Apa Bedanya Pebisnis Internet Sukses Dengan Yang 'Jalan di Tempat'? (1)

Berkenalan dengan banyak pebisnis internet memberikan saya kesempatan untuk mempelajari sepak terjang mereka dalam bisnis internet. Apa yang membuat mereka sukses dan apa yang membuat sebagian lainnya harus tersisih. Sebenarnya ada banyak, tapi hari ini saya mau membahas tiga saja dulu. Karena tiga hal utama berikut ini adalah DOKTRIN SUKSES yang perlu ditanamkan ke dalam otak Anda agar menjadi refleks dalam cara berpikir Anda.

Berikut ketiga hal yang saya maksud:

1. FOKUS KE SATU TITIK

Ini adalah faktor pembeda yang paling utama. Pebisnis yang sukses cenderung dikenal hanya karena SEDIKIT atau bahkan SATU jenis bisnis saja pada awalnya. Sedangkan pebisnis internet lainnya memiliki terlalu banyak jenis usaha yang akhirnya cuma membuat mereka kerepotan.

Kekuatan fokus adalah tentang bagaimana mencurahkan segala tenaga dan perhatian HANYA ke satu titik usaha saja. Katakanlah misalnya Anda punya waktu 10 jam sehari yang ingin Anda investasikan untuk membangun bisnis internet Anda, coba bayangkan bila setiap harinya Anda hanya mengurus SATU situs saja, maka situs itu akan mengalami percepatan yang luar biasa.

Jaga fokus. Insya Allah berhasil.

2. TIDAK SADAR DIRI (MENGANDALKAN KELEMAHAN UNTUK MENANG)

Faktor kedua yang paling banyak ditemui adalah masalah 'tidak sadar diri'. Ya, banyak sekali internet marketer Indonesia yang berbisnis 'tidak sadar diri'.

Contoh paling sering adalah mereka-mereka yang buruk dalam bahasa Inggris justru memilih pasar internasional sebagai 'medan tempurnya'. Bahasa Inggris menjadi kelemahan mereka tapi justru mereka jadikan senjata untuk memenangkan pasar internasional. Itu namanya tidak tau diri bin konyol.

Saya masih ingat betul ketika saya mengikuti pelatihan pak Jamil Azzaini, salah seorang trainer terkemuka di Indonesia, beliau menggambarkan seperti ini, "Lin Dan (jagoan bulutangkis Cina) adalah seorang pemain bulutangkis hebat yang menggunakan tangan kiri. Bila Anda bukan seseorang yang kidal, maka jangan pernah berharap menjadi juara dunia bulutangkis dengan bermain pakai tangan kiri hanya karena Lin Dan berhasil melakukannya! Tetap ingat selalu untuk menggunakan tangan terkuat yang Anda punya!"

Coba bayangkan Anda main bulutangkis pakai tangan kiri padahal Anda bukan kidal. Anda tidak bermain untuk MENANG, tapi Anda bermain untuk MENANGgung malu karena diketawai orang-orang. Pukulan-pukulan dasar saja Anda tidak bisa lakukan dengan benar. Kekonyolan absolut!

Itulah yang saya maksud dengan tidak sadar diri. Kita harus sadar dengan kelemahan kita dan kita harus mampu memaksimalkan kekuatan kita. Carilah dan kembangkan dan eskploitasilah kekuatan yang Anda punya untuk memenangkan impian-impian Anda melalui bisnis internet. Jangan hanya melihat orang-orang lain yang sukses dan berusaha membuat diri Anda menjadi persis seperti mereka. Anda tidak bisa menyaingi mereka dengan kekuatan mereka, tapi saingilah mereka dengan kekuatan Anda!

Mau lebih detail? Contohnya bila Anda seorang pedagang telur bebek, ngapain Anda bekerja keras main Clickbank, Adsense atau Amazon? Kekuatan Anda adalah pengetahuan di bidang jual beli telur bebek, maka masukilah bisnis internet dari sana. Memasuki bisnis internet dengan kekuatan/kelebihan Anda dan dengan melewati pintu yang tepat, insya Allah akan sampai di tujuan.

