Bisnis Online Versi Orang Kurang Sehat

Tulisan ini dibuat dalam rangka lomba blog 3 tahun Astamedia. Temanya bisnis online. Hadiahnya Blackberry. Ya udah mari kita ngobrol soal bisnis online sekarang dengan sebisnis-bisnis dan seonline-onlinenya!


Mudah-mudahan tulisan saya ini bisa menarik hati para juri agar bisa terpilih sebagai pemenang Blackberry. Amin...


Berhubung saya sedang tidak kreatif dan dalam kondisi fisik yang sedang kurang sehat, maka mari kita berangkat dari pola klasik 5W + 1H, supaya saya bebas memperlihatkan betapa tidak kreatifnya saya yang telah memilih pola tulisan berita ke dalam artikel lomba blog.


What - Apa itu bisnis online?


Bisnis online berasal dari dua kata, bisnis dan online (astaga, haruskah saya tuliskan lagi?), bisnis artinya dekat dengan perdagangan dan kewirausahaan, sedangkan online dekat artinya dengan penggunaan media internet. Saya tau mungkin saja arti dari kata-kata tadi masih kurang tepat, makanya saya bilang 'dekat'.


Who - Siapa itu bisnis online? Siapa saja yang berbisnis online?


Siapa saja bisa, asal tau caranya. Pada dasarnya semua pebisnis bisa menjadi pebisnis online. Alasan berbisnis tentu saja untuk dapat duit. Letak perbedaan pebisnis offline dengan pebisnis online adalah pebisnis offline tidak online dan pebisnis online tidak offline.


Anda mengharapkan penjelasan yang lebih terpelajar? Maaf, saya sedang kurang sehat!


When - Kapan sebaiknya berbisnis online?


Tidak semua pembaca blog saya adalah manusia yang senang berpikir positif. Jadi saya memutuskan untuk memuaskan kedua belah jenis pembaca dengan menyertakan penjelasan positif dan negatif untuk pertanyaan kapan sebaiknya berbisnis online.


Positif: Anda bahkan bisa memulai hari ini juga kalau anda mau. Anda bisa belajar dari berbagai referensi di internet atau mengikuti pendidikan internet marketing yang sekarang sudah marak di tanah air. Ilmu selalu bisa dipelajari dan dipraktikkan asalkan anda mau berusaha dan mau belajar dari orang-orang yang sudah menjalaninya bertahun-tahun.


Negatif: Bisnis online sudah keruh. Persaingan sudah semakin ketat. Anda mau belajar sekarang? Hohoho.. Kayaknya sudah terlambat. Situs-situs besar sudah memonopoli internet. Belum lagi penipuan online seringkali terjadi membuat kebanyakan orang tidak percaya lagi dengan bisnis online. So, lupakan bisnis online dan pastikan ijazah anda selalu bersih dan rapi supaya enak disembah tetangga-tetangga anda di kampung.


Where - Di mana sebaiknya berbisnis online?


Menurut saya, paling enak ya di rumah. Dulu waktu membangun bisnis online saya dari bawah, saya 'ngantor' di warnet-warnet. Sekarang saya ngantor di rumah. Makanya waktu suatu ketika teman saya yang orang kantoran curcol ke saya tentang betapa macetnya Makassar di jam-jam pulang kantor, saya cuma bisa bilang, "Saya nda pernah ketemu macet pas pulang kantor. Percayalah, kawan. Itu cuma mitos!"


Kecuali mahasiswa menggelar demo di ruang tamu saya, baru mungkin saya kena macet pulang kerja.


Why? - Kenapa berbisnis online?


Karena saya tidak punya modal uang untuk membuka usaha offline. Dan (ini yang lebih penting), saya malas untuk menipu bank dengan menggoreng-goreng mutasi rekening sekedar untuk mengajukan kredit. So, here I am. Berdiri dalam sebuah bisnis yang saya bangun dari tetes-tetes keringat terkecut.


Saya tidak sendiri. Banyak orang lain yang juga tidak punya modal duit untuk buka usaha. Anda mungkin salah satunya. Tapi saya bisa berbangga bahwa saya bisa bekerja keras untuk belajar bisnis online dan punya bisnis sendiri yang menguntungkan. Dan saya menantang anda untuk membakar energi positif anda sebagai bahan bakar utama untuk melakukan hal yang sama.


How? Bagaimana berbisnis online?


Badan saya makin hangat.


Saya mestinya berbaring di tempat tidur. Saya butuh banyak istrahat.


Tapi saya lagi pengen nulis.


Tepatnya, lagi pengen dapat Blackberry dari lomba blog Astamedia.


So, bagaimana berbisnis online? Secara singkat, beginilah cara berbisnis online:


1. Buatlah halaman di internet yang mempromosikan apa yang anda akan jual. Halaman itu bisa berbentuk website, blog atau pun page di facebook atau sekedar tweet di Twitter. Prinsipnya, promosi jualan anda bisa dibaca orang ketika mereka online.


Gampang kan?


