarnya server Wordpress mendapat serangan DDos (distributed denial of service) dari China. Serangan terjadi dua kali pada hari Kamis (3/3/2011) pagi dan Jumat (4/3/2011) pagi waktu Amrik dengan intensitas kiriman trafik sebesar beberapa Gigabyte tiap detik!


Yang jadi korban bukan cuma halaman website Wordpress.com saja tapi juga kurang lebih 25 juta situs lainnya di dunia yang pake jasa Wordpress. Serangan pertama baru bisa diatasi dalam tiga jam dan serangan kedua ditangkis dalam waktu satu jam. Tapi sayangnya sampe sekarang belum semua negara di dunia yang bisa mengakses Wordpress.


Orang nomer satu di Wordpress, Matt Mullenweg, mengakui serangan DDos dua hari yang lalu itu sebagai serangan DDos paling mematikan dalam enam tahun terakhir. Serangan ini masih dalam penyelidikan tim Wordpress. Satu-satunya bocoran hasil investigasi sementara yang dibeberkan pihak Wordpress adalah bahwa 98% dari serangan DDos tersebut asalnya dari China. Sisanya dari Korea dan Jepang.


Buat yang masih asing dengan istilah DDos dan bertanya-tanya apa itu DDos, itu adalah serangan yang dilakukan pake bot atau program yang menyebabkan lonjakan trafik di situs yang diserang sampe akhirnya server situs yang diserang tadi jadi down karena kecapean.


Mudah-mudahan Wordpress cepat pulih dan kembali melayani puluhan juta blog-blog yang sangat berharap padanya.

Share:

1 komentar