Tips Affiliasi: Solusi Menulis Artikel Yang Berkualitas Dalam Bahasa Inggris

Bagi yang sudah kenyang dengan informasi tentang bisnis affiliasi, tentunya sudah paham bahwa Clickbank adalah salah satu situs terbesar dimana kamu 'wajib' mendaftarkan diri. Clickbank memiliki database vendor yang besar dan terpercaya di internet. Produk digital yang dipasarkan di Clickbank sangat bervariasi dan mencakup banyak sekali topik.


Masalah yang sering timbul ketika kita bermain bisnis affiliasi bersama Clickbank adalah kendala bahasa. Sampai saat ini ebook berbahasa Indonesia belum diterima oleh Clickbank. Jadi sebagai affiliate kita harus membuat blog berbahasa Inggris untuk mempromosikan ebook-ebook dari Clickbank. Tentu saja ini bukan masalah bagi internet marketer yang sudah terampil menulis dalam bahasa Inggris, tapi bagaimana dengan yang 'belum', 'tidak' dan bahkan yang 'tidak akan pernah bisa' terampil?


Kompetitor kita  mayoritas adalah orang bule atau dari negara-negara lain yang memang sudah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Jadi ketika kamu tidak bisa memastikan bahwa kualitas artikel di blog kamu sesuai dengan kaidah penulisan, grammar dan sudut pandang orang barat, maka blog kamu akan sulit bersaing.


Coba kamu perhatikan artikel-artikel yang ditulis oleh para affiliate bule. Artikel-artikel mereka sangat memperhatikan aspek psikologis pembacanya. Dalam bisnis affiliasi, artikel memegang peranan penting dalam memainkan psikologi calon pembeli. Bukan sekedar artikel yang ditulis dalam bahasa Inggris dengan grammar yang baik saja, tapi lebih dari itu artikel tersebut harus bisa mempengaruhi calon pembeli secara psikologis. Ini yang sulit dilakukan oleh kebanyakan internet marketer Indonesia. Psikologi orang bule beda dengan kita.


Adalah sudut pandang, cara berpikir dan budaya berbeda antara kita dan mereka yang menjadi penyebabnya. Contoh paling mendasar adalah guyonan. Suatu guyonan yang kamu anggap lucu untuk standar Indonesia bisa jadi terdengar sebagai sebuah cerita pendek yang bernada kasar bagi orang bule. Dan lebih sering lagi, candaan orang bule terdengar sangat tidak lucu untuk kita. Betul kan? Ini tidak cuma berlaku dalam hal guyonan tapi juga dalam banyak hal lain.


Kalo kamu mau serius bermain bisnis affiliasi dan cuma bermodalkan software spin article atau bahkan cuma Google Translator, akan sangat sulit untuk memenangkan persaingan. Artikel yang dibuat dengan cara-cara seperti itu tidak menarik bagi pembaca bule. Terlalu banyak sinonim yang maknanya berlebihan dan bagi mereka justru terdengar aneh karena ditempatkan dalam kalimat yang konteksnya tidak tepat.


Nah, berikut ini beberapa solusi berupa cara mudah menulis artikel dalam bahasa Inggris:


1. Pekerjakan Penulis Lepas (freelance)


Kualitas artikel dalam bisnis affiliasi adalah salah satu faktor utama penentu keberhasilan. Jadi jangan pernah ragu untuk merogoh kocek lebih dalam untuk hal ini. Beberapa tempat dimana kamu bisa mencari penulis lepas antara lain (berdasarkan klasifikasi harga):


- Mahal + Kualitas Super: elance.com


Kualitas penulis di sini sangat baik. Tapi harganya mahal karena pemilik situs juga minta bagian. Beberapa penulis di sini bahkan minta dibayar per jam. Harganya bisa sangat mahal, cocok untuk kamu yang berniat mengakhiri hidup dengan mencekik leher sendiri tanpa harus menyentuhnya.