2. Cantumkan nomer handphone anda, nomer telpon rumah anda, alamat email atau apapun yang bisa digunakan orang untuk menghubungi anda


3. Bikin halaman itu ramai! Promosikan lewat internet dan juga secara offline. Di sinilah 90% kegagalan pebisnis online terjadi. Banyak orang tidak mampu konsisten untuk mempromosikan halaman situs atau halaman blognya atau halaman Facebook-nya. Jangan berpikir situs anda akan ramai hanya karena anda menulis sesuatu yang keren atau menjual produk yang murah! Anda harus mempromosikannya!


Dalam tahap promosi inilah ilmu internet marketing banyak berperan. Lupakan dulu soal SEO dengan segala taktik strategi yang ribet itu, yang pertama harus anda pikirkan adalah added value (nilai tambah) dari halaman anda. Misalkan anda punya blog, apa yang membedakan blog anda dari blog orang lain? Apakah artikel yang anda tulis mampu menghibur dan memberi informasi penting kepada pembaca di saat bersamaan? Apakah informasi yang anda berikan memang tidak ada di blog orang lain? Ayo, pikirkan sesuatu yang harus unik di blog anda.


Saya tidak main-main. Menemukan keunikan dan kekhasan blog anda adalah sebuah keharusan.


Lalu misalnya anda jualan online, apa keunggulan jualan anda? Apakah harganya lebih murah? Kalau misalnya tidak lebih murah, apakah pelayanan anda terhadap konsumen sangat tanggap dan cepat? Atau anda memberi garansi uang kembali untuk kondisi-kondisi tertentu? Pikirkan itu. Tanpa adanya added value, anda cuma buang-buang waktu.


Wah, badan saya makin panas. Pokoknya gitu deh, mantapkan dulu added value, baru gencarkan promosi.


4. Setelah halaman anda ramai dikunjungi dan anda sudah memastikan dengan tool-tool online dan software termutakhir bahwa yang berkunjung adalah manusia dan bukan mahluk gaib, maka anda sudah ada di jalur yang tepat. Sebuah halaman situs, blog atau apapun itu, asalkan sudah ramai maka duit insya Allah dalam genggaman. Anda bisa menawarkan space iklan di halaman anda, anda bisa menawarkan review produk orang lain di halaman anda, anda bisa pasang iklan PPC, anda bisa mengarahkan trafik ke situs anda yang lain atau bahkan anda bisa menjual situs itu dengan harga miring ke saya! Semua terserah anda. Di tahap ini, anda sudah lumayan sukses dalam bisnis online!


5. Rangkum sistem kerja yang sudah anda lakukan berdasarkan pengalaman anda sendiri dalam membangun halaman situs itu. Kemudian pekerjakan orang untuk mengisi pos-pos tertentu untuk membantu pekerjaan anda. Perlahan-lahan anda bisa mendelegasikan segala pekerjaan kepada karyawan-karyawan anda dan anda masuk ke dalam kategori passive income.


Gampang kan? Enak kan? Enaklah!


Mudah-mudahan tulisan ini bisa membawa manfaat bagi anda dan membawa Blackberry bagi saya.


Walaupun Blackberry itu sudah pasti tidak akan saya menangkan... Karena di Lomba Blog Astamedia itu saya adalah salah satu jurinya!!!


Nasib.. Nasib...

Share:

13 komentar

  1. kasi kesaya BB..nyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  2. (Lirik kiri kanan...) Amplopnya dong...

    ReplyDelete
  3. wah, hebat ya pak dokter satu ini...ajarin dong...biar tambang emasnya dapat new miner...hehehe.. masih ingat sy tidak?

    ReplyDelete
  4. Klo begitu kak... titip BBnya donk

    ReplyDelete
  5. Surdat: kayaknya ingat, ini Surdat Kosmik bukan? Maaf kalo salah ya..

    ReplyDelete
  6. hapryanto: boleh juga itu dijadikan bisnis baru: jasa penitipan BB hehehe

    ReplyDelete
  7. Bwahahahahha..om epping...om epping ;D

    ReplyDelete
  8. amin, mudah-mudahan keinginan anda mendaptkan blackberry terwujut, saya pengunjung baru di blog anda, tetapi saya sudah terpersona dengan artikel-artikel yang anda tulis. sangt bermanfaat dan tidak pelit-pelit ilmu.
    Mudah-mudah anda selalu sukses dalam bisnis online nya, amin

    ReplyDelete
  9. nggk punya modal buat usaha offline........wah gue bgt tuh Masboz......
    content Anda ringan tapi sangat mendidik......
    terima kasih............

    ReplyDelete
  10. sangat inspiratif. semoga banyak orang di indonesia bisa seperti anda. salam sukses

    ReplyDelete
  11. Ada2 aja nih mas Elvin,, tujuan nulisnya BB tapi eh ternyata jadi juri :)

    Btw, mantap juga tuh
    >> Added Value >> Promosi!

    ReplyDelete
  12. Menurut mas Elvin bisnis online butuh juga diterapkan teori-teori bisnis offline salah satunya added value? tapi kan kalau menyediakan informasi standar terus SEOnya dimantapkan bukannya profitable jg :)

    ReplyDelete