Hindarilah Judul Blog yang 'Rendah Diri'

Low profile itu perlu. Tidak satu pun orang di dunia ini yang suka sama orang sombong. Tapi segala sesuatu ada batasnya dan ketika kamu terlalu berlebihan dalam sikap merendah ini, justru akan membawa dampak yang kurang bagus terhadap blog kamu sendiri.


Cobalah lakukan blog walking dan liat betapa banyaknya blogger yang menuliskan hal-hal seperti ini sebagai judul blog mereka (ini sekedar contoh ya):


"Hanya sebuah blog biasa, dari seorang blogger biasa"


"Catatan seorang blogger biasa"


"Selamat datang di blog biasa-biasa saja"


"Aku blogger biasa, yang mencari jati diri" (Apahhhh???)


Itu semua cuma contoh. Banyak sekali blogger-blogger di luar sana yang bisa membuat ratusan versi kalimat kurang percaya diri seperti itu. Saya baru bikin empat contoh saja sudah kewalahan.


Dan mengapakah menulis judul blog seperti itu kurang bagus untuk blog kita, wahai Elvin Miradi?


Karena eh karena, sebagai blogger kamu tentu mengharapkan blog kamu dibaca orang. Jangankan manusia, kalo bisa jin-jin dan mahluk gaib lainnya juga sebaiknya membaca blog kamu (tentu saja sepanjang mereka sudah dapat sertifikat program Kejar Paket A). Jadi ketika kamu berharap blog kamu dibaca, lalu kamu menyatakan dalam judul blog kamu bahwa kamu dan blog kamu adalah dua hal yang biasa-biasa saja, lalu apa yang kamu tawarkan pada pembaca kamu? Hare gene, siapa yang mau menghabiskan waktu untuk hal yang biasa-biasa saja? Secara psikologis, judul blog kamu itu sudah menggagalkan rencana pembaca blog kamu untuk tertarik menelusuri blog kamu lebih lama.


Ingat, teman. Blogger itu bukan cuma kamu dan saya. Ada jutaan blogger di Indonesia dan tiap blogger tidak cuma punya satu blog. Jadi jumlah blog berbahasa Indonesia bisa jadi berkali-kali lipat dari jumlah blogger itu sendiri. Ini membuat persaingan untuk mendapatkan pengunjung sudah semakin tinggi. Seiring dengan kebutuhan informasi pembaca yang semakin kompleks, kamu harus bisa menampilkan diri kamu dengan lebih percaya diri dengan mengatakan "blog saya ini lain dari yang lain. Sebuah blog yang tidak biasa." Bahkan kalo perlu katakan pada pembaca kamu bahwa blog kamu ini "luar biasa"!


Kalo kamu sendiri kurang percaya diri sama blog kamu, bagaimana kamu bisa berharap orang percaya sama isi blog kamu?


Kalo kamu membuat blog dan membagikan informasi kepada orang banyak (terlebih lagi kalo kamu memasang iklan di blog kamu untuk tujuan mencari uang di internet) maka alangkah bodohnya kalo kamu mengklaim bahwa apa yang kamu buat adalah sesuatu yang biasa-biasa saja. Ini menunjukkan bahwa kamu kurang memahami bagaimana melakukan 'branding' terhadap blog kamu dan diri kamu sendiri. Dengan berani mengatakan bahwa blog kamu unik dan tidak biasa, maka bukan cuma pembaca kamu yang menjadi lebih tertarik membaca, tapi kamu juga akan 'terpaksa' untuk meningkatkan kualitas tulisan kamu menjadi lebih baik dan lebih menarik. Jadi manfaatnya juga bagus sebagai 'rangsangan' untuk kreatifitas kamu sebagai pemilik blog.


Masuk akal, kan?


Saya sering menemukan blog yang informasinya berkualitas, tulisannya bagus dan saya sangat senang membaca tulisan-tulisan di dalamnya tapi sayang sekali di judul blog-nya Sang Blogger menulis bahwa blognya cuma blog biasa. Saya tidak menyarankan dia untuk menuliskan judul blog yang angkuh dan sombong (semua yang berlebihan itu tidak baik), tapi tuliskanlah judul blog yang lebih membuat penasaran, lebih membangun imej dan lebih berpromosi. Atau kalo tidak mampu menulis judul blog seperti yang saya maksud, setidaknya tidak usah menulis judul blog yang 'rendah diri' seperti itu sekalian.


Tapi ingat, jangan berlebihan juga dalam membuat judul blog. Kamu tidak bisa membuat judul blog yang mengatakan blog kamu paling mantap tapi ternyata update artikel saja jarang (tapi kamu tetap bisa melakukannya apabila mempermalukan diri adalah salah satu keunggulan kamu yang tidak bisa dihentikan oleh siapa pun dan apa pun di bumi ini). Bikinlah judul blog yang tidak rendah diri tapi juga jangan sombong. Seperti yang saya tulis di kalimat kedua dalam artikel berjumlah 638 kata ini: "Tidak satu pun orang di dunia ini yang suka sama orang sombong".


Semoga artikel ini bisa menjadi referensi tentang bagaimana membuat judul blog yang menarik.

Share:

3 komentar

  1. Trima kasih Bos, setelah melihat lihat dan membaca baca di sini, saya jadi tertarik membuat blog

    ReplyDelete
  2. thanks abang

    ReplyDelete
  3. I read a lot of interesting articles here. Probably you spend
    a lot of time writing, i know how to save you a lot of work, there is
    an online tool that creates high quality, google friendly posts in seconds, just search
    in google - laranitas free content source

    ReplyDelete