Bagaimana Memanfaatkan Internet Untuk Profesi Anda

Surat saya kali ini saya awali dengan penggalan percakapan yang terjadi kemarin di atas taxi yang sedang melesat dengan kecepatan cahaya.

"Kerja di mana, Pak?" tanya supir taxi.

"Saya nda kerja, Pak. Saya pengusaha."

"Ooh bisnis ya, Pak? Bisnis apa, Pak?"

"Bisnis internet, Pak."

"Ooh bisnis internet. Mantap, Pak! Memang bagus bisnis internet itu, Pak. Apalagi kalau lokasinya dekat dengan kampus, pasti laris!"

Begitulah kondisinya. Sebagian besar orang masih menganggap bisnis internet sama dengan usaha buka warnet. Seperti orang-orang lainnya akan membayangkan toko online bila mendengar frase 'bisnis online'.

Setahu saya yang baru 6 tahun bergelut di bisnis online, bisnis ini tidak sebatas warnet dan toko online saja. Ada banyak ladang di internet untuk dijadikan bisnis. Bahkan internet bisa dimanfaatkan untuk Anda yang tidak berbisnis secara aktif. Anda yang profesional pun bisa memaksimalkan internet untuk profesi Anda masing-masing.

Internet adalah sebuah media yang menghubungkan Anda ke jutaan orang tanpa harus keluar rumah. Jadi apapun profesi Anda, Anda tetap bisa mengambil keuntungan dari media yang satu ini. Sebagai contoh adalah dr. Rosdiana Ramli, SpOG yang membuat situs www.TipsHamil.com. Sebagai dokter spesialis yang bertugas di Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah, tentunya beliau tidak bisa membagi diri untuk melayani pasien dari Merauke atau di Padang misalnya. Tapi berkat internet, lewat bukunya beliau bisa menjangkau ribuan pasien bahkan sampai ke Malaysia dan Hong Kong. Tentunya ini jauh lebih dahsyat bila dibandingkan dengan dokter-dokter lain yang hanya menunggu pasien datang ke tempat praktiknya.

Jumlah pengguna internet di dunia pada tahun 2011 adalah 2,2 Milyar pengguna (data dari World Internet Stats). Bila Anda memiliki kelebihan dalam berbahasa Inggris, ini adalah ladang emas yang menanti Anda! Dan bila Anda cuma ingin mengincar pasar nasional,   target pasarnya juga bukan main-main. Menurut survei Markplus Insights, sebuah lembaga survey yang banyak melakukan riset di Asia Tenggara, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2011 adalah 55 juta pengguna. Sekitar 80% dari jumlah tersebut berusia 15 hingga 30 tahun dengan rata-rata online selama 3 jam sehari!

Internet adalah keajaiban. Dan hal-hal ajaib telah terjadi untuk orang-orang yang memanfaatkannya. Bila Anda adalah seorang ahli di bidang tertentu, maka tidak akan ada yang menghalangi Anda untuk meraih sukses besar dengan memanfaatkan internet (kecuali Allah dan kemalasan Anda sendiri). Dunia semakin keras, sahabatku. Persaingan makin edan. Jangan berharap banyak bisa eksis di era sekarang bila Anda masih hidup dengan pola manusia 70-an. Boleh kita belajar keilmuan ke dosen-dosen yang sudah tua (yang Anda idolakan setengah mati), tapi jangan 100% meniru pola kerja mereka karena mereka hidup di era yang telah lalu. Hiduplah seperti di era Anda sekarang.

Share:

1 komentar

  1. but we need the time 4 that my "pren", because when u do something by using internet, u should have a creativity too, not just in u're imagine. but the best thing is..... what u want 2 do, bgm menurut ta bpk eppink, krn sy sendiri yg notabene bergerak lebih dahulu drpd bpk, mulai AGAK kurang ngeh dgn waktu, apatah laghee ane dah mulai punya anak brader, baru duduk bentar aja d deFan Laftof, eh, engka maneng ni lokka ko diolokku, ma' ganggu si, lo toi mallettop, ampuuunnnnkkk.... mgani ko makkoro. aga si kulle d jama, terpaksa mengalah siki.... heheheeee

    ReplyDelete