- Rada mahal + Kualitas Biasa: 99centarticles.com


Harga lebih murah dan ada diskon untuk pesanan artikel dalam jumlah banyak. Kualitas biasa-biasa saja berhubung penulis-penulis di sini rata-rata orang Asia (kebanyakan Singapura). Hasil tulisan mereka kebanyakan sekedar menjelaskan informasi dan kurang begitu bagus dalam hal call to action (ajakan untuk membeli). Kecuali untuk sekedar artikel buat program paid review, jasa 99centarticles.com sudah tergolong sangat baik.


- Murah meriah + Kualitas Amburadul: Forum (Digital Point)


Di forum seperti Digital Point, V7N dan Sitepoint banyak bertebaran penulis lepas. Mulai dari penulis lepas tangan (terima duit langsung kabur), penulis lepas tanggung jawab (artikelnya copas tapi tidak mau memperbaiki) sampai penulis lepas kontrol (nulis keluar dari topik).


Ya, mereka memang penulis lepas dalam segala makna kata 'lepas'!


Hampir semua tipe penulis murahan seperti ini berasal dari Asia. Indonesia termasuk salah satunya. Cukup memalukan sih. Makanya kalo di forum ditanya kamu dari mana, sebutkan saja nama jalan rumah kamu, nda usah sebut negara. Bingung bingung dah tuh bule!


Seperti yang sudah saya tuliskan, kualitas artikel buatan penulis lepas di forum ini sering masuk dalam kategori parah. Mereka kebanyakan menggunakan article spinning software atau semacamnya. Tarifnya sangat murah, ada yang cuma nol koma sekian-sekian dollar per kata. Mereka menetapkan harga yang 'gila' seolah-olah mereka tidak butuh membeli lauk pauk untuk menemani nasinya.


2. Berlatihlah Menulis Dalam Bahasa Inggris Setiap Hari


Ini adalah solusi yang terbaik yang bisa saya berikan. Tapi saya sadar ini butuh waktu lama dan keteguhan hati yang dahsyat. Saya pending saja solusi yang satu ini karena saya yakin kamu sedang tidak membutuhkan solusi jangka panjang semacam ini.


3. Berlatihlah Menulis Dalam Bahasa Inggris Setiap Hari


Oh sori.. Muncul lagi.. Maaf!


4. Berlatihlah Menulis Dalam Bahasa Inggris Setiap Hari


Oke saya menyerah.. Saya terpaksa harus mengatakan ini: Berlatih Menulis Dalam Bahasa Inggris Setiap Hari adalah PENTING!!!!!!!!!!!!


Banyak internet marketers Indonesia dengan bangganya mengaku kurang pandai berbahasa Inggris tapi toh sudah berhasil mendapatkan penghasilan jutaan rupiah. Saya percaya mereka. Saya sudah pernah berada di level jutaan rupiah perbulan beberapa tahun lalu. Tapi yang saya sayangkan adalah mereka bisa menghasilkan dua bahkan tiga kali lipat dari itu kalo mereka pandai berbahasa Inggris!


They thought that they have done good enough, but they left too much money on the table.


5. Ikut Program Affiliasi Indonesia


Dengan mengikuti program affiliasi Indonesia, bisnis kamu tentunya akan lebih pesat perkembangannya dibanding bermain di pasar dunia. Program afffiliasi Indonesia bisa saja kamu jadikan ajang latihan sebelum bermain di Clickbank, tapi jangan salah ya, sudah banyak jutawan internet yang sukses di program affiliasi Indonesia dengan penghasilan yang justru jauh melampaui rekan-rekan lainnya yang berdarah-darah 'berkelahi' melawan affiliate-affiliate kelas kakap dunia.


Sekarang pilih mana: main di pasar internasional dan cuma jadi bulan-bulanan kompetitor sedunia atau main di pasar Indonesia dan jadi raja?


Memilihlah dengan bijak. Semua orang bisa bijak kok, bukan cuma orang-orang yang taat pajak saja.


Dengan program affiliasi Indonesia, kamu akan mengucap selamat tinggal untuk bahasa Inggris dan segala keribetannya. Kamu juga akan sangat menikmati dalam menulis artikel karena kamu sudah paham betul dengan psikologi orang Indonesia. Dengan mengatasi masalah bahasa, tentunya bisnis affiliasi kamu bakal cepat tumbuh.


Pertanyaannya sekarang, di mana nyari program affiliasi yang oke dan apa produk yang menarik bagi orang Indonesia?