Ingat: internet itu hanya media yang mempertemukan Anda dengan jutaan calon konsumen. Jadi peduli setan kalo ada yang bilang jualan telur bebek di internet kalah keren dibanding menjadi affiliate Clickbank atau Amazon. Ini bukan soal produk mana yang keren atau tidak keren. Yang penting duitnya, coy! Banyak kok pebisnis internet yang dari dulu sampai sekarang bangkotan masih duduk di depan mejanya mengais rejeki dari Clickbank sementara saya yang cuma 'pedagang buku' yang cuma jualan di pasar lokal (Indonesia) sudah berhasil passive income di usia 33 tahun. (Buat yang belum baca, saya sudah pernah merangkum pengalaman saya berupa langkah-langkah untuk sampai ke passive income di artikel saya sebelumnya).

Ketahuilah diri Anda dengan baik terlebih dahulu. Karena bisnis internet itu sebenarnya adil bagi siapa pun, sepanjang mereka 'tau diri'.

3. MELUPAKAN FAKTOR DIFERENSIASI

Ingat satu hal: orang-orang di luar sana tidak akan pernah membiarkan Anda berpesta pora di ladang emas sendirian. Pesaing-pesaing Anda akan mengejar Anda dan bahkan berusaha membunuh Anda nantinya!

Itu berlaku juga di bisnis internet. Secara memang bukan kiasan, internet ini memang ladang emas!

Melihat Anda sukses, orang-orang pasti berusaha mengikuti apa yang Anda lakukan karena mereka ingin sukses juga. Ada gula ada semut. Jangankan semut kecil, semutsaurus pun bakal ikut nongol. Lama-lama pasar menjadi keruh karena terlalu banyak pebisnis melakukan hal yang sama. Lalu apa kemudian yang terjadi? Keuntungan Anda terpaksa menurun tajam karena harus berbagi konsumen dengan pebisnis lain yang sebenarnya cuma 'mencontek' Anda.

Di sinilah Anda butuh menanamkan mindset: diferensiasi.

Ayo ulangi di pikiran Anda biar Anda tidak lupa: diferensiasi... diferensiasi... diferensiasi...

Diferensiasi di sini artinya adalah Anda harus berani melakukan inovasi dalam bisnis Anda yang sekiranya AKAN SULIT diikuti pesaing-pesaing Anda. Anda bisa melakukan ini dengan berbagai cara: melahirkan produk yang sulit diikuti oleh pesaing Anda atau melakukan modifikasi sistem marketing yang akan sulit dilakukan pesaing Anda.

Misalnya Anda jualan tas di internet. Pikiran Anda pertama kali: tas saya harus beda. Kalo tasnya tidak bisa beda (dalam artian Anda tidak membuat desainnya sendiri) ya Anda pikirkan lagi: harganya harus beda (harga beda belum tentu harus lebih murah -- survey mengatakan di Indonesia barang mahal seringkali lebih laris karena menaikkan gengsi pembelinya). Kalo harga tidak bisa beda, pikirkan lagi: harus ada bonus pembelian supaya beda. Kalo tidak bisa kasih bonus pembelian, pikirkan lagi: sistem marketingnya harus beda. Dan seterusnya. POKOKNYA HARUS BEDA SUPAYA SUSAH DIIKUTI OLEH PESAING!!!!

Yang dibutuhkan untuk melakukan diferensiasi hanya KREATIFITAS. Sekarang coba tangan kanan Anda dinaikkan ke atas, trus pegang kepala bagian kanan Anda. Nah, di situ bagian otak kanan yang mengatur kreatifitas. Anda juga punya, jadi tolong dipake yah... :)

Ada beberapa hal lain yang yang juga menjadi catatan saya selama ini tentang bagaimana pebisnis internet sukses dibedakan dari pebisnis internet 'jalan di tempat' atau bahkan yang gagal. Tapi untuk sekarang saya rasa cukup itu dulu. Sampeyan enak cuma membaca, saya mengetik mah capeeeeek!

See u in my next article.

God bless internet marketers!

Share:

3 komentar

  1. terima kasih mas bro, artikel ini membuka wawasan saya tentang jadi pebisnis internet.

    ReplyDelete
  2. Mantap suhu, dapat inspirasi lagi dalam menekuni bisnis IM
    Good POst....:)

    ReplyDelete
  3. Nice post, Critical things are explained in details. I appreciate it. Thanks.

    ReplyDelete