Saya yakin di kepala kamu pasti langsung terbersit produk tentang 'bisnis internet'. Saya juga dulu begitu waktu pertama kali mencoba bermain di program affiliate Indonesia. Tapi faktanya, produk ebook dengan tema bisnis internet atau cara menghasilkan uang dari internet adalah tema yang sudah sangat sulit untuk dipromosikan sekarang. Ini karena:


1. Tema ini sudah terlalu dieksploitasi terlalu banyak orang. Mulai dari ebook yang benar-benar menjelaskan cara menghasilkan uang dari internet sampai yang sekedar membuat ebook asal-asalan. Tema ini sudah keruh.


2. Pengguna internet sudah kurang percaya dengan tema bisnis online. Ini dikarenakan banyaknya penipuan dalam promosi di tema ini. Juga akibat kesalahan sebagian affiliate yang mengirim pesan spam ke email orang. Mereka terpaksa mengirim spam karena kompetisi di tema bisnis internet sudah terlalu keras.


3. Ebook-ebook tentang cara menghasilkan uang dari internet tidak pernah bisa membuat pembacanya menghasilkan uang dari internet secara mudah dan cepat seperti yang ebook-ebook itu janjikan. Pada kenyataannya (tolong ini dibaca baik-baik), untuk berhasil mendapatkan penghasilan yang layak dari internet butuh kerja keras dan WAKTU YANG RELATIF LAMA. Jadi ketika hampir semua ebook menjanjikan cara mendapatkan uang dari internet dengan CEPAT, maka sudah bisa diprediksi para pembaca mereka akan kecewa. Beberapa super affiliate Indonesia bahkan sudah jelas-jelas menegaskan hal ini dalam ebook mereka bahwa bisnis internet butuh usaha dan waktu, tapi konsumen justru lebih menyukai iming-iming 'CEPAT' dari ebook-ebook lainnya.


Cukup manusiawi. Untuk ukuran Indonesia.


Saya sarankan untuk tidak terburu-buru terjun ke program affiliasi Indonesia yang menawarkan ebook tentang cara berbisnis internet. Selain karena faktor-faktor di atas tadi, tema ini juga sudah sangat sulit untuk dimenangkan di search engine.


Kamu sebaiknya mencari program affiliasi Indonesia yang menjual produk yang lain tapi tetap punya nilai jual yang dahsyat. Banyak kok tema lain yang tersedia. Salah satu program affiliasi yang saya ikuti dan sudah menghasilkan income yang lumayan besar setiap pekannya adalah program affiliasi dari tipshamil.com. Produknya adalah ebook tentang tips cara cepat hamil yang ditulis langsung oleh dokter spesialis kandungan. Ini contoh produk dengan topik yang menarik dan ditulis oleh pihak yang benar-benar berkompeten di bidangnya. Persaingannya di search engine masih rendah tapi tingkat pencariannya di Google sangat tinggi. Kriteria ideal seperti inilah yang harus kamu temukan diantara ribuan situs yang juga menawarkan program affiliasi di Indonesia.


Selalu ingat untuk memperhatikan kedua hal ini dalam mencari program affiliasi Indonesia yang bisa menguntungkan kita: tingkat persaingan dan tingkat pencarian di Google.


Kedua aspek itu adalah kunci sukses yang menentukan kecepatan bisnis affiliasi kamu berkembang. Cermat-cermatlah memilih program affiliasi Indonesia. Pilihlah yang kompetisinya di search engine masih termasuk 'low' dan cek di AdWords Keyword Tools sebanyak apa pencarian pengguna internet Indonesia terhadap tema produknya. Tanpa memeriksa kedua aspek tersebut, saya harus mengucapkan selamat, karena kamu sudah sukses memulai bisnis affiliasi dengan sebuah kecerobohan yang radikal.


Share:

4 komentar

  1. saya gabung mas,,
    makasih atas infonya...

    ReplyDelete
  2. Sama-sama mas. Thanks juga sudah mampir ke sini yah.

    ReplyDelete
  3. aku jadi minggung ternyata bermain affliasi itu susah juga ,,,,, apa yang harus akulakukan...

    ReplyDelete